Pahami Perbedaan Sistem Operasi Android Stock, One dan Go

Dalam dunia sistem operasi mobile, Android memang adalah rajanya. Namun sudah taukah anda bahwa sebenarnya sistem operasi Android sendiri masih terbagi menjadi beberapa jenis?

Sistem operasi Android itu terbagi menjadi 4 macam yaitu sistem Android dengan UI bawaan OEM, sistem Android stock, sistem Android One, dan juga sistem Android Go.

Dari 4 macam sistem Android tersebut, memang yang paling umum digunakan adalah sistem Android dengan UI bawaan OEM. Contoh dari sistem Android dengan UI bawaan OEM adalah seperti sistem operasi Android yang digunakan pada smartphone Xiaomi, Oppo, Vivo, dan masih banyak lagi.

Selain menjalankan sistem operasi Android, smartphone tersebut juga sudah dioprek oleh vendor smartphone sehingga tampilannya khas antar satu vendor dengan vendor yang lain.

Lalu bagaimana dengan sistem operasi Android Stock, Android One, dan juga Android Go? Apa perbedaan dari 3 jenis sistem operasi Android tersebut? Bagi anda yang mau tau mengenai hal tersebut, anda bisa cek selengkapnya di dalam artikel ini.

Apa Itu Sistem Operasi Android Stock?

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan sistem operasi Android stock itu? Yang dimaksud dengan sistem operasi Android stock itu adalah sistem yang benar-benar murni langsung dari Google.

Jadi yang dimaksud dengan OS Android stock itu isinya benar-benar sama seperti OS yang dikeluarkan langsung oleh Google. Lalu smartphone apa yang menggunakan OS Android stock ini?

perbedaan os android stock one dan go 1028x578 » Pahami Perbedaan Sistem Operasi Android Stock, One dan Go

Sampai saat ini, OS Android stock ini hanya digunakan pada smartphone besutan Google yaitu Google Pixel serta smartphone Essential yang merupakan produk dari pencipta sistem operasi Android sendiri.

Lalu apa kelebihan dari smartphone yang menggunakan sistem operasi Android stock? Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Sama sekali tidak memiliki bloatware apapun di dalamnya.
  • Tampilannya sangat sederhana sehingga sangat ringan.
  • Mendapatkan pembaruan sistem operasi serta sistem keamanan paling cepat karena langsung terhubung dengan Google.

Apa Itu Sistem Operasi Android One?

Selain sistem operasi Android stock, mulai banyak smartphone yang menggunakan sistem operasi Android One. Sebenarnya apa itu sistem operasi Android One? Dan apa bedanya dengan sistem operasi Android stock?

Yang dimaksud dengan sistem operasi Android One itu sebenarnya hampir mirip seperti OS Android stock. Hanya saja, di sini Google membantu vendor smartphone untuk menyiapkan sistem operasi Android ringan untuk digunakan di smartphone besutan vendor.

Karena memang hampir serupa seperti sistem operasi Android stock, smartphone yang menggunakan OS Android One ini memiliki kelebihan yang sama.

Lalu apa bedanya antara sistem operasi Android stock dengan One? Meskipun sama, ada beberapa perbedaan antara OS Android One dengan stock. Berikut adalah beberapa perbedaannya:

  • Proses pembaruan sistem operasi dan sistem keamanan sedikit lebih lama dibandingkan dengan OS Android stock.
  • OS Android One terkadang masih dibekali dengan beberapa bloatware “pesanan” vendor smartphone.
  • Smartphone yang menjalankan OS Android One memiliki tampilan tema yang sedikit lebih berwarna dibandingkan dengan yang menggunakan OS Android stock.

Apa Itu Sistem Operasi Android Go?

Selain OS Android Stock dan juga One, beberapa tahun lalu Google meluncurkan OS Android Go. Sistem operasi Android Go tersebut sebenarnya merupakan penerus dari OS Android One.

Lalu apa bedanya antara OS Android Go dengan OS Android Stock maupun One? Perbedaannya pada jenis smartphone yang menggunakan OS tersebut. OS Android Go lebih banyak digunakan di smartphone low end atau entry level.

Pasalnya, OS Android Go memang dioptimasikan untuk digunakan di smartphone yang memiliki spesifikasi sangat minim. Jadi bisa dikatakan fitur yang dimiliki OS Android Go lebih sedikit dibandingkan dengan fitur di OS Android Stock dan juga OS Android One.

Lalu apa kelebihan smartphone yang menggunakan OS Android Go tersebut jika dibandingkan dengan yang menggunakan OS Android jenis lain? Berikut adalah beberapa kelebihannya:

  • Sistem operasi Android Go bisa berjalan dengan sangat lancar di smartphone berspesifikasi RAM kecil.
  • Memiliki pilihan widget maupun tema yang lebih banyak dari OS Android Stock maupun One.
  • Dilengkapi dengan beberapa aplikasi khusus yang lebih ringan seperti Youtube Go, Gallery Go, Maps Go, dan masih banyak lagi.

Jadi bagaimana? Sekarang anda sudah cukup paham bukan mengenai apa macam-macam jenis sistem operasi Android yang digunakan di smartphone? Jika disuruh memilih, anda lebih memilih smartphone yang menggunakan OS Android tipe OEM, Stock, One, ataupun Go?