Bocor Lagi, Begini Spesifikasi Chipset Baru Qualcomm Snapdragon 735

Qualcomm memang baru saja meluncurkan 3 buah chipset untuk smartphone yaitu chipset Snapdragon 665, Snapdragon 730, dan juga Snapdragon 730G.

Namun setelah itu, mulai muncul bocoran bahwa Qualcomm sudah menyiapkan chipset Snapdragon seri 735 yang dikatakan punya spesifikasi yang jauh lebih baik lagi.

Meskipun memang informasinya bukan keluar secara resmi dari Qualcomm, namun banyak yang mempercayai bocoran mengenai Snapdragon 735 tersebut.

Pasalnya, yang membocorkan informasi mengenai Qualcomm Snapdragon 735 tersebut adalah yang dulu pernah membocorkan juga soal spesifikasi Snapdragon 730 sebelum diluncurkan secara resmi.

Lalu apa saja spesifikasi Snapdragon 735 yang sudah bocor? Apa saja fitur baru yang bakalan dibawa chipset Snapdragon 735 tersebut? Simak bocoran spesifikasinya lebih lengkap di dalam artikel ini.

Difabrikasi Menggunakan Teknologi 7 nm yang Sama Dengan Snapdragon 855

Hal pertama yang bakalan membedakan chipset Snapdragon 735 dengan Snapdragon seri 7 sebelumnya adalah pada teknologi fabrikasi yang digunakan.

Menurut bocorannya, Snapdragon 735 bakalan difabrikasi menggunakan teknologi yang setara seperti Snapdragon 855. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa nanti Snapdragon 735 bakalan difabrikasi menggunakan teknologi 7 nm.

Dengan menggunakan teknologi fabrikasi 7 nm, kemungkinan besar akan banyak sekali peningkatan serta efisiensi di Snapdragon 735.

Punya Fitur yang Dapat Meningkatkan Kinerja AI

Teknologi AI atau artificial intelligent adalah satu hal yang sekarang memang banyak digunakan di smartphone.

Oleh sebab itu, menurut bocorannya Qualcomm juga menyematkan fitur khusus di Snapdragon 735 agar bisa meningkatkan kinerja AI.

bocoran chipset qualcomm snapdragon 735 1028x590 » Bocor Lagi, Begini Spesifikasi Chipset Baru Qualcomm Snapdragon 735

Menurut bocorannya, fitur yang bakalan bisa meningkatkan kinerja AI di Snapdragon 735 tersebut adalah NPU 220. Teknologi NPU 220 tersebut memiliki kecepatan sebesar 1 Ghz dalam memproses berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi AI di dalam sebuah smartphone.

Punya Konfigurasi CPU Octa Core Baru

Untuk masalah CPU yang dibenamkan di dalamnya, chipset Snapdragon 735 ini memang dikatakan masih menggunakan CPU 8 inti.

Hanya saja, konfigurasi CPU 8 inti yang digunakan di dalam chipset Snapdragon 735 ini jelas berbeda dari chipset Qualcomm Snapdragon yang sudah digunakan di pasaran.

Menurut bocorannya, Qualcomm akan mencoba menerapkan CPU octa core dengan konfigurasi 1+1+6 di chipset Snapdragon 735 ini.

Dengan konfigurasi CPU octa core baru tersebut, diharapkan chipset Snapdragon 735 ini akan menjadi jembatan antara chipset Snapdragon 730 yang punya konfigurasi CPU octa core 2+6 dan chipset Snapdragon 855 yang punya konfigurasi CPU octa core 2+2+4.

Sedangkan untuk kecepatannya sendiri, diperkirakan chipset Snapdragon 735 akan dibenamkan dengan 1 CPU berkecepatan 2.9 Ghz, 1 CPU berkecepatan 2.4 Ghz, dan juga 4 CPU berkecepatan 1.8 Ghz.

Dan untuk corenya, kemungkinan besar chipset Snapdragon 735 ini akan menggunakan core dari Kryo 400 dengan turunan dari Cortex A76 dan juga Cortex A55.

Bakalan Siap Mendukung Jaringan 5G

Selain mendapatkan peningkatan pada bagian CPU, menurut bocorannya, Bocor Lagi, chipset Snapdragon 735 juga bakalan siap mendukung jaringan 5G.

Jadi kemungkinan besar chipset Snapdragon 735 ini akan dibekali langsung dengan modem 5G. Hanya saja memang belum banyak informasi yang dijelaskan mengenai hal tersebut.

Bawa GPU Adreno 620

Bukan hanya jaringan 5G saja, chipset Snapdragon 735 dari Qualcomm juga dikabarkan bakalan memboyong GPU Adreno 620.

Dengan memiliki GPU Adreno 620, maka semua smartphone yang dijejali dengan chipset Snapdragon 735 ini tentunya bakalan sangat nyaman digunakan untuk multi tasking dan juga bermain game.

Pasalnya, performa GPU Adreno 620 ini dikabarkan jauh lebih mumpuni jika dibandingkan dengan GPU Adreno 618 yang disematkan di dalam chipset Snapdragon 730.

Sampai saat ini, hanya ini saja bocoran spesifikasi dari Snapdragon 735 yang bakalan diluncurkan Qualcomm.

Lalu kapan kira-kira Qualcomm akan meluncurkan chipset Snapdragon 735 tersebut? Menurut prediksi, kemungkinan besar Qualcomm akan meluncurkan chipset Snapdragon seri 7 terbarunya di akhir tahun ini.

Pasalnya, di bulan Desember 2019 nanti, Qualcomm akan mengadakan satu acara khusus di Hawaii.