Punya 3 Kamera dan Pakai Chipset Snapdragon 665, Moto G8 Plus Siap Tempur di Brazil

Setelah meluncurkan seri G di awal tahun 2019 ini, akhirnya Motorola akan segera meluncurkan penerus seri G tersebut di bulan Oktober 2019 ini.

Pada tanggal 24 Oktober 2019 nanti tepatnya, Motorola dikabarkan akan memboyong Moto G8 Plus di sebuah acara bergengsi yang diadakan di Brazil.

Moto G8 Plus adalah penerus dari generasi Moto G yang sudah diluncurkan sebelumnya. Sebagai penerus, jelas Moto G8 Plus ini akan membawa cukup banyak peningkatan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Seperti apa saja peningkatan yang dibawa Moto G8 Plus? Intip dulu spesifikasi lengkap dari Moto G8 Plus sebelum diluncurkan tanggal 24 Oktober melalui artikel ini.

Desain Bodi Moto G8 Plus Diperbarui

Jika dilihat dari bagian depan, memang Moto G8 Plus tampak tidak mengalami banyak perubahan. Desain layar yang digunakan pada Moto G8 Plus masih mirip seperti yang digunakan pada Moto G7 Series sebelumnya.

Namun jika dilihat dari bagian cover belakangnya, tampak sangat jelas bahwa Moto G8 Plus ini mengalami perombakan desain di bagian camera housingnya.

review fitur spek motorola moto g8 plus 1028x624 » Punya 3 Kamera dan Pakai Chipset Snapdragon 665, Moto G8 Plus Siap Tempur di Brazil

Moto G8 Plus tidak lagi menggunakan desain camera housing seperti di Moto G7 Series yang berbentuk lingkaran. Kamera utama Moto G8 Plus dijajar secara vertikal di bagian pojok kiri atas cover.

Namun meskipun penempatan kamera utamanya berubah, Moto G8 Plus masih menempatkan sensor fingerprint di tengah cover dengan sekaligus menampilkan logo khas Motorola.

Layar Sedikit Lebih Besar dari Moto G7 Series

Pada bagian layar, Moto G8 Plus bisa dikatakan memang tidak tampak mengalami banyak perubahan dari Moto G7 Series.

Pasalnya, desain layar yang digunakan pada Moto G8 Plus masih sama dengan yang dulu digunakan Moto G7 Series. Moto G8 Plus masih menggunakan desain layar berponi dengan bentuk tetesan air.

Namun sebenarnya, ada cukup banyak perubahan pada layar Moto G8 Plus jika dibandingkan dengan Moto G7 Series. Perubahan yang pertama adalah pada ukuran layarnya.

Moto G8 Plus menggunakan layar yang ukurannya 6.3 inch. Sedangkan Moto G7 Series hanya menggunakan layar berukuran 6.2 inch.

Karena layarnya sedikit lebih besar, maka Moto G8 Plus juga punya resolusi layar yang lebih besar yaitu 2280 piksel X 1080 piksel atau biasa disebut dengan resolusi FHD+.

Untuk panelnya, kemungkinan besar Moto G8 Plus masih menggunakan teknologi panel layar yang sama yaitu IPS LCD. Namun demikian, hal tersebut belum bisa dipastikan karena memang belum ada informasi lebih lengkap mengenai detail panel yang dibenamkan di dalam perangkat ini.

Jeroan Meningkat Drastis dari Moto G7 Series

Peningkatan memang kurang begitu bisa dirasakan pada layar. Namun di bagian jeroan, Moto G8 Plus benar-benar bisa dirasakan peningkatannya.

Hal tersebut disebabkan karena Moto G8 Plus sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon yang serinya lebih tinggi dari Moto G7 Series.

Moto G8 Plus dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 665 yang didalamnya terdapat kombinasi CPU Kryo 260 Gold dan Kryo 260 Silver. CPU yang ada di dalam chipset tersebut juga sudah memiliki 8 inti dengan kecepatan maksimal 2.0 Ghz.

Chipset Qualcomm Snapdragon 665 sendiri sudah dibuat menggunakan teknologi fabrikasi 11 nm. Sedangkan Moto G7 Series masih menggunakan chipset yang difabrikasi dengan teknologi 14 nm.

Hanya saja, untuk urusan memori, Moto G8 Plus masih sama seperti Moto G7 Series. Moto G8 Plus masih membawa RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Selain itu, Moto G8 Plus juga dilengkapi dengan slot memori internal yang bisa menampung microSD dengan kapasitas maksimal 128 GB.

Dan semua jeroan Moto G8 Plus ini nantinya akan langsung menjalankan sistem operasi Android 9 sebagai sistem operasi bawaannya. Untuk sistem antarmuka, Moto G8 Plus kemungkinan besar akan menggunakan sistem antarmuka One UI.

Triple Kamera 48 MP dan Kamera Selfie 25 MP

Pada bagian kamera, Moto G8 Plus ini memang tampak seperti memiliki 4 buah kamera di bagian belakang. Namun ternyata, Moto G8 Plus ini hanya dibekali dengan 3 buah kamera saja.

Satu lubang yang berada di antara kamera ketiga dengan LED ternyata tidak berisi lensa. Lubang tersebut digunakan sebagai tempat untuk menyimpan laser auto fokus.

Konfigurasi 3 kamera Moto G8 Plus terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera 16 MP jenis ultrawide dengan sudut 117 derajat, kamera 5 MP jenis depth sensor.

Sedangkan pada bagian depan, Moto G8 Plus ini dibekali dengan kamera selfie 25 MP yang diletakkan tepat di cekungan berbentuk tetesan air.

Kapasitas Baterai Jauh Lebih Besar

Bukan hanya punya layar yang sedikit lebih besar saja, Moto G8 Plus juga dikabarkan akan menggendong baterai yang kapasitasnya jauh lebih besar dari Moto G7 Series.

Moto G8 Plus dikabarkan akan menggendong baterai 4.000 mAh. Kapasitas baterai tersebut jelas mengalami peningkatan drastis jika dibandingkan dengan baterai Moto G7 Series yang hanya 3.000 mAh saja.

Bukan hanya itu saja, Moto G8 Plus juga bakalan dibekali dengan fitur TurboPower fast charging melalui USB tipe C.

Dari kabar yang beredar, Moto G8 Plus ini nantinya juga akan tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu merah dan biru saja. Namun sayangnya, belum ada informasi mengenai berapa kisaran harga jual Moto G8 Plus.

Kemungkinan besar harga jualnya baru akan diinformasikan saat Moto G8 Plus diluncurkan di Brazil pada tanggal 24 Oktober 2019 nanti.