Inilah 5 Cara Menghilangkan Cacar Air

Cacar air merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang mana penyebabnya dikarenakan suatu virus yang bernama latin Varicella zoster. Kebanyakan orang yang terkena ini berumur antara 5 tahun -15 tahun yang notabene adalah anak-anak.

Gejala yang dialami oleh penyakit ini berupa nafsu makan anak yang berkurang , merasa pusing di beberapa waktu  dan jika dilihat akan muncul ruam berwarna merah yang nantinya akan muncul bentolan kecil yang didalamnya mengandung air yang sering kali terasa gatal dan ingin digaruk.

tips menyembuhkan cacar air » Inilah 5 Cara Menghilangkan Cacar Air
sick girl is measuring the temperature

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan cacar air dengan alami:

  1. Membuat Jus Mengkudu

Beberapa orang di Indonesia mempercayai bahwa buah mengkudu dapat membantu penyembuhan dari penyakit kulit ini. Caranya cukup dibuat minuman dengan cara dijus dengan sedikit campuran gula atau susu agar menyamarkan bau mengkudu yang khas.

  1. Kacang Hijau

Cara yang kedua bisa menggunakan kacang hijau yang memang bisa mempercepat proses pengeringan pada bentol cacar air. Caranya cukup dengan merendam kacang hijau di dalam air sampai mengembang dan kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu balurkan ke tempat cacar air. Diamkan selama 15-30 menit lalu bisa.

Lakukan proses ini dua kali sehari sebelum mandi agar mempercepat proses penyembuhan.

  1. Temulawak

Temulawak selain dipercaya untuk menjaga kondisi tubuh, bisa juga untuk membantu penyembuhan cacar dengan cepat. Caranya cukup campurkan sebanyak 15 gr kencur dan 15 gr asam jawa kedalam air matang sebanyak kurang lebih 600 ml dan rebus hingga mendidih.  Masak hingga cairan yang tersisa menjadi setengahnya. Setelah itu diamkan sampai dingin dan minum tiga kali sehari agar mempercepat penyembuhan.

  1. Daun Jarak

Daun jarak memang dikenal sebagai obat berbagai macam penyakit kulit, jadi kita bisa memanfaatkanya untuk mengobati cacar air. Cara pengobatannya bisa dengan cara merebus 10 lembar daun jarak selama 15-20 menit. Setelah 20 menit lalu angkat dan campurkan dengan air hangat kemudian dipakai mandi. Lakukan 2-3 kali sehari agar memberikan efek yang maksimal.

  1. Kulit pisang

Memang kebanyakan orang masih belum mengetahui kulit pisang bisa membantu pengobatan cacar air. Padahal manfaat  kulit pisang adalah untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada tubuh yang bisa diimplementasikan langsung ke seorang penderita cacar. Caranya penggunaanya cukup gosokan secara perlahan kulit pisang dengan bagian yang terkena cacar air. Lakukan selama 15 menit. Setelah selesai bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin dua kali sehari.

Demikian 5 cara menghilangkan cacar air yang bisa kita coba di rumah yang pasti aman untuk di lakukan karena menggunakan bahan-bahan yang alami. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.