Ternyata Ini Bedanya Smartphone Gaming Dengan Smartphone Flagship

Beberapa tahun ini memang pasar smartphone sangat berkembang pesat. Perkembangan tersebut membuat banyak vendor ramai-ramai menggelontorkan smartphone mulai dari kelas entry, mid, hingga flagship.

Namun karena mulai banyak orang menggunakan smartphone untuk bermain game, maka muncullah smartphone khusus untuk gaming. Beberapa vendor smartphone mulai berkompetisi di ceruk yang lebih sempit untuk target pasarnya tersebut.

Sayangnya, banyak konsumen yang menganggap bahwa smartphone gaming itu tidak beda jauh dengan smartphone flagship.

Pasalnya, memang dilihat dari dapur pacunya, smartphone gaming dan smartphone flagship itu tampak serupa. Lalu apa bedanya antara smartphone gaming dengan smartphone flagship itu? Baca lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 4 Hal yang Jadi Pembeda Antara Smartphone Gaming Dengan Smartphone Flagship

Meskipun punya spesifikasi dapur pacu yang sama dan kisaran harga yang tidak jauh berbeda, ternyata smartphone gaming dan smartphone flagship itu tidaklah sama.

pahami beda smartphone gaming dengan flagship 1028x664 » Ternyata Ini Bedanya Smartphone Gaming Dengan Smartphone Flagship

Jika diamati, ternyata ada banyak sekali perbedaan antara smartphone flagship dan juga smartphone gaming. Berikut ini adalah 4 hal yang menjadi pembedanya:

  1. Dari segi desain

Hal pertama yang jelas-jelas langsung membedakan antara smartphone flagship dengan smartphone gaming adalah pada bagian desainnya.

Yang dimaksud desain ini bukan hanya bentuk bodi saja. Yang dimaksud dengan desain ini adalah satu keseluruhan smartphone.

Jika dilihat, desain smartphone gaming itu jauh lebih memikirkan juga masalah ergonomis ketika digenggam di tangan, terutama dalam mode landscape karena memang mayoritas game mobile AAA dimainkan dengan mode landscape.

Selain itu, kebanyakan smartphone gaming itu juga memiliki desain ventilasi khusus untuk mengatur sirkulasi udara. Hal tersebut perlu dilakukan agar performa smartphone gaming bisa lebih stabil ketika digunakan untuk bermain game dalam durasi yang cukup lama.

Semua hal mengenai desain tersebut tidak akan ditemukan di smartphone flagship. Pasalnya, smartphone flagship memang tidak dibuat untuk bermain game.

  1. Dari segi material

Selain dari segi desain, smartphone gaming dan juga smartphone flagship itu juga biasanya bisa dibedakan dengan mudah dari segi materialnya.

Jika dilihat, mayoritas smartphone gaming itu dibuat menggunakan material-material yang bisa sekaligus berfungsi sebagai heat spreader atau memancarkan panas.

Sekali lagi, hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar performa smartphone gaming tidak jeblok ketika digunakan dalam durasi yang cukup lama.

Pasalnya, salah satu cara untuk menjaga kestabilan performa smartphone gaming itu adalah dengan mengurangi suhu di chipsetnya.

Lalu bagaimana dengan smartphone flagship? Jika melihat mayoritas smartphone flagship itu dibuat menggunakan material yang dapat memberikan kesan mewah saja bukan yang punya fungsi tertentu.

Pasalnya, memang salah satu tujuan dari smartphone flagship itu adalah untuk meningkatkan gengsi penggunanya juga.

  1. Dari segi hardware

Banyak yang menganggap bahwa smartphone gaming dan juga smartphone flagship itu serupa. Memang kalau dilihat dari spesifikasi hardware di atas kertas, 2 jenis smartphone itu tampak serupa.

Namun jika dicek lebih detail lagi, sebenarnya spesifikasi hardware antara smartphone gaming dan smartphone flagship yang menggunakan komponen hardware yang sejenis itu pasti tetap ada bedanya.

Kenapa? Karena komponen hardware yang digunakan di smartphone gaming itu biasanya sudah dioptimasi terlebih dahulu. Jadi misalkan sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 855+, smartphone gaming mungkin saja bisa mendapatkan clock speed CPU yang sedikit lebih tinggi dari smartphone flagship yang menggunakan chipset yang sama.

Selain itu, biasanya smartphone gaming itu juga menambahkan komponen pendingin untuk menjaga agar suhu chipset tidak terlalu tinggi ketika digunakan untuk bermain game dalam durasi yang cukup lama. Komponen pendingin tersebut biasanya tidak ada di smartphone flagship.

  1. Dari segi software

Bukan hanya desain, material, dan juga hardware saja, smartphone gaming dan juga smartphone flagship itu bisa dibedakan juga dari software yang dibawanya.

Pada umumnya, vendor smartphone gaming sudah membekali produknya dengan software khusus yang bisa meningkatkan kenyamanan pengguna saat bermain game.

Selain itu, biasanya di dalam software tersebut juga terdapat beberapa fitur khusus seperti fitur game boost untuk meningkatkan performa smartphone serta menjaga ketabilan jaringan internet.

Jadi sekarang sudah tau bukan bahwa sebenarnya smartphone flagship dan smartphone gaming itu sangat berbeda? Lalu antara smartphone gaming dan smartphone flagship, mana yang anda pilih?