Beli Smartphone Untuk Tujuan Fotografi? Perhatikan Hal Penting Ini Dulu

Kalau dibandingkan dengan tahun 2000-an, memang dunia fotografi saat ini dan dulu itu benar-benar berbeda. Di jaman dulu, mayoritas foto itu diambil menggunakan kamera DSLR, dan sebagian menggunakan kamera pocket.

Tapi jika dilihat sekarang, mayoritas foto sudah diambil sepenuhnya dengan menggunakan kamera smartphone saja. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi kamera yang dibenamkan di dalam smartphone itu memang terus berkembang.

Dan bisa dikatakan, teknologi kamera yang dibenamkan di dalam smartphone zaman sekarang itu sudah cukup untuk menggantikan fungsi dari kamera pocket ataupun bahkan kamera DSLR.

Namun sekali lagi, kalau benar-benar mau menekuni dunia fotografi mobile, anda harus pilah pilih dulu dengan hati-hati. Soalnya tidak semua smartphone masa kini itu bisa digunakan secara maksimal untuk kegiatan fotografi mobile.

Bagi anda yang tertarik untuk membeli smartphone dan khusus mencari kameranya, anda harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum membeli sebuah smartphone.

Baca lebih lanjut mengenai apa saja yang perlu anda perhatikan ketika mau membeli smartphone yang bisa digunakan secara maksimal untuk fotografi mobile di dalam artikel ini.

Ini 6 Macam Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Ketika Mau Membeli Smartphone Untuk Fotografi

Sebenarnya ada cukup banyak sekali hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika anda mau membeli smartphone untuk tujuan fotografi.

pertimbangan beli smartphone untuk fotografi mobile 1028x578 » Beli Smartphone Untuk Tujuan Fotografi? Perhatikan Hal Penting Ini Dulu

Namun dari sekian banyak, ada 6 hal yang bisa dikatakan jadi fundamentalnya. Berikut ini adalah 6 hal penting yang wajib anda perhatikan saat memilih smartphone untuk fotografi:

  1. Ukuran aperture

Hal penting pertama yang harus anda perhatikan ketika mau membeli sebuah smartphone karena anda butuh kameranya adalah pada ukuran aperturenya.

Aperture ini adalah besar kecilnya diafragma lensa. Semakin besar aperturenya, maka akan semakin banyak cahaya yang bisa ditangkap. Jika makin banyak cahaya yang bisa ditangkap, otomatis hasil fotopun akan makin bagus.

Untuk melihat aperture ini, biasanya dituliskan dalam bentuk f /1.5, f /1.9 dan masih banyak lagi. Makin kecil angka yang dituliskan, maka semakin besar bukaan cahayanya.

  1. Ukuran micron pixel

Banyak orang hanya fokus pada ukuran piksel kamera ketika mau membeli sebuah smartphone. Piksel kamera memang penting. Namun ada yang lebih penting lagi jika tujuan anda adalah akan menggunakan smartphone tersebut untuk mobile fotografi.

Yang lebih penting dari piksel kamera adalah micron piksel. Yang dimaksud dengan micron piksel ini adalah sensor yang menunjukkan seberapa banyak cahaya yang bisa diterima sebuah sensor kamera.

Micro pixel ini biasanya dituliskan dalam bentuk 1.4 um pixel. Makin kecil nilainya, maka makin besar cahaya yang bisa diterima oleh sensor kameranya.

  1. Ukuran layar smartphone

Terlepas dari kameranya sendiri, ketika anda mau membeli sebuah smartphone yang nantinya lebih sering anda gunakan untuk mobile fotografi, anda juga disarankan untuk memilih yang ukuran layarnya besar.

Kenapa? Karena makin besar ukuran layarnya, maka anda akan makin mudah dalam melihat obyek yang akan anda foto. Selain itu, andapun akan makin mudah mengakses berbagai menu kamera di dalam smartphone anda.

  1. OIS (Optical Image Stabilization)

Selain dari sensornya, anda juga sangat disarankan untuk memilih smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur OIS.

Apa yang dimaksud dengan fitur OIS itu? OIS adalah kepanjangan dari Optical Image Stabilization. OIS ini adalah satu fitur yang mampu mengurangi foto blur akibat tangan bergoyang ketika mengambil foto.

Dengan adanya fitur OIS ini, anda tidak perlu khawatir ketika mau mengambil foto menggunakan smartphone dengan tanpa menggunakan tripod sekalipun. Pasalnya, hasil foto yang anda ambil dijamin fokus meskipun tangan anda sedikit bergoyang ketika mengambil foto tersebut.

  1. Macam lensa yang dibenamkan di dalam smartphone

Selain OIS, anda yang mau membeli smartphone karena lebih butuh kameranya juga disarankan untuk memperhatikan macam-macam lensa yang dibenamkan di dalam smartphone.

Sebisa mungkin, pilih smartphone yang minimal sudah dibekali dengan lensa ultrawide, telephoto, serta macro. Pasalnya, 3 jenis lensa tersebut akan benar-benar membantu anda dalam mengabadikan berbagai foto-foto yang berkualitas nantinya.

  1. Pengaturan ISO

Hal penting yang terakhir yang harus ada di dalam smartphone yang mau anda beli untuk fotografi mobile adalah fitur pengaturan ISO secara manual.

Dengan adanya fitur pengaturan ISO manual ini, maka andapun bisa dengan mudah mengatur level ISO sesuai dengan kondisi obyek yang mau anda foto.

Jika anda bisa mendapatkan smartphone yang punya 6 hal yang sudah dijabarkan di dalam artikel ini, sebenarnya anda sudah tidak membutuhkan lagi kamera DSLR. Pasalnya, smartphone anda itu saja sudah bisa menghasilkan foto yang sangat berkualitas.