Dengan Google Assistant yang Lebih Baik dan Cepat, Google Pixel 4 Resmi Meluncur

Setelah ditunggu, akhirnya raksasa mesin pencari ini resmi meluncurkan lini smartphone terbarunya yang bernama Google Pixel 4. Seperti yang sudah cukup sering dikabarkan, Google Pixel 4 memang membawa cukup banyak peningkatan dari versi sebelumnya.

Salah satu hal yang mengalami peningkatan cukup drastis adalah pada bagian penggunaan asisten virtualnya. Google Pixel 4 dibekali dengan virtual asisten dari Google langsung.

Memang semua smartphone yang menjalankan sistem operasi Android juga bisa mengakses Google Assistant, namun Google Assistant yang dibenamkan di dalam Pixel 4 ini dinyatakan memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih cepat.

Lalu seperti apakah spesifikasi lengkap serta fitur-fitur lain dari Google Pixel 4? Bagi anda yang mau tau mengenai hal tersebut, anda bisa baca langsung informasi spesifikasi Pixel 4 di dalam artikel ini.

Layar 5.7 Inch P-OLED

Google Pixel 4 memang tampak tidak mengikuti tren penggunaan poni di bagian layar smartphone masa kini. Layar Pixel 4 ini terlihat dengan jelas masih memiliki bezel yang cukup besar di bagian atas. Bezel di bagian atas tersebut dimanfaatkan oleh Google untuk menyematkan dual kamera selfie.

Namun meskipun tidak menggunakan desain layar yang sedang tren di jaman sekarang, kualitas layar Google Pixel 4 ini jelas jauh diatas rata-rata. Pasalnya, layar Google Pixel 4 ini sudah berhasil menyabet beberapa penghargaan.

Dari DisplayMate, Google Pixel 4 ini mendapatkan penghargaan sebagai layar dengan rating A+. Selain itu, layar Google Pixel 4 ini juga dinyatakan sebagai Best Smartphone Display Award.

Selain tidak menggunakan desain layar seperti yang banyak digunakan smartphone masa kini, Pixel 4 ini juga tidak dibekali dengan layar yang terlalu besar.

review fitur harga spek hp android google pixel 4 1028x514 » Dengan Google Assistant yang Lebih Baik dan Cepat, Google Pixel 4 Resmi Meluncur

Layar yang dibawa Pixel 4 ini hanyalah berukuran 5.7 inch saja. Namun meskipun ukuran layarnya masih kalah besar, panel yang digunakan Pixel 4 ini adalah panel terbaik yaitu panel P-OLED.

Dengan menggunakan panel tersebut, Pixel 4 bisa mendukung resolusi 1080 X 2280 piksel dengan aspek rasio 19:9 dan kerapatan piksel sebesar 444 ppi.

Selain itu semua, layar Pixel 4 ini juga punya satu lagi kelebihan yaitu pada refresh ratenya. Layar smartphone terbaru dari Google ini sudah mendukung refresh rate 90 Hz. Namun demikian, smartphone ini bisa dengan mudah diturunkan refresh ratenya menjadi 60 Hz dari menu pengaturan.

Dan sebagai tambahan, layar Google Pixel 4 ini juga sudah dilengkapi dengan fitur lain seperti DCI P3 100%,, HDR, Always on Display, dan juga sudah dilindungi dengan kaca Corning Gorilla Glass 5.

Pixel 4 Bukan Smartphone Dengan Jeroan Tier Paling Atas

Setelah melihat layar Pixel 4, memang banyak orang sedikit merasa kecewa ketika melihat jeroannya.

Pasalnya, memang Google Pixel 4 ini tidak dibekali dengan jeroan tier teratas yang biasa digunakan di smartphone kelas flagship.

Untuk chipsetnya saja, Pixel 4 ini hanya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 855 bukan yang 855+. Dengan begitu, maka Pixel 4 ini hanya memiliki CPU 8 inti dengan kecepatan maksimal 2.84 Ghz saja dan GPU Adreno 640.

Sedangkan untuk memorinya, Google Pixel 4 ini memang bisa dikatakan sedikit mengalami peningkatan dari versi sebelumnya. Pasalnya, Pixel 4 ini hadir dalam 2 pilihan kapasitas memori yaitu 64 GB/6 GB dan 128 GB/6 GB. Sayang, Pixel 4 sama sekali tidak dibekali dengan slot memori eksternal.

Namun meskipun tidak membawa jeroan tier teratas, sistem operasi yang digunakan di Pixel 4 ini adalah sistem operasi Android seri paling tinggi saat ini yaitu OS Android 10.

Dual Kamera Primer dan Sekunder

Bukan hanya pada jeroannya saja, Google Pixel 4 ini juga tidak dibekali dengan kamera sebanyak smartphone jaman sekarang.

Pada bagian belakang, Pixel 4 ini hanya dibekali dengan 2 buah kamera saja. Kamera utamanya memiliki sensor 12.2 MP jenis wideangle dan kamera keduanya menggunakan sensor 16 MP jenis telephoto yang memiliki fitur 2X optical zoom. Kedua kamera di bagian belakang Pixel 4 tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur OIS.

Sedangkan pada bagian depan, Google Pixel 4 ini juga dilengkapi dengan 2 buah kamera. Kamera utamanya memiliki sensor 8 MP dan kamera keduanya adalah jenis ToF 3D.

Baterai Google Pixel 4 Mungil

Hampir semua bagian smartphone Google Pixel 4 ini memang begitu memukau. Namun sayang, baterai Pixel 4 ini tidak sesuai dengan harapan banyak orang.

Google Pixel 4 diharapkan membawa baterai yang kapasitasnya jauh lebih besar dari seri sebelumnya. Namun setelah diluncurkan, ternyata Pixel 4 hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2800 mAh saja.

Baterai berkapasitas 2800 mAh ini jelas tidak imbang jika dilihat dari penggunaan layar dengan refresh rate 90 Hz. Kemungkinan besar memang Pixel 4 ini tidak akan bisa digunakan selama 1 hari penuh tanpa melakukan pengisian daya baterai.

Untungnya, Google Pixel 4 dilengkapi dengan berbagai macam fitur pengisian daya baterai seperti fast battery charging 18W, USB power delivery 2.0, dan juga Qi Wireless Charging.

Fitur Google Assistant Unggulan

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Google Pixel 4 memiliki fitur Google Assistant yang lebih baik dan juga lebih cepat dari smartphone kebanyakan.

Pasalnya, Google Assistant yang disematkan di dalam Pixel 4 ini sudah bisa digunakan secara terus menerus tanpa perlu adanya jeda. Jadi pengguna bisa bertanya beberapa hal sekaligus tanpa perlu berhenti dan memberi jeda lagi saat menggunakan Google Assistant di Pixel 4 ini.

Pilihan Warna dan Harga

Untuk masalah warna, Google Pixel 3 ini tersedia dalam 3 buah pilihan warna yaitu clearly white, oh so orange, dan juga just black. Dari 3 pilihan warna tersebut, yang paling diincar memang adalah warna oh so orange.

Lalu berapa harga jual Google Pixel 4 ini? Google Pixel 4 ini sudah mulai dijual di beberapa e-commerce internasional dengan kisaran harga 1.019 Dolar atau setara dengan 14 juta Rupiah.