9 Manfaat Jambu Air yang Baik bagi Kesehatan

9 Manfaat Jambu Air yang Baik bagi Kesehatan – Jambu air merupakan salah satu buah yang sering diolah dijadikan rujak. Terdapat beberapa jenis jambu air dimana ada yang memiliki rasa yang masam dan berwarna merah, ada juga yang berwarna hijau dan memiliki rasa manis.

Meskipun jambu air jarang digunakan sebagai bahan untuk membuat jus seperti jambu biji, jambu air ternyata memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan.

Beberapa kandungan zat yang terdapat pada jambu biji yaitu Vitamin A, Vitamin C, Kalsium, Protein, Serat dan Zat Besi. Beberapa nutrisi yang terkandung pada jambu air ini tentunya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

faedah jambu air untuk kesehatan » 9 Manfaat Jambu Air yang Baik bagi Kesehatan

Lalu apa saja manfaat yang terkandung pada jambu air ini? Berikut ini beberapa manfaat kandungan zat yang terdapat pada jambu biji bagi kesehatan tubuh.

  1. Kesehatan Pencernaan

Manfaat pertama yang di dapatkan dari mengkonsumsi jambu air yaitu bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Kandungan serat pada jambu biji berfungsi untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit sehingga organ pencernaan tetap sehat. Sebaliknya jika Anda mengalami diare, biji jambu air bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan diare.

  1. Mengontrol Diabetes

Jambu biji mengandung senyawa organik yakni jambosine yang memiliki manfaat bagi kesehatan salah satunya yaitu dapat mengontrol diabetes. Jambosine merupakan senyawa alkaloid yang berperan dalam mengendalikan kadar gula sehingga tetap stabil. Dengan mengkonsumsi jambu air, selain mampu menstabilkan kadar gula dalam tubuh juga dapat menurunkan kadar gula. Bagi penderita Diabetes, buah yang satu ini bisa dijadikan salah satu pilihan sebagai obat untuk menyembuhkan diabetes.

  1. Membersihkan Hati dan Ginjal

Hati dan ginjal merupakan dua organ tubuh yang memiliki peran penting yakni menyerap racun yang masuk ke dalam tubuh. Semakin banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat yang kurang baik bagi tubuh, hati dan ginjal menyerap zat-zat tersebut. Untuk membersihkan hati dan ginjal, salah satu makanan yang berfungsi membersihkan hati dan ginjal salah satunya yaitu jambu air. Ketika hati dan ginjal bersih tentunya kesehatan tubuh lainnya juga akan terjaga.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat dari mengkonsumsi jambu biji berikutnya yaitu meningkatkan daya tahan butuh. Kandungan vitamin C dan Vitamin A nya berfungsi utuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi oleh kuman dan virus yang menjadi penyebab munculnya penyakit atau jatuh sakit.

  1. Kesehatan Kulit

Vitamin C selain memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan yang terbentuk dari Vitamin C berperan aktif dalam menjaga sel-sel dan jaringan tubuh dan kulit dan mencegahnya dari kerusakan. Sehingga kulit tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit gatal-gatal, jamur dan penyakit kulit lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya bahkan berpotensi besar pada kematian. Salah satu cara agar kesehatan jantung tetap terjaga yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Jambu air merupakan salah satu jenis buah yang mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan jantung seperti menurunkan kadar kolesterol yang didapat dari zat antioksidan yang terkandung pada jambu biji.

  1. Mencegah Kanker

Selain gangguan jantung, salah satu penyakit yang memiliki resiko kematian yang besar yaitu kanker. Banyak makanan yang tidak sehat yang menjadi pemicu timbulnya penyakit kanker. Untuk mencegah kanker, mulailah untuk melakukan pola hidup yang baik dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi untuk mencegah kanker yaitu jambu air. Kandungan vitamin A dan C nya berfungsi untuk mencegah perkembangan sel kanker.

  1. Mengurangi Pembengkakan

Manfaat berikutnya dari mengkonsumsi buah jambu air yaitu dapat mengurangi pembengkakan. Kandungan air pada jambu air membuat daging jambu air ini bisa dimanfaatkan sebagai obat dengan cara menghaluskan jambu air dan mengolesnya diatas bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Kandungan air pada jambu air ini memberikan efek dingin dan membuat bagian kulit yang mengalami pembengkakan terasa rileks sehingga lekas sembuh.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Buah jambu menjadi salah satu buah yang cukup aman bahkan baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada jambu air tersebut berfungsi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin.