TCL Palm, Smartphone Imut Bersertifikasi IP68

Semenjak mengakuisisi brand Alcatel dan juga Blackberry, TCL tampak makin berani unjuk gigi di sektor smartphone. Beberapa waktu lalu, muncul informasi mengenai sebuah smartphone mungil di TENAA. Smartphone mungil tersebut adalah TCL Palm.

TCL Palm sebenarnya adalah versi rebranding dari smartphone Palm Pepito yang sudah diluncurkan tahun 2018 lalu. Hanya saja, Palm Pepito adalah smartphone yang diluncurkan khusus untuk berkolaborasi dengan Verizon saja.

Oleh sebab itu, kemungkinan besar memang TCL ingin mencoba meluncurkan smartphone tersebut sendiri dengan melakukan rebranding menjadi TCL Palm.

Lalu seperti apakah spesifikasi dari TCL Palm yang muncul di TENAA tersebut? Berapa kisaran harganya? Cek lebih lengkap mengenai smartphone TCL yang imut tersebut di dalam artikel ini.

Desain Bodi Minimalis Dengan Material Pilihan

Jika dilihat, memang TCL Palm punya ukuran yang cukup mungil. Sekilas memang bodi TCL Palm ini tampak sangat minimalis.

Namun ternyata, desain minimalis TCL Palm itu adalah salah satu kelebihannya. Selain itu, TCL Palm juga dibuat menggunakan material yang cukup kuat.

bocoran fitur spek hp android tcl palm 1028x514 » TCL Palm, Smartphone Imut Bersertifikasi IP68

Pada bagian frame atau rangkanya, TCL Palm ini terbuat dari material aluminium. Sedangkan pada bagian depan dan belakang, TCL Palm ini dilindungi dengan lapisan kaca khusus dari Corning Gorilla Glass.

Jadi meskipun tampilannya begitu minimalis, smartphone mungil buatan TCL ini dijamin sangat tangguh.

Selain dibuat dari material yang kuat, TCL Palm ini juga sudah mengantongi sertifiksi IP68. Itu artinya, smartphone mungil buatan TCL ini sudah dipastikan anti air dan juga debu.

Layar Mungil 3.3 Inch

Yang paling menarik dari TCL Palm sebenarnya ada pada ukurannya. Smartphone satu ini bisa dikatakan mendobrak stigma smartphone masa kini yang memiliki ukuran besar.

TCL Palm justru memiliki ukuran yang bisa dikatakan sangat mungil. Layarnya saja hanya memiliki ukuran 3.3 inch.

Namun dibalik mungilnya ukurannya, TCL Palm tetap bisa memberikan banyak kelebihan. Contohnya, TCL Palm ini menggunakan panel high pixel density LCD yang punya kerapatan piksel cukup tinggi yaitu 445 ppi.

Oleh sebab itu, meskipun layarnya sangat mungil, TCL Palm ini tetap bisa mendukung resolusi HD yaitu 720 piksel X 1280 piksel.

Dapur Pacu Cukup Memadai

TCL Palm memang tidak dibuat untuk penggunaan ekstrim. Seperti tagline yang dibawanya yaitu smartphone yang paling cocok untuk mereka yang mau meninggalkan smartphone berukuran besar.

Oleh sebab itu, jangan harapkan smartphone mungil buatan TCL ini dibekali dengan dapur pacu yang begitu garang. Smartphone ini memang hanya akan membawa SoC Qualcomm Snapdragon 435 saja.

SoC Qualcomm Snapdragon 435 ini memang bukanlah SoC seri tinggi. Biasanya memang SoC ini digunakan di smartphone kelas entry level. Pasalnya, CPU 8 inti yang ada di dalamnya juga hanya memiliki kecepatan maksimal 1.4 Ghz saja.

Namun demikian, performa SoC Qualcomm Snapdragon 435 ini masih sangat mumpuni ketika digunakan untuk membuka aplikasi yang sering digunakan sehari-hari.

Selain itu, performa TCL Palm juga masih terasa nyaman ketika digunakan berkat adanya RAM berkapasitas 3 GB yang dikawinkan dengan memori internal 32 GB. Dan untuk sistem operasinya, TCL Palm ini masih menggunakan sistem operasi Android 8.1.

Single Kamera Utama dan Kamera Selfie

Karena dimensinya sangat mungil, sudah pasti TCL Palm juga tidak akan membawa banyak kamera seperti smartphone masa kini.

Smartphone mungil dari TCL ini hanya akan dibekali dengan satu buah kamera di bagian depan maupun di bagian belakang.

Di bagian depan, smartphone ini akan memiliki kamera selfie dengan resolusi 8 MP. Sedangkan di bagian belakang, smartphone ini memiliki kamera utama dengan resolusi 12 MP.

Fitur Unggulan TCL Palm

Meskipun tampilannya biasa-biasa saja dan dapur pacunyapu tampak tidak begitu menonjol, namun TCL Palm ini punya cukup banyak fitur yang menarik.

Berikut ini adalah beberapa contoh fitur menarik yang dimiliki smartphone mungil buatan TCL ini:

  • Life Mode

Fitur khusus yang membuat smartphone buatan TCL ini tidak terkoneksi dengan jaringan apapun ketika layar dalam kondisi mati.

Fitur satu ini digunakan untuk mengurangi gangguan ketika pengguna sedang ingin fokus mengerjakan sesuatu.

  • Facial recognition

Meskipun ukurannya kecil, TCL Palm juga sudah dibekali dengan face recognition untuk menjaga agar smartphone mungil ini tidak bisa diotak atik oleh sembarang orang.

  • Gesture pad

Smartphone Palm buatan TCL ini juga sudah dilengkapi dengan fitur gesture pad yang membuat pengguna bisa lebih cepat dalam mengakses aplikasi apapun.

Pengguna hanya perlu menuliskan huruf tertentu saja untuk membuka aplikasi yang terpasang di dalam smartphone.

Baterai Tahan Hingga 3 Hari

TCL Palm juga punya kelebihan pada baterainya. Meskipun dimensi smartphone ini cukup mungil, namun ternyata di dalamnya terdapat baterai yang cukup irit.

Menurut klaimnya, TCL Palm ini bisa bertahan selama 3 hari tanpa melakukan pengisian daya sama sekali ketika dalam mode stand by.

Sayangnya, tidak ada informasi sama sekali mengenai berapa kapasitas baterai yang dibawa TCL Palm ini.

Hanya saja, dapat dipastikan bahwa TCL Palm ini sudah menggunakan port USB tipe C untuk pengisian daya baterainya. Selain itu, proses pengisian daya baterainya juga cukup cepat.

Untuk melakukan pengisian daya baterai dari 0% sampai 51% hanya dibutuhkan waktu 31 menit saja. Sedangkan dari 0% sampai 100% hanya dibutuhkan waktu 68 menit saja.

Lalu berapa harga TCL Palm ini? Sampai saat ini, memang belum ada informasi mengenai berapa smartphone ini akan dijual. Namun kemungkinan besar TCL Palm ini akan dijual lebih murah dari versi khususnya yang dijual di jaringan Verizon.