6 Manfaat Menakjubkan Dari Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat yang Baik dari Bawang Putih Untuk Kesehatan – Hampir semua orang tahu bahwa bawang putih selalu memberikan aroma lezat terhadap berbagai macam masakan, sehingga menjadikannya sayuran yang seringkali ditambahkan ke setiap resep makanan. Tetapi ternyata manfaatnya tidak sebatas sampai di sana, bawang putih juga memiliki berbagai macam manfaat kesehatan serta sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Sebut saja senyawa yang bernama Allicin, dimana bisa anda temukan dalam bawang putih segar dan memiliki efek anti-bakteri dan anti-jamur. Beberapa penelitian juga bahkan telah mampu membuktikan bahwa bawang putih bisa mencegah pembentukan kanker di dalam tubuh anda.

Setiap 100 gram dari bawang putih saja sudah bisa menyediakan anda sebanyak hampir 150 kalori, 33 gram karbohidrat, serta 6 gram protein. Bawang putih juga diperkaya dengan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, sodium, hingga zinc.

kegunaan bawang putih » 6 Manfaat Menakjubkan Dari Bawang Putih Untuk Kesehatan
manfaat bawang putih

Tentu saja, dari sekian banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, sudah dipastikan bahwa bawang putih mampu memberikan berbagai macam manfaat kesehatan. Dan berikut 6 macam manfaat kesehatan dari bawang putih yang telah kami rangkum untuk anda.

Membersihkan Darah

Lelah dengan jerawat yang membandel? Maka saatnya anda untuk membersihkan darah penyebab berbagai macam masalah kulit anda tersebut. Caranya, konsumsi dua siung bawang putih mentah bersama dengan segelas air hangat setiap pagi, kemudian pastikan juga anda mengkonsumsi cukup air putih sepanjang hari.

Demam dan Flu

Bawang putih juga mampu meringankan demam dan flu anda dengan sangat cepat. Dengan mengkonsumsi 2 hingga 3 siung bawang putih yang telah dimasak ataupun mentah setiap harinya, maka bisa meringankan atau bahkan menyembuhkan pilek, serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seiring dengan berjalannya waktu.

Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi bawang putih secara teratur baik secara langsung ataupun dicampurkan ke dalam makanan tertentu mampu mengurangi kadar kolesterol karena kandungan Allicin yang dimilikinya, dimana berperan juga sebagai antioksidan terhadap tubuh anda. Selain itu, sangat juga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah anda.

Anti-Bakteri dan Anti-Parasit

Di masa lalu, bawang putih termasuk ke dalam harta karun yang sangat berharga karena kemampuannya sebagai antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, jamur dan parasit semenjak 7.000 tahun yang lalu. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih yang diencerkan mampu mengobati infeksi cacing pita terhadap anak-anak.

Pencegah Kanker

Beberapa penelitian telah mengindikasikan adanya keterkaitan antara mengkonsumsi bawang putih setiap hari dengan pencegahan kanker perut dan kanker kolorektal. Dikatakan pula bahwa bawang putih mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda sehingga dapat melawan berbagai macam jenis kanker yang mematikan.

Baik Untuk Kulit dan Rambut

Sifatnya yang menyegarkan dari bawang putih juga mampu menjaga kulit dari efek radikal bebas dan memperlambat penipisan kolagen yang biasanya menyebabkan kehilangan elastisitas pada kulit yang menua. Selain itu, sama seperti saudaranya bawang merah, bawang putih juga mampu memperbaiki rambut anda yang mulai menipis. Cobalah untuk memijat kulit kepala anda bersama dengan ekstrak minyak bawang putih untuk mencegah dan bahkan mengobati kerontokan rambut.