Mate X, Ponsel Lipat dari Huawei Sudah Siap Pre-Order

Pertarungan antar vendor smartphone terkenal memang makin sengit di tahun 2019 ini. Selain di lini smartphone entry level, mid range, dan bahkan flagship, pertarungan juga terjadi di lini smartphone dengan desain futuristik seperti smartphone dengan layar lipat.

Sampai saat ini, memang sudah ada 2 vendor smartphone besar yang meluncurkan smartphone layar lipat. Samsung adalah vendor smartphone yang sudah lebih dulu meluncurkan Galaxy Fold ke pasaran.

Namun beberapa waktu lalu, Huawei akhirnya juga mulai membuka penjualan Huawei Mate X dengan status pre-order. Lalu seperti apakah desain dan spesifikasi smartphone layar lipat dari Huawei tersebut? Baca infonya lebih lanjut di dalam artikel ini.

Desain Layar Lipat yang Lebih Smooth dan Tangguh

Jika dilihat dari desain layar lipatnya, Huawei Mate X ini memang bisa dikatakan lebih baik dari Galaxy Fold milik Samsung. Pasalnya, Huawei Mate X ini memiliki engsel yang desain dan jumlahnya lebih baik. Desain engsel layar Huawei Mate X ini membentuk setengah lingkaran dan berjumlah 5 pasang (5 di bagian atas dan 5 di bagian bawah).

Dengan menggunakan desain engsel yang lebih sering disebut dengan falcon wings tersebut, sudah dapat dipastikan mekanisme buka tutup layardi Mate X inipun akan jauh lebih smooth.

review fitur harga spek huawei mate x 1028x670 » Mate X, Ponsel Lipat dari Huawei Sudah Siap Pre-Order

Selain itu, dimensi layar Mate X juga tidak sama seperti Galaxy Fold milik Samsung. Salah satu layar Mate X lebih kecil dari layar yang lain karena ada strap memanjang yang digunakan untuk meletakkan konfigurasi quad kameranya.

Layar 8 Inch Kombinasi OLED dan AMOLED

Salah satu keunggulan dari Huawei Mate X ada pada bagian layarnya. Yang menjadi keunggulannya bukan karena menggunakan desain layar lipat.

Yang jadi keunggulannya adalah karena Huawei Mate X ini menggabungkan 2 buah panel yaitu panel OLED dan AMOLED untuk menciptakan satu layar yang lebih besar ukurannya di smartphone layar lipat ini.

Selain itu, Huawei Mate X berhasil mengalahkan Galaxy Fold milik Samsung karena layarnya sama sekali tidak terlihat seperti gabungan dari 2 layar ketika dibentangkan menjadi satu.

Pasalnya, Galaxy Fold gagal mendapatkan tampilan tersebut. Galaxy Fold tetap terlihat seperti memiliki 2 layar ketika sedang di bentangkan.

Untuk masalah ukuran layar, Huawei Mate X ini memiliki layar berukuran 8 inch ketika dibentangkan. Namun ketika dilipat, Mate X ini memiliki 2 layar yang masing-masing berukuran 6.38 inch dan 6.6 inch.

Untuk layar yang berukuran 6.6 inch memiliki aspek rasio 19,5:9 dengan resolusi 2480 X 1148. Sedangkan untuk layar yang berukuran 6.38 inch memiliki aspek rasio 25:9 dengan resolusi 2480 X 892.

Bawa System On Chip Tier Paling Atas Dengan Modem 5G

Huawei Mate X memang punya desain layar lipat yang hampir sempurna. Namun bukan hanya itu saja yang menarik.

Smartphone layar lipat dari Huawei ini juga menggunakan system on chip tier paling atas yaitu HiSilicon 980 yang menggabungkan CPU Cortex A76 dengan Cortex A55 dan memiliki kecepatan maksimal 2.6 Ghz.

Sedangkan untuk memori, Huawei Mate X ini membawa memori internal 512 GB dan RAM 8 GB. Dan bukan hanya itu saja, smartphone layar lipat dari Huawei ini juga masih dilengkapi dengan slot memori eksternal jenis nano memory yang siap menampung hingga kapasitas 256 GB.

Untuk sistem operasinya, Huawei Mate X ini akan menggunakan sistem operasi Android 9 dengan sistem antarmuka EMUI 9.1.

Quad Kamera Dengan Optical Unit dari Leica

Pada bagian kamera, Huawei Mate X ini memang tidak memiliki kamera utama maupun kamera selfie seperti kebanyakan smartphone.

Mate X ini hanya memiliki konfigurasi quad kamera saja yang diletakkan di strap bodi memanjang di bagian belakang smartphone ketika dilipat. Strap bodi tersebut juga dijadikan tempat untuk menyimpan pemindai sidik jari.

4 kamera Huawei Mate X terdiri dari kamera utama 40 MP jenis wide, kamera 8 MP jenis telephoto, kamera 16 MP jenis ultrawide, dan juga ToF kamera 3D.

Baterai Jumbo Plus Fitur Huawei Super Charge

Karena Huawei Mate X membawa layar yang cukup besar, maka sudah dapat dipastikan jika smartphone layar lipat keluaran Huawei ini akan dibekali dengan baterai yang kapasitasnya besar.

Baterai yang akan digendong Mate X ini memiliki kapasitas sebesar 4500 mAh. Jadi dipastikan smartphone ini bisa digunakan seharian penuh tanpa harus melakukan pengisian daya baterai.

Selain baterai jumbo, Huawei Mate X ini juga akan membawa fitur pengisian daya baterai cepat yang bernama Huawei Super Charge 55W. Dengan adanya fitur tersebut, maka Mate X ini bisa diisi daya baterainya dari 0% sampai 85% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Lalu kapan Mate X ini bisa dibeli? Dan kira-kira berapakah harganya? Huawei Mate X ini sudah mulai bisa dibeli dengan status pre-order di Cina mulai bulan Oktober 2019 lalu. Unit Huawei Mate X akan dikirim mulai dari tanggal 15 November 2019 nanti.

Sedangkan untuk harganya, Huawei Mate X ini dijual dengan harga 16.999 Yuan atau setara dengan 33 juta Rupiah di Cina. Sayangnya, belum dapat dipastikan kapan Mate X ini akan mulai dijual di pasar internasional.