Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Bagian Timur Pulau Kalimantan

Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Bagian Timur Pulau Kalimantan – Pulau Kalimantan memang eksotis dan selalu menarik untuk dikunjungi, tak terkecuali Provinsi Kalimantan Timur. Berada di sisi timur pulau kalimantan tepatnya di kota Berau terdapat destinasi wisata yang mampu meredakan haus Anda untuk berwisata alam berupa pantai yakni Pulau Derawan.

Pulau wisata yang ciamik satu ini buka setiap hari selama 24 jam untuk melayani kunjungan wisata Anda. Disinilah pusatnya keindahan terumbu karang, beragam jenis ikan langka serta juga pembibitan hutan mangrove terbesar di Kaltim berada. Yuk tengok lebih lanjut apa saja daya pikatnya.

Akses Perjalanan yang Menakjubkan

Di sinilah petualangan sesungguhnya bisa Anda mulai. Menuju kepulauan Derawan, Anda bisa memilih beragam jalur transportasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Cara paling praktis tentu saja menggunakan jalur udara, hanya butuh sekitar 45 menit dari kota Balikpapan. Sedangkan pilihan jalur darat pun juga bisa jadi opsi yang lain. Anda akan menyeberang ke Pulau Derawan dari Tanjung Batu dengan menumpang Speedboat yang akan menghantarkan ke tempat tujuan.

wisata kepulauan derawan kalimantan timur indonesia » Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Bagian Timur Pulau Kalimantan

Pergi berombongan tentunya menghemat biaya akomodasi. Semisal saat sewa jasa travel melalui jalanan aspal halus, sepanjang hutan rimbun serta perkampungan Dayak. Atau juga saat Anda harus menyewa boat demi sampai di kepulauan Derawan dengan menggunakan jalur air. Pasir putih dan laut jernih teramat indah tapi ada baiknya siapkan obat anti mabuk juga ya bagi Anda yang tidak tahan terjangan angin laut.

Tarif Penginapan Terjangkau

Ada banyak sekali tersedia fasilitas penginapan di sini. Banyak pilihan hotel, resort, villa, homestay, guest house, cottage, bungalow sampai juga ada penginapan tengah laut dengan fasilitas ciamik serta panorama surgawi yang bisa membuat liburan Anda makin berkesan.

Tak perlu risau soal biaya. Ada beragam pilihan mulai dari paket low budget sampai ada juga tipe high class, semuanya lengkap tinggal pilih saja. Bahkan hanya dengan 100 ribu rupiah per hari, Anda telah bisa booking satu kamar lengkap dengan AC dan panorama menawan. Ingat, supaya lebih memorable, jangan sungkan untuk liburan rame bareng kerabat tersayang, ya.

Wisata Khas Pulau Sangalaki, Maratua dan Kakaban

Sesampainya di kepualauan Derawan, Anda tak perlu bayar untuk masuk, kecuali mungkin memang akan ada tarif parkir bagi kendaraan pribadi. Untuk fasilitas olahraga air juga lengkap lho. Ada banana boat, jetski, perahu, sewa alat diving, snorkeling dan masih banyak juga yang lainnya. Supaya lebih lengkap, Anda juga harus mengunjungi pulau sekitarnya.

Pulau Sangalaki nih identik dengan penangkaran penyu serta area snorkeling yang menakjubkan. Sedangkan pulau Maratau identik dengan keindahannya yang bisa disetarakan dengan Raja Ampat yang telah termasyhur. Ada lagi yakni pulau Kakaban yang sungguh unik lantaran memiliki spot danau tempat bercampurnya air tawar dengan air laut lepas.

Berlibur di Pulau Derawan baiknya harus direncanakan sebaik mungkin. Pikirkan tentang biaya akomodasi pesawat, jasa travel dan juga sewa boat saat menuju ke destinasi wisata tersebut. Siapkan juga budget menginap dan sewa peralatan selam, karena Anda tak mungkin betah untuk tak menjamah serta menjelajahi rahasia cantik yang tersimpan di kedalaman lautnya.