Pahami Plus Minus Layar Smartphone yang Punya Resolusi Tinggi

Smartphone yang diluncurkan di tahun 2019 ini bisa dilihat mayoritas sudah dibekali dengan layar yang ukurannya besar. Mayoritas smartphone yang dijual di tahun 2019 ini menggunakan layar dengan ukuran minimal 6 inch.

Karena mayoritas menggunakan layar yang ukurannya cukup besar, maka sudah dapat dipastikan jika resolusi layar smartphone masa kini juga makin besar. Pasalnya, hal tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah hukum sebab akibat.

Jika layar smartphone yang digunakan bertambah besar, maka secara otomatis resolusinyapun harus bertambah tinggi.

Lalu apa hubungannya antara peningkatan ukuran layar smartphone dengan resolusi layar yang makin tinggi? Apa saja plus minus dari smartphone yang saat ini mulai memiliki resolusi yang tinggi tersebut?

Bagi anda yang mau tau jawabannya, anda bisa baca penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Apa Hubungannya Antara Ukuran Layar Dengan Resolusi Layar Smartphone?

Sampai saat ini, masih banyak yang belum mengetahui mengenai apa hubungannya antara ukuran layar smartphone dengan resolusinya.

Kenapa ketika layar smartphone makin besar, mau tidak mau resolusi layarpun harus ikut ditingkatkan? Salah satu alasannya kenapa layar smartphone yang makin besar ukurannya itu harus diimbangi dengan peningkatan resolusi adalah agar pengguna merasa nyaman ketika menggunakan smartphone.

Jika layar smartphone makin besar dan resolusinya tidak ditingkatkan, maka secara otomatis layar tidak bisa menampilkan gambar dengan jelas. Hal tersebut karena piksel layar tidak bertambah.

kelebihan kekurangan layar smartphone resolusi tinggi » Pahami Plus Minus Layar Smartphone yang Punya Resolusi Tinggi

Ketika resolusinya bertambah, maka secara otomatis jumlah pikselpun akan bertambah. Ketika jumlah piksel bertambah, maka layar smartphone bisa menampilkan gambar dengan sangat halus.

Secara mudahnya, makin banyak pikselnya, maka makin bagus sebuah layar smartphone dalam menampilkan sebuah gambar.

Berbicara mengenai resolusi layar smartphone yang makin meningkat karena layar smartphone yang makin besar, hal tersebut sebenarnya juga ada plus minusnya.

Nilai Plus Smartphone yang Punya Resolusi Tinggi

Seperti yang sudah disebutkan, sebuah smartphone yang punya resolusi layar yang tinggi itu memang punya banyak nilai plus.

Berikut ini adalah beberapa nilai plus dari smartphone yang resolusi layarnya tinggi:

  • Jauh lebih nyaman ketika digunakan

Seperti sudah dijelaskan, resolusi layar yang makin tinggi itu membuat smartphone makin nyaman untuk digunakan. Hal tersebut disebabkan karena apa yang ditampilkan di dalam layar itu benar-benar smooth.

Makin tinggi resolusinya, maka akan semakin tinggi kerapatan pikselnya. Ketika kerapatan pikselnya tinggi, sudah pasti gambar yang ditampilkan layar akan makin tajam.

  • Sudut pandang mata jadi lebih luas

Selain nyaman karena gambar yang ditampilkan benar-benar smooth, layar smartphone yang resolusinya tinggi itu juga membuat sudut pandang mata jadi lebih luas.

Ketika layar smartphone makin besar, secara otomatis pengguna juga akan makin nyaman karena layar smartphone bisa menampilkan visual yang lebih luas dari sebelumnya.

  • Bisa menampilkan lebih banyak informasi

Selain membuat sudut pandang mata pengguna jadi lebih luas, smartphone yang layarnya sudah mendukung resolusi tinggi juga membuat layar smartphone bisa menampilkan lebih banyak informasi.

Ketika resolusi sebuah smartphone makin tinggi, maka jumlah pikselnya akan makin banyak. Ketika jumlah piksel makin banyak, secara otomatis layar smartphone jadi bisa menampilkan lebih banyak informasi jika dibandingkan dengan layar smartphone yang resolusinya masih kecil.

Nilai Minus Layar Smartphone yang Resolusinya Tinggi

Meskipun tampaknya punya banyak kelebihan, ternyata layar smartphone yang resolusinya tinggi itu juga punya beberapa kekurangan atau nilai minus.

Berikut ini adalah beberapa nilai minus dari layar smartphone yang resolusinya terlalu tinggi:

  • Kurang bisa dirasakan jika resolusinya terlalu tinggi

Mulai banyak vendor smartphone yang coba menghadirkan smartphone dengan layar yang punya kerapatan piksel sangat tinggi.

Namun sayangnya, penelitian membuktikan bahwa sebenarnya mata manusia itu hanya mampu menikmati apa yang ditampilkan dengan kerapatan piksel maksimal 400 ppi.

Jika melihat tampilan di layar yang memiliki kerapatan piksel lebih dari 400 ppi, sebenarnya mata manusia itu sudah tidak bisa membedakannya.

Oleh sebab itu, smartphone yang punya layar dengan kerapatan piksel lebih dari 400 ppi itu bisa dikatakan kurang begitu bermanfaat.

  • Layar dengan resolusi tinggi membebani kinerja baik CPU dan GPU

Secara visual, memang melihat apa yang ditampilkan di layar smartphone resolusi FHD+ dengan layar smartphone HD itu jelas berbeda jauh kenyamanannya.

Namun ternyata, untuk menikmati kenyamanan dari layar smartphone resolusi tinggi tersebut, secara tidak langsung CPU dan GPU smartphone dipaksa untuk bekerja lebih berat.

  • Lebih boros baterai

Sebagai imbas dari CPU dan GPU yang harus bekerja lebih berat, maka smartphone dengan layar yang resolusinya tinggi juga dipastikan lebih boros baterai dibandingkan dengan yang resolusi layarnya biasa-biasa saja.

Jadi bagaimana sekarang? Apakah ini artinya smartphone yang punya layar dengan resolusi tinggi itu jelek? Semua itu kembali lagi pada masing-masing individu. Jika anda memang mementingkan tampilan yang menawan di layar smartphone, maka pilih smartphone yang layarnya sudah punya resolusi tinggi.

Namun jika anda lebih mementingkan ketahanan baterai, maka anda bisa memilih smartphone yang resolusi layarnya masih belum terlalu tinggi. Selain itu, andapun bisa menurunkan resolusi layar di smartphone yang anda miliki.