7 Jenis Makanan yang dapat Menumbuhkan Massa Otot

7 Jenis Makanan yang dapat Menumbuhkan Massa Otot – Mempertahankan atau bahkan mendapatkan massa otot tidak hanya dibutuhkan latihan dan olah raga saja, tetapi juga harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang berkualitas dari berbagai macam makanan sehat. Parahnya, beberapa orang cenderung hanya berfokus pada satu aspek saja tanpa memperhatikan nutrisi yang harus mereka dapatkan, alhasil usaha mereka menjadi sia-sia.

olahraga » 7 Jenis Makanan yang dapat Menumbuhkan Massa Otot
manfaat olahraga

Mendapatkan asupan nutrisi yang cukup sangatlah penting untuk dilakukan karena akan membantu tubuh anda tetap sehat secara keseluruhan, termasuk membangun massa otot yang tengah anda idamkan saat ini. Untuk memulainya, pastikan anda mengkonsumsi beberapa makanan sederhana yang dapat menumbuhkan massa otot yang telah kami paparkan di bawah ini.

Daging Sapi Tanpa Lemak

Makanan ini harus menjadi sajian utama anda ketika ingin menumbuhkan massa otot. Daging sapi tanpa lemak dikemas dengan berbagai macam zat yang dapat merangsang pertumbuhan otot, termasuk zat besi, zinc, dan vitamin B. Lebih pentingnya lagi, makanan jenis ini dapat menyediakan anda protein berkualitas tinggi dan asam amino yang bekerja sama dengan insulin untuk mempromosikan pertumbuhan otot.

Daging Ayam Tanpa Kulit

Sama halnya seperti daging sapi, daging ayam merupakan sumber yang sangat baik dari protein berkualitas tinggi, dimana sangat penting untuk perawatan dan perbaikan otot anda, serta menjaga agar berat badan anda tetap ideal. Pastikan anda mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit. Anda tentu bisa menemukan informasi mengenai cara membuat masakan daging ayam tanpa kulit di internet dengan mudah saat ini.

Keju Cottage

Tidak banyak orang mengetahui hal ini, tapi sebenarnya keju cottage menyediakan protein kasein murni hampir secara keseluruhan. Kasein sendiri merupakan protein yang secara lambat dicerna oleh tubuh anda, sehingga menjadikannya senyawa yang sempurna untuk perawatan otot anda. Keju cottage juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B12, kalsium, dan nutrisi penting lainnya yang penting untuk kesehatan tubuh anda.

Telur

Telur mengandung protein berkualitas tinggi, sembilan asam amino esensial, kolin, lemak sehat, serta vitamin D. Terlebih lagi, telur bisa dikatakan makanan yang teramat murah jika dibandingkan dengan kandungannya yang luar biasa. Bahkan penelitian juga telah menunjukkan bahwa telur tidak akan membahayakan kesehatan tubuh anda dan merupakan makanan penting yang harus anda dapatkan setiap hari.

Protein Whey

Selain harganya yang terjangkau, suplemen protein whey juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh anda. Inilah kenapa protein whey menjadi jenis suplemen yang paling banyak diincar oleh banyak orang, terutama oleh olahragawan. Para binaragawan biasanya mengkonsumsi protein ini ketika mereka bangun tidur, setelah berolahraga, atau dicampurkan bersama dengan makanan mereka. Sementara untuk menumbuhkan massa otot, anda bisa mengkonsumsinya tepat setelah melakukan aktivitas olahraga.

Tuna

Ikan seperti tuna mengandung banyak sekali protein, rendah lemak, dan kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak yang terdapat dalam ikan tuna sangatlah penting karena mampu membantu menyapu lemak dan memastikan fungsi tubuh anda bekerja dengan baik, seperti contohnya mendukung proses metabolisme anda.

Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat yang baik karena termasuk makanan rendah indeks glikemik (GI). Faktanya, makanan-makanan yang memiliki kandungan indeks glisemik rendah memiliki manfaat seperti:

  • Mikronutrisi yang lebih baik dan mengandung banyak serat.
  • Meningkatkan perasaan kenyang.
  • Mengurangi perasaan lapar.
  • Mengurangi “food craving” atau ngidam makanan setelah makan.
  • Menghilangkan lemak.

Singkatnya, makanan rendah indeks glikemik mampu membantu anda mengurangi lemak sehingga bermanfaat sekali bagi anda yang tengah menjalani diet menurunkan berat badan, serta menjadi sumber energi dan perawatan otot karena mengandung karbohidrat yang sangat memadai.