WOW, Ini Ragam Macam Integrasi Teknologi AI di Smartphone Masa Kini

Makin lama, smartphone memang makin canggih saja. Karena makin canggih, makin banyak fitur yang disematkan di dalam sebuah smartphone.

Berbicara masalah fitur, banyak smartphone masa kini yang sudah dilengkapi dengan teknologi AI atau Artificial Intelligence. Teknologi kecerdasan buatan ini di smartphone sendiri sudah diintegrasikan kedalam berbagai macam fungsi.

Sayangnya, meskipun smartphone sudah banyak yang dilengkapi teknologi AI, belum banyak pengguna yang tau apa itu teknologi AI dan bagaimana cara menggunakannya dengan maksimal.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah cukup paham dengan apa itu teknologi AI yang terpasang di dalam mayoritas smartphone masa kini? Bagi anda yang belum tau dimana saja teknologi AI tersebut diintegrasikan di dalam sebuah smartphone, anda bisa cek hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 6 Integrasi Teknologi AI di Smartphone Masa Kini

Berbicara soal teknologi AI, smartphone masa kini itu sebenarnya sudah dilengkapi dengan banyak sekali jenis fitur AI di dalamnya.

pahami teknologi ai pada smartphone 1028x578 » WOW, Ini Ragam Macam Integrasi Teknologi AI di Smartphone Masa Kini

Berikut ini adalah beberapa integrasi teknologi AI di kebanyakan smartphone zaman sekarang:

  1. AI pada fitur virtual asisten

Integrasi teknologi AI pertama di smartphone zaman sekarang adalah pada fitur AI virtual asisten.

Sudah banyak vendor smartphone yang membuat virtual asisten khusus untuk mempermudah pengguna melakukan berbagai macam hal menggunakan smartphone.

Fitur virtual asisten di smartphone tersebut dilengkapi dengan teknologi AI. Kenapa? Karena fitur virtual asisten masing-masing smartphone itu bisa mempelajari kebiasaan penggunanya.

Dengan begitu, virtual asisten di smartphone benar-benar bisa sesuai dengan personalisasi dari penggunanya.

  1. AI pada gaming mode

Teknologi AI bukan hanya bisa ditemukan pada fitur virtual asisten saja, baru-baru ini mulai banyak vendor smartphone yang membenamkan teknologi AI untuk memaksimalkan performa smartphone hanya ketika digunakan untuk bermain game saja.

Jika anda perhatikan, mulai banyak smartphone masa kini yang dibekali dengan fitur gaming mode. Ketika fitur tersebut aktif, maka secara otomatis smartphone akan berusaha memaksimalkan kenyamanan pengguna selama bermain game.

Teknologi AI yang diintegrasikan di gaming mode ini biasanya membuat GPU dan CPU mengalami peningkatan kinerja. Selain itu, teknologi AI juga digunakan untuk memaksimalkan gaya bermain game pengguna smartphone itu sendiri.

Dengan adanya teknologi AI yang diintegrasikan dalam fitur gaming mode, smartphonepun bisa memaksimalkan penggunaan daya baterai ketika digunakan untuk bermain game.

  1. AI face shaping di kamera depan

Selain mulai diintegrasikan di fitur gaming mode, teknologi AI di smartphone saat ini juga mulai digunakan di kamera.

Salah satu contoh penggunaan teknologi AI di kamera adalah AI face shaping. AI face shaping adalah satu teknologi khusus yang membuat kamera depan sebuah smartphone bisa mendeteksi kekurangan di bentuk wajah seseorang kemudian menyempurnakannya di dalam foto.

AI face shaping yang diintegrasikan di kamera depan smartphone ini lebih dikenal dengan istilah AI beautification. Dengan adanya integrasi teknologi AI ini, smartphone masa kini bisa menciptakan satu foto selfie yang lebih baik dari aslinya.

  1. AI scene recognition di kamera utama

Selain kamera depan, teknologi AI juga diintegrasikan di kamera utamanya. Fitur kamera utama hasil integrasi dari teknologi AI adalah AI scene recognition.

Yang dimaksud dengan fitur AI scene recognition ini adalah satu fitur khusus dimana kamera utama sebuah smartphone bisa mendeteksi obyek-obyek yang tertangkap kamera.

Dengan bisa mendeteksi obyek-obyek yang tertangkap kamera, secara otomatis kamera utama smartphone masa kini bisa menyesuaikan pengaturan kamera untuk menghasilkan foto terbaik dari obyek yang tertangkap kamera tersebut.

  1. AI portrait framing di kamera depan

Bukan hanya AI Beautification saja, kamera depan smartphone masa kini juga sudah disematkan dengan fitur khusus yang disebut dengan AI portrait framing. Fitur tersebut adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk mengambil foto dengan komposisi terbaik dengan mode portrait.

Fitur AI portrait framing tersebut adalah salah satu contoh fitur yang berjalan dengan menggunakan teknologi AI. Ketika kamera depan diaktifkan, fitur AI portrait framing ini akan langsung mendeteksi obyek serta menyarankan pengambilan foto portrait paling maksimal sesuai dengan kondisi pengguna saat itu juga.

  1. AI LED kamera

Yang terakhir, teknologi AI juga mulai banyak digunakan di bagian LED kamera smartphone. Dengan menggunakan teknologi AI, pencahayaan yang dihasilkan oleh LED kamera smartphone juga jadi bisa disesuaikan dengan kondisi sekitarnya.

Dengan begitu, tidak ada lagi masalah pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu redup ketika mengabadikan foto dengan menggunakan smartphone.

Pasalnya, LED kamera smartphone masa kini sudah bisa mengukur secara otomatis seberapa banyak intensitas cahaya yang dibutuhkan sensor kamera untuk bisa mengabadikan obyek yang sedang ditangkap di kamera saat itu juga.

Jadi bagaimana? Cukup banyak bukan integrasi dari teknologi AI di dalam smartphone masa kini itu? dari 6 macam integrasi teknologi AI di smartphone masa kini yang sudah dibahas di dalam artikel ini, mana yang sudah pernah anda coba gunakan?