Tips Memilih Micro SD yang Tepat Untuk Smartphone Anda

Micro SD adalah salah satu barang yang cukup sering terpasang di dalam smartphone, terutama smartphone zaman sekarang sebagai media penyimpanan untuk foto dan video serta file presentasi pekerjaan Anda.

Meskipun sudah banyak smartphone yang dibekali dengan memori internal yang cukup besar, masih banyak orang merasa bahwa kapasitas memori internal smartphone yang digunakan belum mencukupi kebutuhannya.

Oleh sebab itu, mereka memilih untuk menambahkan micro SD guna memberikan tambahan memori untuk menyimpan lebih banyak file dari sebelumnya.

Hal tersebut memang sah-sah saja untuk dilakukan. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang tau bagaimana cara memilih micro SD yang tepat untuk digunakan di smartphonenya.

Padahal, salah dalam memilih micro SD justru akan menyebabkan banyak masalah. Lalu apa saja masalahnya? Dan seperti apa cara memilih micro SD yang tepat untuk digunakan di dalam smartphone? Simak penjelasannya lebih lanjut di dalam artikel ini.

2 Macam Masalah yang Bisa Terjadi Karena Salah Pilih Micro SD Untuk Smartphone

Seperti yang sudah disebutkan, salah memilih micro SD yang digunakan di dalam smartphone itu bisa mengakibatkan beberapa macam masalah serius.

panduan memilih micro sd yang tepat untuk digunakan di smartphone 1028x478 » Tips Memilih Micro SD yang Tepat Untuk Smartphone Anda

Berikut ini adalah beberapa contoh masalah yang bisa terjadi hanya karena anda salah memilih micro SD untuk digunakan di smartphone:

  • Kinerja smartphone jadi terasa semakin lambat

Ketika anda menggunakan micro SD yang tipenya lebih rendah dari yang disarankan untuk digunakan di smartphone anda, maka secara otomatis micro SD tersebut justru akan berubah menjadi beban.

Karena kemampuan baca tulisnya tidak sesuai dengan yang disarankan untuk smartphone anda, maka micro SD tersebut justru akan membuat kinerja smartphone makin lama terasa makin lambat.

Hal tersebut akan semakin parah terutama ketika micro SD yang anda pasang di smartphone sudah penuh kapasitasnya.

  • File yang anda simpan di dalam micro SD berpotensi corrupt.

Selain dapat menurunkan performa smartphone, salah dalam memilih micro SD juga berpotensi menyebabkan data penting yang anda simpan di dalam micro SD corrupt.

Kenapa data yang disimpan di micro SD berpotensi corrupt? Hal tersebut disebabkan karena kecepatan baca dan tulis micro SD tidak sesuai dengan smartphone.

Jadi bisa saja ketika menyimpan data, kemampuan tulis micro SD kalah cepat dibandingkan dengan kemampuan tulis smartphone dan akhirnya data menjadi corrupt.

4 Hal yang Wajib Anda Perhatikan Ketika Mau Membeli dan Memasang Micro SD di Smartphone

Jika anda tidak mau mengalami masalah hanya karena salah dalam memilih micro SD untuk digunakan di smartphone, maka anda disarankan untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini ketika mau membeli dan memasang micro SD di smartphone anda:

  1. Cek berapa kapasitas micro SD maksimal yang bisa diterima smartphone anda

Hal pertama yang wajib anda cek sebelum membeli dan memasang micro SD di smartphone adalah berapa maksimal kapasitas micro SD yang bisa diterima smartphone anda.

Perlu anda ketahui, setiap smartphone itu memiliki kemampuan maksimal dalam membaca micro SD. Selain itu, kemampuan membaca micro SD juga berbeda dari smartphone kelas low end dengan flagship.

  1. Cek tipe micro SD yang mau anda beli

Ketika membeli micro SD, anda juga sangat disarankan untuk cek tipe micro SD. Pasalnya, ada beberapa macam tipe micro SD yang tersedia di pasaran.

Dari beberapa tipe micro SD, yang paling banyak adalah tipe SDHC dan juga SDXC. Apa perbedaan antara micro SDHC dengan micro SDXC?

Micro SDHC adalah tipe micro SD yang kapasitas maksimalnya adalah sampai 32 GB saja. Sedangkan micro SDXC adalah micro SD yang memiliki kapasitas tinggi mulai dari 64 GB hingga 1 TB.

Tipe micro SDHC sangat cocok digunakan pada smartphone kelas low end. Sedangkan micro SDXC hanya bisa digunakan pada smartphone kelas mid level hingga flagship.

  1. Cek class micro SD

Hal terakhir yang juga perlu anda cek sebelum membeli dan memasang micro SD di smartphone anda adalah classnya.

Setiap micro SD yang dijual di pasaran itu memiliki class yang berbeda-beda. Setidaknya sudah ada 5 class micro SD yang ada di pasaran yaitu class 0, class 2, class 4, class 6, dan juga class 10.

Yang dimaksud dengan class tersebut adalah untuk menunjukkan transfer rate micro SD. Jika micro SD termasuk class 2, maka micro SD tersebut memiliki transfer rate sebesar 2 MB/s dan seterusnya hingga class 10.

Makin tinggi class micro SD yang anda gunakan, maka akan semakin smooth proses yang anda rasakan ketika menyimpan ataupun membuka file yang tersimpan di dalam micro SD.

Semakin rendah class micro SD yang anda gunakan di smartphone, akan semakin terasa lemot proses membuka maupun menyimpan file di dalam micro SD tersebut.

Bagi anda yang memang sering menggunakan kamera di smartphone dan menyimpan hasil jepretan kamera di micro SD, anda lebih disarankan untuk menggunakan micro SD class 10.

Pasalnya, micro SD class 10 sudah mendukung penyimpanan file foto maupun video dengan kualitas tinggi.

Bagaimana? Sekarang anda sudah cukup paham bukan mengenai apa saja bedanya micro SD yang dijual di pasaran?

Dari penjelasan di dalam artikel ini, berapa kapasitas maksimal micro SD yang bisa anda pasang di dalam smartphone anda? Selain itu, jenis dan class micro SD apa yang nanti mau anda beli dan gunakan di smartphone anda?