Masih Kalah Canggih, Ini Fitur Smartphone Android yang Tidak Ada di IPhone 11

Sebelum diluncurkan, memang banyak orang berharap akan ada banyak sekali fitur canggih yang dibawa iPhone 11. Namun saat peluncuran perdana pada bulan September 2019, ada cukup banyak orang yang kecewa setelah melihat spesifikasi teknis dari smartphone besutan Apple tersebut.

Meskipun memang IPhone 11 membawa cukup banyak fitur baru dari pendahulunya, namun masih ada banyak hal yang membuat IPhone 11 terlihat begitu ketinggalan zaman ketika dibandingkan dengan smartphone Android.

Ya, memang ada cukup banyak fitur smartphone Android kekinian yang sama sekali belum ada di IPhone 11.

Penasaran dengan apa saja fitur-fitur canggih yang saat ini sudah lazim dibawa smartphone Android namun belum dimiliki IPhone 11? Jika anda mau tau apa saja fitur smartphone Android yang membuat IPhone 11 terlihat begitu kuno, anda bisa cek selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 5 Fitur Smartphone Android Zaman Sekarang yang Tidak Ada di IPhone 11

Sebenarnya ada cukup banyak fitur yang sudah biasa dimiliki smartphone Android namun tidak dimiliki IPhone 11. Namun demikian, dari semua fitur tersebut, hanya ada 5 fitur yang memang dirasa begitu penting fungsinya.

fitur smartphone android yang tidak ada di iphone 11 1028x643 » Masih Kalah Canggih, Ini Fitur Smartphone Android yang Tidak Ada di IPhone 11

Berikut ini adalah 5 macam fitur canggih yang ada di smartphone Android namun tidak bisa anda temukan di IPhone 11:

  1. Layar dengan refresh rate tinggi

Salah satu hal yang membuat pengguna smartphone merasa nyaman adalah dari layar sebuah smartphone. Jika smartphone menggunakan layar dengan teknologi yang masih kuno, maka dapat dipastikan mata pengguna akan cepat lelah.

Berbicara mengenai teknologi layar, IPhone 11 masih menggunakan layar dengan teknologi refresh rate 60 Hz. Sedangkan jaman sekarang, sudah mulai banyak smartphone Android dengan harga yang lebih murah dari IPhone 11 menggunakan layar dengan refresh rate rata-rata 90 Hz, dan bahkan sudah ada yang menggunakan layar dengan refresh rate 120 Hz.

  1. Desain poni pada layar yang semakin mengecil dan bahkan dihilangkan

Selain refresh rate, layar pada smartphone di jaman sekarang juga semakin lama mulai menyingkirkan poni atau notch. Bahkan mulai banyak sekali vendor smartphone yang berlomba-lomba membuat mekanisme kamera unik untuk menghilangkan poni pada layar.

Dengan menghilangkan poni pada bagian layar, smartphone terasa jauh lebih nyaman digunakan karena area layar menjadi lebih luas.

Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku pada IPhone 11. Apple tampaknya justru masih menyukai desain poni tersebut dan justru menggunakan poni yang makin lebar.

Dengan adanya poni pada bagian layar tersebut, sebenarnya IPhone 11 terasa begitu kuno dan sulit berkompetisi dengan smartphone Android jaman sekarang, terutama dari segi estetika eksterior.

  1. Fitur sensor in display fingerprint

Berbicara mengenai fitur futuristik, smartphone Android memang bisa benar-benar bergaya di depan IPhone 11. Selain 2 hal sebelumnya, IPhone 11 juga benar-benar kalah telak dengan smartphone Android pada sektor sensor in display fingerprint.

Banyak sekali orang yang berharap bahwa IPhone 11 akan memiliki fitur tersebut. Namun nyatanya, IPhone 11 masih tetap mempertahankan fitur Face ID yang sudah dibawanya cukup lama.

Namun kemungkinan besar, Apple memang tidak membenamkan teknologi in display fingerprint tersebut karena alasan keamanan yang berhubungan dengan sistem Apple Pay.

Menurut beberapa orang, Apple kemungkinan besar memang sedang menyempurnakan sistem keamanan Apple Pay terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur in display fingerprint.

Mungkin saja, fitur in display fingerprint sensor tersebut baru akan digunakan pada IPhone yang akan diluncurkan pada tahun 2020 nanti.

  1. Fitur reverse charging

Pada bagian pengisian daya, smartphone besutan Apple terbaru juga benar-benar harus bertekuk lutut di hadapan beberapa vendor smartphone Android.

Ketika mulai banyak smartphone Android yang membawa fitur reverse charging, Apple tetap bertahan dengan fitur wireless charging andalannya.

Padahal, adanya fitur reverse charging tersebut benar-benar dirasakan begitu bermanfaat bagi pengguna. Pasalnya, pengguna bisa menggunakan smartphonenya sebagai power bank untuk mengisi daya perangkat lain yang kehabisan daya baterai dalam kondisi darurat.

Sayangnya, mungkin IPhone 11 masih membawa kesan ekslusifnya sehingga enggan untuk berbagi sedikit daya baterai dengan perangkat lain.

  1. Teknologi jaringan 5G

Fitur terakhir yang membuat IPhone 11 terlihat begitu kuno di depan smartphone Android adalah fitur jaringan 5G.

Disaat mulai banyak vendor smartphone Android yang berlomba-lomba meluncurkan smartphone yang sudah siap menggunakan teknologi jaringan 5G, Apple justru masih menggunakan jaringan 4G untuk IPhone 11 series.

Meskipun memang belum banyak negara yang sudah siap menggunakan teknologi jaringan 5G tersebut, namun setidaknya beberapa vendor smartphone Android sudah siap dengan kemajuan teknologi tersebut.

Sedangkan smartphone dari Apple mungkin masih menunggu beberapa tahun lagi untuk bisa memiliki teknologi jaringan 5G di dalamnya.

Jika dilihat, memang IPhone 11 kurang begitu memuaskan. Pasalnya, masih ada beberapa fitur canggih dari smartphone Android yang belum bisa dikalahkan oleh IPhone 11.

Namun demikian, bukan berarti IPhone 11 tidak punya kelebihan dari smartphone Android. Hanya saja, Apple terasa tertinggal dari vendor smartphone Android di zaman sekarang dari segi teknologi. Lalu bagaimana menurut anda? Apakah anda juga merasakan hal tersebut?