Ketahui Kandungan Nutrisi Buah Srikaya dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Ketahui Kandungan Nutrisi Buah Srikaya dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Pernahkah Anda mencicipi buah srikaya? Buah yang berwarna hijau berbentuk bulat dengan beberapa mata yang menonjol ini memiliki daging berwarna putih dengan biji yang lumayan banyak.

Buah Srikaya ini memiliki rasa yang begitu nikmat. Bahkan buah yang berbentuk bulat berwarna hijau ini mengandung serat pangan yang baik, salah satu nya kandungan zat besi yang begitu tinggi.

Selain mengandung zat besi yang cukup tinggi, buah srikaya juga mengandung zat lain yang baik untuk nutrisi tubuh seperti Vitamin B, Vitamin C, magnesium, kalsium, kalium, protein, fosfor, folat, seng, asam pantotenat, tiamin, niasin dan riboflavin.

Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan » Ketahui Kandungan Nutrisi Buah Srikaya dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Lalu, manfaat apa saja sih yang di dapat dari mengkonsumsi buah srikaya bagi kesehatan tubuh Berikut ini manfaat buah Srikaya bagi kesehatan tubuh.

Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat dari buah Srikaya yang pertama yaitu baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Beberapa kandungan zat dari buah Srikaya memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan produksi asi bagi ibu hamil. Beberapa kandungan zat tersebut seperti assam folat dan beberapa vitamin lain yang terkandung di dalam buah Srikaya. Nah, bagi ibu hamil atau yang baru melahirkan, apabila Anda mengalami masalah dalam produksi asi, Anda bisa mengkonsumsi buah yang satu ini untuk obat dan melancarkan produksi asi Anda.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat berikutnya dari mengkonsumsi buah srikaya yaitu baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsusmi buah srikaya dapat meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan Vitamin B yang cukup tinggi dari buah Srikaya. Beberapa kandungan Vitamin B seperti B6 dan magnesium bermanfaat untuk mengurangi dan mencegah resiko penyakit jantung bahkan stroke.

Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat, mulus merupakan dambaan setiap orang. Untuk memiliki kulit yang sehat tentunya Anda harus merawatnya, salah satu nya dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Salah satu asupan makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda yaitu buah Srikaya. Kandungan antioksidan serta Vitamin A, B dan C pada buah srikaya membantu menjaga kulit Anda agar lebih sehat dan mencegah dari penuaan dini. Dengan mengkonsumsi buah srikaya dapat membantu pembentukan kolagen pada tubuh dan membuat kulit Anda tetap cantik dan sehat.

Mencegah Asma

Selain dapat mencegah penyakit jantung, mengkonsumsi buah srikaya dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit Asma. Penyakit Asma merupakan penyakit dimana Anda akan merasa sesak pada bagian dada dan susah saat bernafas. Kandungan Vitamin dan mineral seperti Vitamin C dan antioksidan pada buah srikaya berfungsi untuk mencegah dari penyakit asma.

Mengontrol Tingkat Gula

Manfaat berikutnya dari buah Srikaya yaitu dapat menjadi obat bagi penderita penyakit Diabetes. Kandungan vitamin dan mineral pada buah Srikaya berfungsi mengontrol dan menstabilkan kandungan gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi buah Srikaya dapat mengurangi tingkat penyerapan gula yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga buah yang satu ini sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang menderita penyakit diabetes.

Meningkatkan Energi

Buah srikaya mengandung energi makanan yang cukup tinggi. Kandungan zat nya tersebut sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan energi pada tubuh Anda. Zat thiamin yang terkandung dalam buah srikaya berfungsi mengubah gula yang masuk ke dalam tubuh menjadi energi.

Kesehatan Tulang

Tidak hanya susu, ternyata beberapa buah juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tulang. Salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang yaitu buah srikaya.  Kandungan kalsium dan magnesium yang cukup tinggi pada buah srikaya, menjadi buah yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tulang.  Tulang menjadi lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

Mencegah Risiko Kanker

Selain dapat mencegah penyakit jantung, asma serta diabetes, mengkonsumsi buah srikaya juga bermanfaat untuk mencegah risiko penyakit kanker. Zat yang terkandung di dalam buah srikaya berfungsi untuk mencegah tumbuhnya sel-sel penyebab penyakit tumor dan kanker. Kandungan zat tersebut seperti acetogenin serta alkaloid.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat mengkonsumsi buah srikaya berikutnya yaitu selain mampu meningkatkan kesehatan tulang juga ternyata dapat meningkatkan kesehatan mata. Kandungan Vitamin A nya yang cukup tinggi menjadikan buah yang satu ini baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan mata. Selain itu kandungan Vitamin C serta riboflavin pada buah srikaya berfungsi untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit atau masalah mata.

Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah  Srikaya mengandung serat pangan yang baik sehingga baik dikonsumsi bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan yakni sembelit atau susah buang air besar. Kandungan seratnya yang cukup tinggi bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan serta menjaga kesehatan organ pencernaan.

Mengontrol Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit dimana tekanan darah pada arteri meningkat. Salah satu cara menanganinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah pada tubuh. Salah satu makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu buah srikaya. Kandungan magnesium dan pottasium yang ada pada buah srikaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh.