Waspadalah! 5 Makanan Ini dapat Menyebabkan Kantuk

Beberapa makanan yang kita makan sudah dipastikan mengandung banyak nutrisi dan juga vitamin baik yang akan dicerna oleh tubuh kita. Namun beberapa makanan yang kita makan memiliki sedikit efek samping . Bukan efek samping seperti kita meminum obat,  namun ada beberapa jenis makanan baik itu buah-buahan maupun makanan berat yang memberikan efek kantuk pada diri kita.

Memang bukan hal yang terlalu dianggap serius, namun hal ini akan sangat mengganggu apabila kita sedang bekerja atau belajar.  Rasa kantuk yang menyerang akan membuat efektivitas bekerja dan belajar menjadi menurun.

jenis makanan penyebab kantuk » Waspadalah! 5 Makanan Ini dapat Menyebabkan Kantuk

Oleh karena itu sebagai bahan informasi, berikut ini adalah 5 makanan ini dapat menyebabkan kantuk ketika kita mengkonsumsinya:

  1. Pisang

Daftar makanan yang membuat kita mengantuk yang pertama adalah pisang. Didalam buah pisang ini terdapat magnesium dan potassium yang akan membuat otot-otot di dalam tubuh kita menjadi rileks. Selain itu juga terdapat tripofan yang bereaksi menjadi serotonin dan melatonin yang mana akan membuat otak menjadi rileks sehingga pada saat kita mengkonsumsi pisang maka diri kita akan mudah mengantuk.

  1. Kacang Almond

Dibalik rasanya yang enak, ternyata kacang almond ini bisa menyebabkan rasa kantuk. Biasanya kacang ini terdapat pada beberapa olahan makanan yang notabene terbuat dari coklat. Kandungan magnesium yang tinggi pada kacang almond akan membuat otot-otot di dalam tubuh kita terileksasi membuat otak kita menerima sinyal dan membuatnya mengantuk.

  1. Teh Hijau

Beberapa orang pasti menyukai teh hijau dan sering dikonsumsi di beberapa kesempatan dalam sehari. Teh hijau ini sering disukai karena memiliki manfaat yang mampu membuat tubuh kita lebih rileks dan juga tenang setelah meminumnya . Namun perlu dicermati ketika kita meminum teh ini pada siang hari akan membuat kita merasa ngantuk. Hal ini karena kandungan theanine yang mana akan membuat otak kita lebih rileks dari kondisi sebelumnya.

  1. Susu

Minuman yang satu ini merupakan minuman yang sudah dipastikan sering kali diminum oleh kita. Baik itu berupa susu langsung ataupun dari beberapa olahan susu seperti keju dan yoghurt. Beberapa olahan susu ini memiliki kandungan tripofan yang akan membuat otak kita rileks dan akan menimbulkan rasa kantuk pada tubuh kita.

  1. Kedelai

Makanan yang terakhir adalah kedelai. Beberapa makanan dan minuman olahan dari kedelai seperti tahu atau tempe tenyata memiliki efek rasa kantuk bagi orang yang mengkonsumsinya. Hal itu karena di dalam kedelai mengandung fitosterogen yang dimana dapat mengendalikan rasa gelisah yang akan membuat otak kembali rileks. Hal itu lah yang akan memicu kita menjadi mudah mengantuk

Demikian 5 makanan yang dapat menyebabkan kantuk, jadi apabila anda memiliki jadwal yang padat, lebih baik hindari 5 makanan di atar agar tidak merasa mengantuk ketika beraktivitas.