Tecno Camon 12 Air, Smartphone Murah Dengan Spek Mewah

Di tahun 2019 ini, India memang tampaknya jadi target market dari banyak vendor smartphone. Bahkan Tecno yang merupakan salah satu vendor smartphone Android asal tirai bambu pun memberikan prioritas dengan meluncurkan  smartphone terbarunya di negara asal politikus populer Mahatma Gandhi ini.

Pada tanggal 12 Oktober 2019 kemarin, Tecno secara resmi meluncurkan Tecno Camon 12 Air. Sekilas memang Tecno ini bukanlah vendor smartphone yang terkenal. Namun jika dilihat, smartphone yang baru saja diluncurkan ini punya cukup banyak fitur yang menarik.

Dan yang paling menariknya, Tecno Camon 12 Air ini dijual dengan kisaran harga yang sangat murah.

Mau tau seperti apa spesfiikasi dan juga fitur dari Tecno Camon 12 Air yang baru saja rilis di India? Mau tau juga berapa harga jual dari smartphone tersebut? Jika anda mau tau lebih lengkap mengenai Tecno Camon 12 Air, anda bisa cek spesifikasi lengkapnya di dalam artikel ini.

Desain Bodi Tecno Camon 12 Air Nan Minimalis dan Elegan

Meskipun masuk kategori smartphone super budget, tidak berarti Tecno Camon 12 Air punya tampilan yang jelek.

Tecno Camon 12 Air justru hadir dengan tampilan desain bodi yang begitu apik seperti kebanyakan smartphone masa kini. Desain bodi yang digunakan smartphone ini memang sangat minimalis.

review fitur harga spek hp android tecno camon 12 air 1028x571 » Tecno Camon 12 Air, Smartphone Murah Dengan Spek Mewah

Namun karena desain minimalisnya itu, Tecno Camon 12 Air jadi lebih terkesan elegan meskipun merupakan smartphone entry level.

Pada bagian depan, Camon 12 Air tampak benar-benar menawan dengan layar besar yang hampir penuh tanpa border. Sedangkan pada bagian belakang, tampak dengan jelas 3 buah kamera dijejer secara vertikal di pojok kiri atas.

Tak lupa, di cover belakang bagian tengah smartphone ini juga tampak disematkan sensor pemindai sidik jari.

Layar 6.55 Inch Dengan Aspek Rasio 20:9

Masuk pada bagian layar, Tecno Camon 12 Air memiliki layar yang ukurannya sesuai dengan smartphone masa kini.

Ukuran layar Tecno Camon 12 Air ini adalah 6.55 inch. Layar Tecno Camon 12 Air ini makin terasa luas dengan digunakannya desain hole punch  di pojok kiri atas untuk mengakomodasi kamera selfie di bagian depan.

Karena desain hole punch itu pula, Tecno Camon 12 Air ini berhasil mendapatkan rasio screen to bodi yang cukup tinggi yaitu sebesar 90.3%.

Untuk panelnya, Tecno Camon 12 Air ini memang tidak dijabarkan dengan jelas. Namun kemungkinan besar Tecno Camon 12 Air ini sudah menggunakan panel IPS LCD. Resolusi panel yang didukung Tecno Camon 12 Air ini juga sudah HD+.

Dan yang lebih menarik lagi, layar Tecno Camon 12 Air ini menggunakan aspek rasio 20:9 yang memang baru-baru ini mulai sering digunakan oleh beberapa vendor smartphone terkenal.

Pakai SoC Mediatek Helio P22

Karena masuk sebagai kategori smartphone entry level, sudah dapat dipastikan untuk masalah jeroan, Tecno Camon 12 Air ini akan lebih condong kepada SoC dari Mediatek.

Tecno Camon 12 Air ini dijejali dengan SoC Mediatek Helio P22. SoC yang digunakan di dalam Tecno Camon 12 Air ini sudah memiliki CPU 8 inti dengan kecepatan maksimal hingga 2.0 Ghz.

Sedangkan untuk urusan penyimpanan data, Tecno Camon 12 Air ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 64 GB. Tak lupa, Tecno Camon 12 Air ini juga dilengkapi dengan RAM berkapasitas 4 GB.

Selain itu, Tecno Camon 12 Air juga masih memiliki slot memori eksternal yang bisa dipasangi dengan microSD dengan kapasitas maksimal 256 GB.

Untuk urusan sistem operasinya, Tecno Camon 12 Air akan menjalankan sistem operasi Android 9 atau Android Pie sebagai default OSnya. Sedangkan untuk sistem antarmuka, Tecno Camon 12 Air ini akan menggunakan sistem antarmuka hiOS 5.5.

Triple Kamera 16 MP dan Kamera Selfie 8 MP Wide Angle

Yang paling menarik dari Tecno Camon 12 Air adalah pada bagian kameranya. Sebagai smartphone kelas entry level, smartphone ini dibekali dengan 3 buah kamera di bagian belakang.

Konfigurasi 3 kamera di bagian belakangnya terdiri dari kamera utama 16 MP dengan aperture f/1.8, kamera 5 MP 120 derajat wide angle, dan kamera 2 MP depth sensor.

Selain punya konfigurasi 3 kamera, Tecno Camon 12 Air juga dilengkapi dengan quad LED di bagian belakang. Dan lagi, konfigurasi 3 kamera utamanya juga sudah dilengkapi dengan fitur khusus seperti AI HDR, AI Beauty, Bokeh Mode, dan juga Google Lens.

Sedangkan di bagian depan, Tecno Camon 12 Air ini dilengkapi dengan kamera 8 MP yang memiliki sudut tangkapan sebesar 81 derajat. Dengan kamera tersebut, pengguna bisa mengambil foto selfie dengan background yang lebih luas dengan posisi portrait.

Baterai Besar Dengan Fitur Canggih

Nilai plus dari Tecno Camon 12 Air tidak hanya berhenti sampai pada bagian kameranya saja. Tecno Camon 12 Air ini juga dibekali dengan baterai yang sangat WOW untuk ukuran smartphone entry level.

Smartphone ini menggendong baterai Li-Po non removable dengan kapasitas 4.000 mAh. Dan tidak hanya itu saja, untuk memaksimalkan penggunaan baterai ini, Tecno Camon 12 Air ini juga dilengkapi dengan fitur AI management battery.

Menurut kabarnya, fitur tersebut bisa memaksimalkan penggunaan daya baterai sehingga Tecno Camon 12 Air bisa digunakan lebih lama lagi dalam satu kali pengisian daya baterai.

Sayangnya, smartphone ini belum dibekali dengan fitur pengisian daya baterai cepat. Namun hal tersebut cukup wajar mengingat Tecno Camon 12 Air ini adalah smartphone entry level.

Camon 12 Air ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu Stellar Purple dan Baby Blue. Smartphone ini sudah dijual mulai tanggal 12 Oktober 2019 di India. Kisaran harganya adalah 9.999 Rupee atau setara dengan 1,9 juta Rupiah.