Pahami Perbedaan Spesifikasi Ponsel Realme U1 dan Realme 3 Sebelum Membelinya

Ada banyak kisah vendor yang menghadirkan ponsel android dengan tipe berbeda tetapi memiliki spesifkasi yang hampir sama. Malah kadang, ponsel suatu vendor yang hadir di generasi tahun ini tidak terlalu jauh dengan generasi tahun lalu. Umumnya, vendor hanya dapat memperbarui penampilan atau hanya sekadar melakukan upgrade minor saja.

Merek yang merupakan anak perusahaan terpisah dari Oppo ini menghadirkan dua ponsel yang peluncurannya tidak terlalu jauh tetapi memiliki spesifikasi yang hampir mirip. Keduanya tersebut adalah Realme U1 dan Realme 3. Jika desain Realme 2 dan Realme 2 Pro sedikit mirip, itu adalah hal yang wajar karena dihadirkan berbarengan. Beda kasus dengan Realme U1 dan Realme 3 yang perbedaan peluncurannya hanya 3 bulan saja. Dan kedua ponsel tersebut justru hadir dengan spesifikasi yang hampir mirip. Tapi sesuai judul yang mirip atau serupa tidaklah selalu sama, seperti Realme U1 dan Realme 3 yang memiliki perbedaan ,berikut ini perbedaan Realme U1 dan Realme 3.

gambar 2 » Pahami Perbedaan Spesifikasi Ponsel Realme U1 dan Realme 3 Sebelum Membelinya

Layar

Realme 3 dan Realme U1 sebenarnya memiliki desain layar yang tidak jauh berbeda, keduanya sama-sama menawarkan layar penuh dengan poni kecil yang disebut dewdrop di bagian atasnya. Hanya saja, layar dari keduanya memiliki ukuran dan resolusi yang cukup berbeda. Realme 3 hanya dilengkapi layar 6,2 inci beresolusi HD + (1.520 x 720 piksel) sedangkan Realme U1 sudah menggunakan layar 6,3 inci dengan resolusi Full HD + (2340 x 1080 piksel). Layar Realme U1 tentunya bakal menampilkan gambar yang lebih baik, lebih jelas, dan lebih detail, jika dibandingkan dengan Realme 3 tersebut.

Chipset

Pada dapur picunya, Realme 3 menggunakan chipset MediaTek Helio P60, sementara itu Realme U1 menggunakan dengan MediaTek Helio P70 yang sama-sama dibundling dengan versi OS Android 9.0 Pie. Tentu begitu, karena dengan perbedaan ini, Realme U1 menawarkan kinerja yang lebih mumpuni. Dalam Realme U1 ini chipset MediaTek Helio P70 menawarkan 13 persen kinerja yang lebih baik dan 30 persen kemampuan kecerdasan buatan yang lebih bertenaga, jika dibandingkan MediaTek Helio P60 yang dirilis sebelumnya.

Kamera Utama

Pada kamera utama yang ditampilkan di Realme 3 dan Realme U1 menggunakan resolusi kamera yang setara, yaitu sama – sama dilengkapi dengan kamera beresolusi 13 MP yang dipadukan dengan lensa depth 2 MP. Yang membedakan, kamera Realme 3 memiliki aperture yang lebih besar dibandingkan Realme U1. Realme 3 mempunyai aperture f/1.8 sedangkan Realme U1 memiliki aperture f/2.2.

Kamera Depan

Pada kamera depan, Realme 3 sangat telak dengan generasi sebelumnya. Realme 3 dilengkapi dengan kamera 13 MP, sementara itu Realme U1 sudah dilengkapi dengan kamera 25 MP, itupun sudah menggunakan sensor Sony IMX 576. Perbedaan yang cukup mencolok dari kamera depan ini akan memberikan hasil foto yang cukup berbeda. Bukan masalah bagus atau tidaknya, tetapi masalah detailnya. Hasil dari Realme U1 tentunya akan memberikan detail yang lebih keren dibanding Realme 3.

Baterai

Terakhir dari sektor baterai yang diusung Realme 3. Selain mempunyai baterai dengan kapasitas yang lebih besar dari Realme U1, baterai 4.230 mAh miliknya diklaim lebih bisa bertahan lama. Dalam uji teknisnya sendiri, Realme menemukan bahwa perangkatnya dapat bertahan hingga 12,4 jam untuk bermain PUBG Mobile, 14,4 jam untuk memutar YouTube, dan 18,9 jam jika hanya sekedar browsing.