Advan G3 Pro, Smartphone dari Vendor Lokal yang Mulai Tampil Stylist

Sebagai vendor smartphone lokal, Advan memang kurang begitu bertaji lagi. Advan memang terus menerus dihantam oleh vendor smartphone luar, terutama vendor smartphone dari tirai bambu. Namun tampaknya, Advan belum menyerah. Hal tersebut terbukti dengan diluncurkannya Advan G3 Pro. Kali ini, Advan sengaja menyasar generasi milenial.

Hal tersebut bisa dilihat dari begitu mewahnya tampilan Advan G3 Pro. Dari smartphone tersebut, kesan kuno dan murahan yang lekat dengan Advan serasa sirna.

Namun apakah jeroan dari Advan G3 Pro juga sebagus tampilan luarnya? Bagi anda yang mau tau seperti apa jeroan Advan G3 Pro, anda bisa cek hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Desain Bodi Elegan dan Nyaman di genggaman Tangan

Jika diperhatikan dari tampilan eksteriornya, Advan G3 Pro memang terlihat begitu memukau. Hal tersebut bisa dilihat dari minimnya bezel di kanan kiri layar. Selain itu, Advan G3 Pro juga memiliki bodi yang cukup tipis seperti kebanyakan smartphone masa kini.

Untuk penempatan kameranya sendiri, Advan G3 Pro juga memilih lokasi yang cukup tepat yaitu di pojok kiri atas cover belakang. Sedangkan pada bagian depan, kamera Advan G3 Pro diletakkan tepat di tengah atas, tepatnya di bagian desain waterdrop.

review fitur harga spesifikasi advan g3 pro 1028x685 » Advan G3 Pro, Smartphone dari Vendor Lokal yang Mulai Tampil Stylist

Selain memiliki tampilan yang elegan, Advan G3 Pro juga sangat nyaman ketika digenggam di tangan. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan karena dimensi bodi Advan G3 Pro memang dibuat sesuai dengan ergonomi genggaman tangan.

Untuk masalah build quality, Advan G3 Pro juga sudah tidak terasa murahan. Pasalnya Advan G3 Pro sudah menggunakan material kaca di bagian layar.

Layar IPS LCD 6.3 Inch Water Drop

Advan G3 Pro memang tampil menawan disebabkan karena penggunaan layar yang tepat. Advan G3 Pro membawa layar berukuran 6.3 inch dengan desain water drop.

Dengan menggunakan desain layar berponi tersebut, Advan G3 Pro berhasil mendapatkan rasio screen to bodi yang cukup tinggi yaitu sebesar 85%. Dengan screen to bodi yang cukup tinggi, tampilan Advan G3 Pro terasa hampir tanpa bezel di bagian kanan dan kiri.

Sedangkan untuk panelnya, Advan G3 Pro masih menggunakan panel IPS LCD yang sudah mampu mendukung resolusi HD+ yaitu 720 piksel X 1520 piksel. Selain itu, aspek rasio layar Advan G3 Pro masih menggunakan 18:9.

Meskipun aspek rasio yang digunakan terkesan kuno, namun hal tersebut membuat Advan G3 Pro sangat nyaman ketika digunakan dengan satu tangan saja.

Chipset UNISOC Dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB

Advan G3 Pro memang mendapatkan perubahan maksimal pada bagian eksterior. Namun apakah itu juga berarti smartphone besutan vendor dalam negeri ini juga mendapatkan perubahan maksimal di bagian jeroannya?

Meskipun tidak begitu maksimal, Advan G3 Pro dibekali dengan beberapa komponen jeroan berteknologi baru.

Contohnya saja, chipset yang digunakan Advan G3 Pro adalah chipset dari UNISOC dengan tipe SC9863A yang sudah memiliki CPU 8 inti dengan kecepatan maksimal 1.6 Ghz.

Sedangkan untuk memori internal serta RAM, Advan G3 Pro sudah dibekali dengan memori internal sebesar 64 GB dan RAM 4 GB. Jika kapasitas memori internal dirasa kurang, Advan G3 Pro masih bisa menerima MicroSD dengan kapasitas maksimal 128 GB.

Bukan hanya itu saja, Advan G3 Pro juga sudah dibekali dengan berbagai macam fitur canggih yang biasa dibawa di smartphone besutan vendor luar seperti fitur fingerprint, fitur micro USB OTG, dan bahkan fitur Face ID untuk meningkatkan keamanan.

Untuk urusan sistem operasinya, Advan G3 Pro akan menjalankan sistem operasi Android 9 dan sistem antarmuka IDOS 9S.12.

Dual Kamera

Pada bagian kamera, Advan G3 Pro juga tampil sesuai dengan kebutuhan generasi milenial. Advan G3 Pro dibekali dengan 2 buah kamera utama dengan konfigurasi lensa 12 MP dan 2 MP.

Dengan adanya 2 buah kamera tersebut, Advan G3 Pro bisa dengan mudah mengabadikan foto dengan efek bokeh secara alami. Sedangkan untuk selfie, Advan G3 Pro juga dibekali dengan kamera tunggal dengan lensa 8 MP di bagian depan.

Baterai 3.000 mAh

Pada bagian catu daya, Advan G3 Pro memang kurang begitu mendapatkan peningkatan. Advan G3 Pro hanya dibekali dengan baterai Li-Po non removable dengan kapasitas 3.000 mAh saja.

Selain membawa baterai dengan kapasitas yang cukup minim untuk era sekarang, Advan G3 Pro juga sama sekali tidak dibekali dengan fitur fast charging.

Namun demikian, hal tersebut masih bisa dimaklumi mengingat Advan G3 Pro memang dijual untuk pasar kelas menengah kebawah dengan kisaran harga 1,7 juta Rupiah. Advan G3 Pro hadir dalam 2 pilihan warna yaitu jade green dan peacock blue.

Advan G3 Pro sudah bisa dibeli secara langsung secara online di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan juga Blibli mulai dari tanggal 27 September 2019.