Apa Itu Fast Charging di Smartphone? Apakah Fitur Fast Charging Aman?

Jika dilihat, perkembangan teknologi yang bisa dibawa di dalam sebuah smartphone itu makin luar biasa. Teknologi terbaru bisa dilihat dengan jelas di bagian layar hingga pada bagian kamera sebuah smartphone.

Dengan meningkatnya jenis dan jumlah teknologi yang digunakan, sudah barang tentu smartphone zaman sekarang itu membutuhkan catu daya yang lebih besar dari sebelumnya.

Oleh sebab itu, tak heran jika smartphone di era sekarang juga membawa baterai yang kapasitasnya jauh lebih besar (dan makin lama makin besar melebihi 5.000 mAh).

Karena kapasitas baterainya cukup besar, sudah pasti smartphone tersebut juga membutuhkan teknologi baru untuk mengisi ulang baterainya. Oleh sebab itu, hadirlah teknologi fast charging.

Teknologi tersebut membuat pengguna tidak perlu menunggu lama untuk bisa mengisi penuh baterai smartphonenya. Namun meskipun merupakan satu teknologi yang futuristik, banyak orang masih merasa takut dengan teknologi tersebut.

Banyak orang masih ragu apakah teknologi fast charging pada smarpthone itu benar-benar aman untuk digunakan. Jika anda juga berpikiran demikian, anda mungkin bisa mempelajari terlebih dahulu mengenai bagaimana teknologi fast charging tersebut bekerja serta berbagai macam fitur keamanannya di dalam artikel ini.

Mekanisme Teknologi Fast Charging Ketika Digunakan Untuk Mengisi Ulang Baterai Smartphone

Sampai saat ini sebenarnya masih banyak sekali pengguna smartphone yang belum tau bagaimana sebenarnya mekanisme teknologi fast charging itu bekerja dalam mengisi ulang baterai smartphonenya.

amankah fitur fast charging di smartphone 1028x732 » Apa Itu Fast Charging di Smartphone? Apakah Fitur Fast Charging Aman?

Jika dilihat dari mekanismenya, teknologi fast charging itu sebenarnya ada 3 macam hingga saat ini. Berikut ini adalah 3 macam mekanisme teknologi fast charging yang sudah ada di pasaran:

  1. Meningkatkan watt charger

Mekanisme pertama teknologi fast charging smartphone yang ada di pasaran adalah dengan meningkatkan watt charger.

Dengan meningkatkan watt charger, secara otomatis charger tersebut memiliki kemampuan untuk mengirimkan daya lebih besar pada smartphone. Dengan mendapatkan daya yang lebih besar, secara otomatis baterai akan jauh lebih cepat terisi.

  1. Meningkatkan voltase charger

Selain meningkatkan watt, ada juga teknologi fast charger yang memilih meningkatkan voltase chargernya. Hal ini dilakukan oleh Qualcomm di fitur Quick Charge.

Jika voltase charger normal adalah 5V, charger yang digunakan di smartphone dengan fitur Quick Charge dari Qualcomm tersebut bisa memiliki voltase 9V hingga maksimal 12V.

Dengan meningkatkan voltase chargernya, secara otomatis charger juga sudah bisa memberikan daya yang jauh lebih besar. Dan hasilnya sama, proses pengisian daya baterai smartphone akan jauh lebih cepat dari biasanya.

  1. Meningkatkan ampere charger

Yang terakhir, fitur fast charger juga bisa dengan mekanisme meningkatkan ampere charger. Hal ini dilakukan oleh vendor smartphone Oppo.

Jika charger smartphone normal hanya memiliki 1A, maka charger Oppo memiliki 5A. Dengan memiliki ampere yang lebih besar, secara otomatis charger juga melakukan pengisian daya baterai dengan lebih cepat.

Namun sekali lagi, untuk bisa menggunakan teknologi fast charging ini, bukan hanya charger saja yang harus sudah mendukung teknologi tersebut. Smartphone yang diisi ulang baterainya juga harus sudah mendukung teknologi fast charging.

Jika salah satunya tidak mendukung teknologi tersebut, maka teknologi fast charging tidak akan berjalan sama sekali dan pengisian daya baterainya hanya berlangsung seperti biasa.

Kenapa Teknologi Fast Charging di Smartphone Itu Aman Untuk Digunakan?

Lalu kenapa teknologi fast charging di smartphone itu aman untuk digunakan? Teknologi tersebut aman untuk digunakan karena di dalamnya sudah terdapat beberapa proteksi.

Berikut ini adalah beberapa proteksi yang menjamin bahwa teknologi fast charging di smartphone jaman sekarang itu aman untuk digunakan:

  • Current protection

Current protection adalah satu fitur keamanan yang mencegah terjadinya lonjakan ampere yang tidak sesuai dengan standard fast charging di smartphone dan charger.

  • Surge protection

Surge protection adalah fitur yang memastikan bahwa selama proses pengisian daya baterai dengan teknologi fast charging itu tidak ada lonjakan voltase melebihi batas atas teknologi fast charging dan charger smartphone.

  • Low loss recifier

Fitur keamanan terakhir pada teknologi fast charging di smartphone adalah low loss recifier. Fitur tersebut tidak hanya mengamankan proses pengisian daya baterai agar tidak melebihi batas maksimalnya saja, namun juga memastikan pengisian daya baterai bisa dilakukan secara lebih efisien.

Note:

Teknologi fast charging yang digunakan di smartphone jaman sekarang itu sebenarnya sudah sangat aman. Pasalnya, sebelum diluncurkan secara missal, teknologi tersebut sudah diteliti secara detail.

Namun sayangnya, teknologi fast charging tersebut benar-benar dijamin aman jika anda menggunakan charger orisinil bawaan dari smartphone yang anda miliki. Selain itu, andapun mengikuti tata cara pengisian daya baterai sesuai dengan yang dianjurkan oleh vendor.

Jika anda menggunakan charger KW ataupun after market, memang teknologi fast charging tidak bisa 100% dijamin aman lagi untuk digunakan.