Ini Kelebihan Layar Smartphone Dengan Refresh Rate Tinggi

Semakin lama, makin banyak produsen smartphone yang menggunakan layar dengan refresh rate yang tinggi. Di zaman sekarang, layar smartphone dengan refresh rate sebesar 90 Hz tampak sudah begitu biasa.

Baru-baru ini bahkan mulai ada produsen yang meluncurkan smartphone dengan layar refresh rate 120 Hz. Lalu sebenarnya apakah layar smartphone yang punya refresh rate tinggi tersebut memang bisa memberikan lebih banyak kelebihan bagi pengguna?

Jika memang bisa memberikan lebih banyak kelebihan, lalu apa saja kelebihan yang bisa dirasakan oleh pengguna smartphone dengan layar refresh rate tinggi tersebut?

Bagi anda yang mau tau apa kelebihan menggunakan smartphone dengan layar refresh rate tinggi, anda bisa pelajari kelebihannya tersebut di dalam artikel ini.

3 Kelebihan yang Bisa Dirasakan Pengguna Smartphone Dengan Layar Refresh Rate Tinggi

Meskipun tampaknya tidak begitu mencolok, ternyata menggunakan smartphone dengan layar yang refresh ratenya tinggi itu bisa memberikan banyak kelebihan.

keunggulan layar smartphone refresh rate tinggi 1028x730 » Ini Kelebihan Layar Smartphone Dengan Refresh Rate Tinggi

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari smartphone yang layarnya sudah memiliki refresh rate tinggi:

  1. Lebih smooth ketika digunakan untuk menampilkan gambar-gambar yang bergerak cepat

Kelebihan pertama dari smartphone yang sudah dibekali dengan layar yang refresh ratenya tinggi adalah bisa menampilkan gambar yang bergerak cepat secara smooth.

Kelebihan satu ini benar-benar bisa dirasakan ketika anda menggunakan smartphone tersebut untuk bermain game-game yang menampilkan gerakan-gerakan cukup cepat. Contohnya saja seperti game-game genre balap.

  1. Mengurangi dan bahkan menghilangkan masalah screen tearing

Screen tearing memang adalah masalah yang biasanya dialami di monitor PC. Namun karena jaman sekarang smartphone juga digunakan lebih sering dari PC, maka screen tearing juga mulai dirasakan oleh pengguna smartphone, terutama ketika bermain game.

Yang dimaksud dengan screen tearing adalah munculnya patahan pada gambar yang ditampilkan di layar. Hal tersebut bisa terjadi karena frame rate GPU lebih tinggi dari refresh rate layar.

Jadi bisa dikatakan layar smartphone tidak cukup memadai untuk menampilkan kemampuan maksimal dari GPU.

Masalah screen tearing tersebut bisa dikurangi dan bahkan dilenyapkan dengan meningkatkan refresh rate layar. Oleh sebab itu, jika anda menggunakan smartphone dengan layar refresh rate tinggi, sudah dapat dipastikan anda tidak akan pernah merasakan masalah screen tearing.

  1. Mengurangi rasa lelah pada mata

Selain memberikan peningkatan drastis pada tampilan, penggunaan layar refresh rate tinggi di smartphone jaman sekarang juga sedikit banyak dapat mengurangi rasa lelah pada mata penggunanya.

Kenapa layar smartphone dengan refresh rate tinggi bisa mengurangi rasa lelah pada mata? Hal tersebut disebabkan karena flickering layar jauh lebih cepat dari yang mampu ditangkap oleh bola mata.

Dengan begitu, maka secara otomatis mata tidak perlu bekerja lebih berat untuk bisa menikmati apa yang ditampilkan di layar smartphone.

Namun meskipun bisa memberikan banyak kelebihan bagi pengguna, ternyata smartphone dengan layar yang refresh ratenya tinggi itu juga ada kekurangannya, terutama jika dibandingkan dengan yang refresh rate standard.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan smartphone yang sudah menggunakan layar dengan refresh rate tinggi:

  1. Lebih boros dalam menggunakan daya baterai

Karena layar memiliki refresh rate tinggi, maka secara otomatis layar tersebut lebih sering berkedip. Oleh sebab itu, smartphone yang sudah dibekali dengan layar yang refresh ratenya tinggi biasanya lebih boros dalam menggunakan daya baterai.

Namun untungnya, ada beberapa smartphone yang sudah memberikan opsi kepada pengguna untuk mengaktifkan mode refresh rate tinggi pada layar smartphone secara manual.

Dengan bisa mengaktifkan mode refresh rate tinggi secara manual, maka pengguna bisa mengurangi konsumsi daya baterai smartphonenya.

  1. Lebih mahal harganya

Karena layar yang memiliki refresh rate tinggi itu biasanya menggunakan panel yang cukup canggih, maka sudah pasti harga smartphone dengan layar refresh rate tinggi juga dipastikan lebih mahal.

Oleh sebab itu, jika anda mau merasakan kenyamanan menggunakan smartphone dengan layar yang refresh ratenya tinggi, maka mau tidak mau anda harus rela merogoh kocek lebih dalam.

Jadi bagaimana menurut anda? Apakah memiliki smartphone dengan layar yang refresh ratenya tinggi itu sangat menguntungkan dan perlu untuk zaman sekarang?

Apakah harga yang harus anda bayarkan untuk bisa memiliki smartphone dengan layar refresh rate tinggi itu sebanding dengan semua kelebihan yang bisa anda rasakan?