Makin WOW, Begini Perkembangan Desain Layar Smartphone dari 2014 Sampai 2019

Dari sekian banyak hal yang dimiliki oleh sebuah smartphone, apa yang paling diperhatikan oleh kebanyakan pengguna?

Banyak yang mengatakan bahwa yang diperhatikan pertama kali adalah chipsetnya. Banyak yang mengatakan yang paling diperhatikan pertama kali dari sebuah smartphone adalah kameranya.

Namun ternyata, yang paling diperhatikan dari sebuah smartphone pertama kali itu adalah layarnya. Kenapa? Karena layar smartphone itu adalah visualisasi pertama yang dilihat langsung oleh pengguna.

Berbicara mengenai layar, dari tahun ke tahun ada banyak sekali perkembangan pada bagian layar smartphone. Makin lama, layar smartphone itu bukan hanya makin mewah namun juga makin minim bezel atau biasa disebut dengan bezel less.

Ada banyak sekali desain unik vendor smartphone di bagian layar untuk menciptakan kesan layar yang lebih baik dan mewah. Bagi anda yang mau tau seperti apa desain-desain layar smartphone di jaman sekarang, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

8 Macam Desain Layar Smartphone Masa Kini

Jika sudah berbicara mengenai desain layar smartphone, memang smartphone masa kini itu mulai mengalami banyak perkembangan pada bagian layarnya.

perkembangan desain layar smartphone 2014 2019 1028x557 » Makin WOW, Begini Perkembangan Desain Layar Smartphone dari 2014 Sampai 2019

Setiap vendor smartphone berlomba-lomba untuk membuat tampilan layar smartphone yang tidak hanya apik namun juga fungsional.

Berikut ini adalah beberapa desain layar smartphone masa kini yang mulai banyak digunakan oleh vendor-vendor smartphone:

  1. Layar tanpa border atau bezel less

Untuk menciptakan kesan mewah, Sharp yang pertama kali mencoba mendesain ulang tampilan layar smartphone.

Pada tahun 2014, Sharp meluncurkan Sharp Aquos Crystal dengan layar bezel less atau tanpa border. Tampilan Sharp Aquos Crystal memang benar-benar tanpa border di bagian kiri, kanan, dan juga bagian atas.

Tapi sayang, saat itu masih banyak orang yang belum menerima konsep layar tanpa border sehingga Sharp Aquos Crystal yang membawa konsep layar baru justru gagal dijual di pasaran.

Namun mulai tahun 2016, banyak vendor smartphone yang justru mencontek konsep layar bezel less dari Sharp dan menyempurnakannya. Mulai saat itulah, layar smartphone mulai makin berkembang tidak hanya teknologinya saja namun juga bentuknya.

  1. Layar round corner

Setelah desain layar bezel less booming, mulai banyak vendor smartphone yang mencari desain layar baru untuk memikat konsumen.

Saat itu, muncullah desain layar round corner. Yang dimaksud dengan layar round corner itu adalah layar smartphone memiliki bentuk tumpul di keempat sisinya.

Dengan lengkungan di keempat sisinya tersebut, tampilan smartphone jadi lebih mewah. Namun entah vendor smartphone mana yang pertama kali menggunakan desain tersebut.

Yang pasti, Google Pixel adalah salah satu smartphone yang kala itu langsung menggunakan desain round corner di layarnya.

  1. Layar edge

Jika berbicara mengenai layar smartphone, sudah pasti Samsung adalah salah satu vendor yang jadi jagoannya.

Setelah diam memperhatikan langkah dari banyak vendor, akhirnya pada tahun 2015 Samsung merilis Samsung Galaxy S6 Edge.

Pada waktu itu, Samsung Galaxy S6 Edge jelas jadi primadona. Pasalnya, Samsung Galaxy S6 Edge menggunakan desain layar baru yang disebut dengan Edge.

Yang dimaksud dengan desain layar edge tersebut adalah layar smartphone melengkung di bagian sisi kanan dan kiri.

Dengan adanya lengkungan di bagian sisi kanan dan kiri layar tersebut, secara otomatis akan tercipta ilusi bahwa smartphone tersebut menggunakan layar yang tanpa border di sisi kanan maupun kirinya.

Dan benar, Samsung Galaxy S6 Edge sukses besar di tahun 2015 dengan membawa desain layar unik, mewah dan futuristik kala itu.

  1. Layar berponi

Setelah paceklik cukup lama dalam hal desain layar smartphone, tahun 2017 Apple mencoba menggebrak pasar smartphone dengan membawa desain layar baru yang disebut dengan notch.

Ketika diperkenalkan, IPhone X yang membawa desain layar berponi atau notch tersebut seketika membuat desain layar Samsung yang disebut dengan Edge terlihat kuno.

Dengan adanya notch atau poni di bagian atas layar tersebut membuat IPhone X terlihat begitu keren. Selain keren, Apple juga dengan apiknya memanfaatkan notch di atas layar untuk menyimpan kamera depan.

Dan akhirnya, tahun 2017 menjadi tahun dimana hampir semua vendor smartphone meluncurkan produknya dengan menggunakan desain layar yang mirip-mirip dengan desain layar notch milik IPhone X.

  1. Layar water drop

Setelah cukup bosan melihat hampir semua vendor smartphone meluncurkan produk dengan desain layar notch seperti IPhone X, Oppo mengakhiri masa plagiat desain layar tersebut di tahun 2018.

Pada tahun 2018, Oppo meluncurkan seri F9 dengan desain layar yang sangat unik. Oppo F9 tetap masih memiliki notch atau poni, tapi bentuknya tidak selebar poni pada IPhone X.

Bentuk poni di smartphone Oppo F9 yang diluncurkan pada tahun 2018 itu seperti tetesan air atau lebih dikenal dengan istilah water drop.

Semenjak itu, mulai banyak vendor yang menerapkan desain tersebut di produknya. Pasalnya memang desain poni water drop itu dirasakan jauh lebih nyaman, terutama saat smartphone digunakan untuk bermain game.

Dan lagi, desain layar berponi dengan bentuk water drop itu juga membuat layar smartphone terasa lebih luas. Dan hal tersebut jadi alasan kenapa water drop masih jadi desain layar primadona hingga tahun 2019.

  1. Layar berlubang atau Infinity O

Setelah mulai bosan melihat tampilan smartphone yang tampak serupa, akhirnya Samsung kembali membuat perubahan pada desain layar.

Seperti sebelumnya, Samsung memilih Galaxy S Series untuk digunakan sebagai produk percobaan. Samsung Galaxy S10 Series keluar di pertengahan tahun 2019 dengan membawa desain layar berlubang atau yang disebut dengan infinity O.

Meskipun awalnya diragukan ketangguhannya, ternyata Samsung berhasil menepis rumor tersebut. Bahkan mulai tampak ada beberapa vendor yang mulai mengikuti menggunakan desain layar smartphone berlubang seperti yang sudah digunakan oleh Samsung.

  1. Layar lipat

Sebelum layar berlubang, sebenarnya ada desain layar smartphone yang sudah mulai dikembangkan. Desain layar smartphone sebelum layar berlubang adalah layar yang bisa dilipat.

Cukup banyak vendor smartphone yang kala itu berlomba-lomba untuk menghadirkan smartphone dengan layar yang bisa dilipat. Namun dari sekian banyak, yang benar-benar bisa meluncurkan produk smartphone dengan layar lipat hanya ada beberapa saja. Salah satunya adalah Samsung dengan Galaxy Foldnya.

Tapi seiring waktu, smartphone dengan desain layar lipat ini punya satu kendala yaitu masalah keawetan ketika digunakan. Meskipun sudah disempurnakan, ternyata keawetan Samsung Galaxy Fold masih dibawah harapan.

Oleh sebab itu, kemungkinan besar memang desain layar yang bisa dilipat ini masih akan ditangguhkan untuk sementara waktu. Pasalnya, teknologi yang dibutuhkan memang tampaknya belum mencukupi.

  1. Layar melingkar

Melihat beberapa vendor smartphone mulai kendor mengembangkan smartphone dengan menggunakan desain layar yang bisa dilipat, Xiaomi tidak tinggal diam.

Xiaomi berusaha mencuri kesempatan tersebut untuk menggebrak pasaran dengan hasil risetnya. Beberapa bulan lalu, Xiaomi meluncurkan satu smartphone yang disebut dengan Xiaomi Mi Mix Alpha.

Mi Mix Alpha bisa dikatakan memiliki desain layar yang cukup “gila”. Desain layar yang digunakan di Mi Mix Alpha ini melingkari seluruh bodi smartphone.

Hanya ada strap kecil saja yang tersisa untuk penempatan kamera. Seluruh bodi Mi Mix Alpha tersebut benar-benar dipenuhi dengan layar.

Desain layar yang dibawa Mi Mix Alpha dari Xiaomi tersebut tampaknya menutup perkembangan desain layar smartphone di tahun 2019 ini.

Setelah membaca 8 macam desain layar smartphone yang menunjukkan perkembangan smartphone dari dulu sampai sekarang, menurut anda, seperti apakah perkembangan desain layar smartphone setelah ini?