Ini 5 Tips Jitu Membersihkan Kuas Make Up Yang Baik dan Benar

Apakah Anda tipe wanita yang sangat suka merias wajahnya setiap hari? Jika iya, apakah peralatan make up yang Anda gunakan sudah terjamin kebersihannya? Salah satu contohnya seperti kuas atau brush make up. Tahukah Anda kuas yang telah digunakan untuk make up, harus dibersihkan setiap hari. Mengapa? Karena seusai make up, pasti terdapat kosmetik yang tersisa dan menempel pada brush. Jika Anda tidak mau membersihkannya secara rutin, maka bakteri akan mudah mengendap di brush dan akan membuat wajah Anda menjadi alergi. Do you want it?

Tentu tidak, bukan? Untuk itu, Anda harus rutin membersihkan kuas-kuas tersebut agar kulit wajah Anda tetap sehat. Bagaimana caranya? Caranya dengan melakukan beberapa tips berikut ini!

Tips Membersihkan Kuas Make Up Dengan Benar

cara membersihkan kuas makeup » Ini 5 Tips Jitu Membersihkan Kuas Make Up Yang Baik dan Benar

Sediakan Alat Dan Bahan Yang Digunakan

Yang pertama ialah menyediakan semua bahan dan peralatan yang akan digunakan dalam membersihkan brush. What will it take? Bahan dan alat yang dibutuhkan diantarannya seperti sampo dan baby oil, air hangat, air bersih dan handuk kering. Sediakan semua bahan tersebut agar hasil yang diperoleh akan maksimal.

Rendam Kuas Dengan Air

Setelah semua bahan telah tersedia, maka step pertama yang harus Anda lakukan ialah merendam brush pada air bersih. Ingat, jangan menggunakan air hangat, ya! Karena jika Anda menggunakan air hangat untuk merendam kuas tersebut, maka semua lem perekat pada brush akan mudah terkelupas. Oleh karena itu, gunakan air biasa saat merendamnya.

Beri Baby Oil

Setelah bulu pada kuas mulai merenggang karena direndam, angkat dan oleskan dengan baby oil. Hal ini bertujuan agar semua make up yang menempel dengan kuat, akan mudah terkelupas nantinya. Jangan lupa untuk memijat bulu kuasnya, ya!

Bersihkan Dengan Sampo Bayi

Step berikutnya ialah membersihkannya menggunakan sampo bayi. Sama seperti cara pemberian baby oil, Anda juga harus memijat bulu kuas agar tak ada make up dan baby oil yang tersisa. Lakukan hal ini secara perlahan dan berhati-hati! Karena bulu kuas tersebut akan mudah rontok jika Anda membersihkannya dengan kasar.

Bilas Menggunakan Air

Setelah dirasa cukup, maka bilaslah kuas tersebut menggunakan air bersih. Usahakan air yang digunakan ialah air yang mengalir ya! Setelah itu bersihkan lagi dengan air hangat. Namun jangan terlalu lama agar lem tidak ikut luntur.

Keringkan

Sebelum mengeringkannya menggunakan handuk kering, peraslah terlebih dahulu agar kuas mudah kering. Setelah itu, baru usaplah kuas menggunakan handuk. Lakukan step ini dengan lembut dan perlahan ya! Kemudian diamkan brush tersebut didalam ruangan. Jangan sampai Anda menjemurnya dibawah sinar matahari secara langsung. Karena hal ini akan membuat kuas menjadi kaku dan mudah rontok.

Nah, itu dia tips membersihkan kuas make up yang baik dan benar. Lumayan rumit memang, namun Anda harus tetap melakukannya secara rutin agar kesehatan kulit Anda pun tetap terjaga. So, don’t be lazy to clean it up, yes?