Xiaomi Mi A3, Smartphone 3 Kamera Dengan OS Android One

Salah satu kelemahan dari smartphone Xiaomi adalah adanya iklan di dalam sistem antarmuka yang digunakannya. Namun ternyata, ada seri smartphone Xiaomi yang benar-benar bebas iklan yang berasal dari sistem antarmukanya.

Smartphone Xiaomi yang benar-benar bebas dari iklan tersebut adalah Xiaomi Mi A3. Kenapa? Karena seri Mi A3 ini adalah smartphone Xiaomi pertama yang menggunakan sistem antarmuka Android One.

Jadi selain bebas dari iklan, performa Xiaomi Mi A3 juga pastinya terasa makin cepat karena sistem antarmuka yang digunakan benar-benar bawaan dari sistem operasi Android sendiri.

Lalu bagaimana spesifikasi dari Xiaomi Mi A3 tersebut? Apakah spesifikasinya juga cukup mumpuni? Bagi anda yang tertarik untuk mengetahui spek lengkapnya, anda bisa simak penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Desain Minimalis Khas Smartphone Xiaomi

Berbicara mengenai tampilan Xiaomi Mi A3, memang smartphone ini tidak memiliki tampilan yang super wah.

Bisa dikatakan justru tampilannya sangatlah minimalis. Namun minimalis yang dimaksud adalah minimalis khas dari smartphone Xiaomi.

review fitur harga spek xiaomi mi a3 1028x516 » Xiaomi Mi A3, Smartphone 3 Kamera Dengan OS Android One

Di bagian depan, tampak dengan jelas jika Xiaomi Mi A3 ini mengusung desain layar berponi dengan bentuk tetesan air. Sedangkan di bagian belakang, terdapat 3 buah kamera yang dijajar secara vertikal di pojok kiri atas beserta dengan satu LED.

Dan selain itu, hanya ada tulisan Xiaomi di cover belakang, tepatnya di pojok kiri bawah cover.

Layar AMOLED Dengan Pemindai Sidik Jari Tertanam di Dalamnya

Xiaomi Mi A3 mengusung desain layar yang sangat minimalis yaitu full view dengan desain poni water drop. Ukuran layar yang dibawa Mi A3 ini sendiri adalah 6.01 inch.

Xiaomi Mi A3 ini memiliki bezel yang sangat tipis di bagian kanan, kiri, dan juga di bagian atas. Sedangkan di bagian bawah, bezelnya masih terlihat cukup tebal.

Untuk urusan panel, Xiaomi Mi A3 ini dibekali dengan panel jenis AMOLED. Karena menggunakan panel AMOLED, sudah pasti Xiaomi Mi A3 ini bisa menampilkan warna-warna yang jauh lebih cerah lagi.

Bukan hanya itu saja, karena menggunakan panel AMOLED, Mi A3 ini bisa menggunakan teknologi sensor pemindai sidik jari yang dibenamkan di bawah layar.

Sayangnya, meskipun sudah menggunakan panel AMOLED, Mi A3 ini hanya bisa mendukung resolusi maksimal HD+ saja. Hal ini jelas jadi satu kelemahan untuk smartphone jaman sekarang.

Ditenagai SoC Snapdragon 665

Berlanjut ke bagian dapur pacu, Xiaomi Mi A3 ini ditenagai dengan SoC dari pabrikan terkenal yaitu Qualcomm. Tipe SoC yang digunakan adalah Snapdragon 665.

Dengan membawa SoC tersebut, sudah dapat dipastikan Mi A3 memiliki CPU 8 inti yang terbagi menjadi 2 cluster yaitu cluster CPU Cortex A73 yang punya kecepatan tinggi yaitu 2.0 Ghz dan cluster CPU Cortex A53 yang lebih mengedepankan efisiensi daya sehingga hanya memiliki kecepatan maksimal 1.8 Ghz.

SoC Snapdragon 665 tersebut dipadukan dengan penggunaan memori internal dan RAM yang cukup besar. Pada Mi A3 ini sendiri terdapat beberapa pilihan kapasitas memori mulai dari memori internal 64 GB dengan RAM 4 GB dan memori internal 128 GB dengan RAM 6 GB.

Dan untuk memaksimalkan dapur pacu tersebut, Xiaomi Mi A3 ini dilengkapi dengan sistem operasi Android One yang berbasis pada OS Android 9 sebagai OS default pabrikannya.

3 Kamera Utama dan 1 Kamera Selfie yang Memukau

Xiaomi Mi A3 bisa dikatakan sebagai salah satu lini smartphone Xiaomi yang menyasar kalangan penyuka foto selfie.

Kenapa? Karena memang Xiaomi Mi A3 ini dibekali dengan kamera depan yang sangat berkualitas. Kamera yang disematkan di poni berbentuk tetesan airnya adalah kamera 32 MP.

Sedangkan di bagian belakang, Xiaomi Mi A3 ini dilengkapi dengan konfigurasi 3 kamera yang tidak kalah memukau. Konfigurasi 3 kamera di bagian belakangnya terdiri dari kamera 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan juga kamera depth sensor 2 MP.

Baterai Besar Dengan Tambahan Fitur Pengisian Daya Cepat

Dengan semua fitur yang dibawanya, sudah dapat dipastikan kalau Xiaomi Mi A3 bakalan membutuhkan catu daya yang cukup besar.

Oleh sebab itu, Mi A3 ini menggendong baterai yang kapasitasnya cukup besar yaitu 4.030 mAh. Bukan hanya membawa baterai yang kapasitasnya besar saja, Xiaomi Mi A3 ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya baterai cepat Quick Charge 3 18W.

Dengan adanya fitur pengisian daya cepat tersebut, baterai Xiaomi Mi A3 ini bisa diisi dengan durasi yang lebih cepat.

Xiaomi Mi A3 ini hadir dalam beberapa pilihan warna seperti Kind of Gray, Not Just Blue, dan juga More Than White.

Mi A3 ini juga sudah mulai dipasarkan sejak bulan Agustus 2019 lalu di India. Kisaran harga Xiaomi Mi A3 ini mulai dari 149 Dolar atau setara dengan 2 jutaan Rupiah untuk versi 64 GB/4 GB.

Sayangnya, belum ada kabar resmi mengenai kapan Xiaomi Mi A3 ini akan mulai dipasarkan di Indonesia hingga saat ini.