Ternyata Ini Kelebihan SoC Mediatek G Series Ketika Digunakan Untuk Bermain Game

Mediatek yang menjadi salah satu produsen chipset untuk smarpthone memang mulai masuk kedalam segmen gaming. Di pertengahan tahun 2019 lalu, Mediatek meluncurkan chipset G series. Chipset G series tersebut diluncurkan khusus untuk smartphone yang akan fokus digunakan untuk gaming.

Ada 2 chipset Mediatek G series yang sudah diluncurkan ke pasaran. 2 chipset tersebut adalah Mediatek Helio G90 dan Mediatek Helio G90T.

Lalu apakah chipset Mediatek G series tersebut memang punya banyak kelebihan jika dibandingkan dengan chipset Mediatek seri biasa? Apa saja kelebihannya?

Bagi anda yang penasaran dengan kelebihan dari chipset Mediatek G Series dibandingkan dengan chipset Mediatek biasa, anda bisa simak apa saja kelebihan Mediatek G Series tersebut di dalam artikel ini.

Ini 4 Kelebihan Chipset Mediatek G Series Dilihat dari Fitur yang Dibawanya

Jika dilihat, memang spesifikasi yang dibawa di chipset Mediatek G Series ini tidak begitu berbeda dengan chipset Mediatek biasa.

Namun jika dilihat dari fiturnya, chipset Mediatek G Series ini memang membawa fitur khusus yang diberi nama HyperEngine. Fitur HyperEngine tersebut adalah fitur yang hanya ada di chipset Mediatek G Series ini.

keunggulan soc mediatek g series untuk main game 1028x685 » Ternyata Ini Kelebihan SoC Mediatek G Series Ketika Digunakan Untuk Bermain Game

Fungsi dari fitur HyperEngine tersebut adalah untuk memaksimalkan performa smartphone khususnya ketika digunakan bermain game. Lalu apa kelebihan adanya fitur HyperEngine di dalam chipset Mediatek G Series tersebut?

Berikut ini adalah kelebihan chipset Mediatek G Series jika dilihat dari adanya fitur HyperEngine di dalamnya:

  1. Meningkatkan kecepatan network di smartphone

Kelebihan pertama dari chipset Mediatek G Series adalah bisa meningkatkan kecepatan network di smartphone.

Hal tersebut disebabkan karena di dalam chipset Mediatek G Series tertanam fitur AI untuk memprediksi kemungkinan penurunan kecepatan koneksi internet.

Selain punya fitur AI, chipset Mediatek G Series ini juga bisa meningkatkan kecepatan network karena sudah mendukung penggunaan 2 jaringan WIFI secara bersamaan.

Dengan bisa menggunakan 2 jaringan WIFI secara bersamaan, maka smartphone yang sudah dibekali dengan chipset Mediatek G Series ini akan bisa mengurangi risiko terputus dari server ketika sedang bermain game online.

Dan yang lebih menarik lagi, smartphone yang menggunakan chipset Mediatek G Series inipun bisa secara otomatis menunda panggilan telepon yang masuk tanpa mengurangi kecepatan network.

  1. Mempercepat respon sentuhan

Selain bisa meningkatkan kecepatan network, chipset Mediatek G Series juga bisa meningkatkan respon sentuhan jari di layar smartphone.

Jadi dengan menggunakan smartphone yang sudah dibekai chipset Mediatek G Series, anda tidak akan merasakan delay saat menekan tombol apapun.

Hal tersebut disebabkan karena chipset Mediatek G Series ini memiliki proses renderingnya 60% lebih cepat dari seri chipset Mediatek biasa.

Oleh sebab itu, kemungkinan untuk mengalami lag maupun delay saat bermain game di smartphone yang dibekali chipset Mediatek G Series ini sangatlah kecil.

  1. Memastikan setiap komponen penting di dalam chipset bisa berfungsi secara optimal

Fitur HyperEngine yang dibawa di chipset Mediatek G Series tidak hanya bisa mempercepat koneksi internet dan juga respon sentuhan di layar saja.

Fitur HyperEngine di chipset Mediatek G Series juga dapat memastikan semua komponen penting di dalam smartphone bisa berfungsi secara optimal.

Dengan adanya fitur HyperEngine tersebut komponen smartphone seperti GPU, CPU, dan juga memori bisa berfungsi sesuai dengan yang dibutuhkan.

Jadi CPU, GPU, dan memori smartphone bisa berfungsi secara dinamis sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, secara otomatis konsumsi daya bateraipun jadi lebih efisien sehingga smartphone yang dibekali dengan chipset Mediatek G Series bisa digunakan untuk bermain game lebih lama.

  1. Meningkatkan kualitas visual

Yang terakhir, kelebihan chipset Mediatek G Series yang dibekali dengan fitur HyperEngine adalah bisa meningkatkan kualitas visual.

Secara otomatis, GPU yang dibenamkan di dalam chipset Mediatek G Series bisa meningkatkan FPS untuk memastikan kenyamanan saat smartphon digunakan untuk bermain game.

Selain itu, GPU di dalam chipset Mediatek G Series juga mampu meningkatkan kontras, tekstur, ketajaman warna yang ditampilkan di layar smartphone selama digunakan untuk bermain game.

Bagaimana? Chipset Mediatek G Series ini sudah tampak mumpuni bukan untuk digunakan bermain game mobile masa kini?

Setelah mengetahui kelebihan dari chipset Mediatek G Series ini, apakah anda tertarik untuk mencoba menggunakan smartphone yang dibekali dengan chipset tersebut? Ataukah anda lebih memilih menggunakan smartphone dengan chipset Snapdragon dan HiSilicon Kirin?