Bawa Fitur Baru, Android 10 Go Tak Lama Lagi Siap Meluncur

2 tahun lalu Google mulai memperkenalkan sistem operasi turunan dari Android yaitu Android Go. Sistem operasi tersebut sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sistem operasi Android. Hanya saja, sistem Android Go memang dirancang khusus digunakan untuk smartphone kelas entry level yang spesifikasinya sangat terbatas.

Baru-baru ini, Google kabarnya akan segera meluncurkan versi Android 10 Go setelah resmi meluncurkan terlebih dahulu sistem operasi Android 10.

Menurut kabarnya, sistem operasi Android 10 Go akan membawa cukup banyak fitur baru. Seperti apa saja fitur-fitur yang akan dibawa oleh sistem Android 10 Go tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

3 Fitur Baru yang Akan Dibawa Sistem Operasi Android 10 Go

Dari apa yang sudah diumumkan Google, sistem operasi Android 10 Go kabarnya akan mendapatkan 3 fitur baru. 3 fitur tersebut kabarnya akan membuat pengguna semakin nyaman dalam menggunakan smartphone kelas entry level.

fitur baru os android 10 go 1028x578 » Bawa Fitur Baru, Android 10 Go Tak Lama Lagi Siap Meluncur

Berikut ini adalah beberapa fitur yang akan dibawa sistem operasi Android 10 Go nanti:

  1. Fitur enkripsi data yang jauh lebih baik

Fitur pertama yang pasti akan hadir pada sistem operasi Android 10 Go adalah fitur enkripsi data yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Menurut kabarnya, fitur enkripsi terbaru yang akan dibawa sistem operasi Android 10 Go tersebut tidak membutuhkan komponen khusus sehingga dipastikan bisa digunakan di semua smartphone Android entry level.

Nama dari sistem enkripsi terbaru yang akan dibawa pada sistem operasi Android 10 Go tersebut adalah Adiantum.

  1. Kecepatan dalam membuka aplikasi

Salah satu kendala yang pasti dialami oleh pengguna smartphone Android kelas entry level adalah lemotnya proses membuka sebuah aplikasi.

Hal tersebut disebabkan karena memang smartphone Android kelas entry level memiliki spesifikasi yang sangat terbatas.

Namun nanti, smartphone entry level yang menggunakan sistem operasi Android 10 Go tidak akan mengalami masalah tersebut lagi.

Pasalnya, sistem operasi Android 10 Go akan menggunakan sistem launcher aplikasi yang sudah disempurnakan. Dengan penyempurnaan tersebut, menurut kabarnya sistem operasi Android 10 Go bisa 10% lebih cepat dalam proses membuka aplikasi dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Selain itu, pergantian antara satu aplikasi ke aplikasi yang lain juga semakin lancar dengan menggunakan sistem operasi Android 10 Go.

Menariknya lagi, Google juga sekaligus memangkas ukuran file aplikasi pre-instalasi khusus untuk sistem operasi Android 10 Go. Dengan begitu, maka sudah pasti kapasitas memori internal smartphone entry level juga bisa lebih dihemat lagi.

  1. Dilengkapi dengan lebih banyak Go Apps

Sistem operasi Android 10 Go juga akan langsung dibekali dengan beberapa aplikasi Go seperti Google Go, Gallery Go, Youtube Go, dan juga Maps Go.

Selain itu, sistem operasi Android 10 Go juga akan dibekali dengan Google File Apps yang bisa digunakan untuk sharing data dengan smartphone lain.

Bukan hanya itu saja, Google dikabarkan juga mengajak banyak developer aplikasi untuk membawa lebih banyak aplikasi kedalam Go Apps.

Dengan begitu, kemungkinan besar nantinya smartphone entry level tidak perlu lagi khawatir tentang beratnya aplikasi tertentu. Pasalnya, kemungkinan besar nanti setiap developer akan menghadirkan aplikasinya dalam versi Go untuk mendukung pertumbuhan penggunaan sistem operasi Android Go.

Menurut kabarnya lagi, sistem operasi Android 10 Go juga akan segera diluncurkan. Sistem operasi Android versi ringan terbaru tersebut akan diluncurkan di 180 negara dan kemungkinan besar akan digunakan di 1600 macam jenis model smartphone dengan spesifikasi entry level.

Rencananya, Google akan mulai meluncurkan sistem operasi Android 10 Go ini dalam waktu dekat, tepatnya di musim gugur tahun 2019 ini.

Lalu apakah smartphone Android entry level sebelumnya yang sudah menggunakan sistem operasi Android versi Go juga akan mendapatkan pembaruan ke OS Android 10 Go ini? Sampai saat ini belum ada informasi mengenai hal tersebut. Namun kemungkinan besar hal tersebut tergantung dari vendor smartphone masing-masing.