Exynos 990, SoC Terbaru Untuk Smartphone Flagship Samsung di Tahun 2020

Setelah meluncurkan smartphone flagship, setiap tahun Samsung pasti akan langsung meluncurkan system on chip terbaru untuk digunakan di seri smartphone flagship tahun depannya. Hal tersebut juga dilakukan Samsung di tahun 2019 ini. Setelah meluncurkan Galaxy S10, Samsung langsung tancap gas menyiapkan Galaxy S11 untuk tahun 2020 nanti.

Salah satu hal yang disiapkan adalah system on chip yang akan dibenamkan di dalam Galaxy S11 yang akan diluncurkan tahun depan. Beberapa hari lalu, Samsung memberikan informasi bahwa sudah menyiapkan system on chip baru yang bernama Exynos 990 untuk digunakan di Galaxy S11.

Menurut informasinya, system on chip Exynos 990 punya cukup banyak peningkatan jika dibandingkan dengan SoC Exynos 980 yang digunakan di Galaxy S10.

Lalu apa saja peningkatan di SoC Exynos 990 dari Samsung tersebut? Baca informasi selengkapnya mengenai SoC Exynos 990 tersebut di dalam artikel ini.

Punya CPU yang Lebih Cepat dan Efisien

Peningkatan pertama yang bisa diharapkan dari SoC Exynos 990 dari Samsung ada pada CPU di dalamnya. Meskipun belum dijabarkan secara detail mengenai spesifikasi lengkap CPU yang dibenamkan di dalamnya, namun Samsung sudah memberikan kisi-kisi bahwa Exynos 990 masih akan menggunakan kombinasi CPU Cortex A76 dan Cortex A55.

Selain itu, diinformasikan juga bahwa nantinya CPU di SoC Exynos 990 ini akan mengalami peningkatan sebesar 20% dalam hal kecepatan maupun efisiensi konsumsi dayanya dari SoC Exynos 980 sebelumnya.

review soc terbaru smartphone flagship samsung exynos 990 1028x535 » Exynos 990, SoC Terbaru Untuk Smartphone Flagship Samsung di Tahun 2020

Salah satu alasan kenapa CPU di SoC Exynos 990 ini bisa mengalami peningkatan di kecepatannya adalah karena ada localized AI di dalamnya.

Dengan adanya fitur localized AI tersebut, maka CPU tidak perlu lagi bergantung pada jaringan untuk memproses keamanan data. Pasalnya, proses untuk scanning keamanan data tersebut bisa dilakukan langsung di dalam perangkat.

Oleh sebab itu, tidak heran jika smartphone yang menggunakan SoC Exynos 990 ini dikatakan akan memiliki fitur face recognition dan juga scene detection yang jauh lebih cepat responnya.

Bawa GPU dan Teknologi RAM Baru

Peningkatan pada SoC Exynos 990 jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Exynos 980 bukan hanya terletak pada CPU saja.

Exynos 990 juga mengalami peningkatan drastis pada bagian GPU serta RAM. SoC Samsung yang bakalan beredar di tahun 2020 ini memiliki GPU ARM Mali G77 MP11.

Sedangkan untuk RAM, SoC Exynos 990 ini sudah mendukung penggunaan RAM jenis LPDDR5 yang mana jauh lebih cepat prosesnya dibandingkan dengan RAM jenis LPDDR4X yang digunakan di Exynos 980.

Mendukung Penggunaan Kamera Dengan Sensor Lebih Besar

Selain pada CPU, GPU, dan juga RAM, Exynos 990 juga mengalami peningkatan pada dukungan kamera.

SoC Exynos 990 ini sudah mendukung penggunaan kamera tunggal dengan sensor maksimal sebesar 108 MP. Sedangkan untuk mode dual kameranya, SoC Exynos 990 ini sudah bisa mendukung kamera dengan besar sensor 24.8 MP + 24.8 MP.

Jadi dapat dipastikan bahwa smartphone Samsung yang meluncur menggunakan SoC Exynos 990 ini pasti akan dibekali dengan kamera yang sensornya cukup besar.

Mendukung Penggunaan Layar Refresh Rate 120 Hz

Salah satu hal yang mulai banyak digunakan di smartphone jaman sekarang adalah layar yang memiliki refresh rate 90 Hz.

Oleh sebab itu, Samsung membuat Exynos 990 ini jauh lebih tinggi dari standard smartphone jaman sekarang. SoC Exynos 990 ini sudah mendukung penggunaan layar dengan refresh rate 120 Hz.

Kemungkinan besar, Samsung Galaxy S11 yang akan meluncur tahun 2020 nanti sudah dilengkapi dengan layar yang punya refresh rate hingga 120 Hz.

Pasalnya, SoC yang digunakan benar-benar sudah bisa mendukung penggunaan layar dengan spesifikasi refresh rate tinggi tersebut.

Dibekali Modem 5G Pertama yang Diproses Menggunakan Teknologi Fabrikasi 7 nm EUV

Yang terakhir, Exynos 990 juga mengalami peningkatan pada modem 5G yang digunakan. SoC terbaru dari Samsung ini dikabarkan menggunakan modem 5G terbaru dan jadi modem 5G pertama yang difabrikasi menggunakan teknologi 7 nm EUV.

Modem 5G yang difabrikasi menggunakan teknologi baru tersebut dikabarkan memiliki kecepatan downlink sebesar 3 Gbps di jaringan LTE, sedangkan di jaringan 5G memiliki kecepatan downlink sebesar 5.1 Gbps.

Jika dilihat dari spesifikasi SoC yang bakal dibawa saja, sudah dapat dipastikan bukan bahwa Samsung Galaxy S11 yang bakal meluncur di tahun 2020 nanti pasti makin memukau.