Ini Macam Jenis Sertifikasi Ketahanan yang Dibawa Smartphone Zaman Sekarang

Berbicara mengenai smartphone di zaman sekarang, bukan hanya teknologinya saja yang makin meningkat. Smartphone masa sekarang itu juga mengalami peningkatan dalam hal ketahanan. Meskipun belum semuanya, namun sudah mulai ada beberapa smartphone yang membawa berbagai macam sertifikasi ketahanan khusus.

Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui mengenai makna dari sertifikasi ketahanan yang dibawa beberapa smartphone zaman sekarang itu.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah paham mengenai apa saja jenis sertifikasi ketahanan yang dibawa smartphone era kekinian? Sudah taukah anda arti dari sertifikasi tersebut?

Bagi anda yang belum tau, anda bisa pelajari macam-macam sertifikasi ketahanan smartphone zaman sekarang tersebut di dalam artikel ini.

Ini 3 Macam Jenis Sertifikasi Ketahanan yang Mulai Banyak Dikantongi Smartphone Zaman Sekarang

Jika berbicara mengenai sertifikasi ketahanan, memang sebenarnya hal ini sudah digunakan sejak jaman dulu. Hanya saja jumlah smartphone yang benar-benar mendapatkan sertifikasi ketahanan tersebut sangat sedikit.

ragam jenis sertifikasi ketahanan smartphone » Ini Macam Jenis Sertifikasi Ketahanan yang Dibawa Smartphone Zaman Sekarang

Baru-baru ini, mulai banyak vendor yang menonjolkan sertifikasi ketahanan smartphone besutannya. Berikut ini adalah beberapa contoh sertifikasi ketahanan yang mulai banyak dibawa smartphone jaman sekarang:

  1. Sertifikasi IP67

Sertifikasi ketahanan yang pertama dan paling sering dimiliki smartphone masa kini adalah IP67.

Lalu apa maksudnya sertifikasi ketahanan IP67 tersebut? Yang dimaksud dengan IP67 adalah sebuah smartphone dijamin lebih tahan debu dan juga percikan air.

Bahkan, beberapa smartphone yang membawa sertifikasi IP67 ini berani ditenggelamkan sepenuhnya di dalam air dengan kedalam 1 meter maksimal selama maksimal 30 menit.

Hanya saja, kondisi ditenggelamkan di dalam air ini hanya berlaku selama beberapa tahun saja. Pasalnya, kondisi tersebut tergantung juga dengan kondisi seal yang dipasang di dalam sebuah smartphone.

  1. Sertifikasi IP68

Selain sertifikasi IP67, ada juga smartphone yang mulai memiliki sertifikasi IP68. Kalau dilihat, sudah pasti sertifikasi IP68 ini lebih tinggi tingkatannya dari IP67.

Smartphone yang memiliki sertifikasi IP68 ini sama-sama tahan dengan debu dan juga air. Hanya saja, smartphone yang memiliki sertifikasi IP68 ini jauh lebih tahan ketika ditenggelamkan di dalam air.

Kebanyakan smartphone yang membawa sertifikasi IP68 mampu bertahan ketika ditenggelamkan di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

  1. Sertifikasi MIL STD 810G

Jika berbicara mengenai sertifikasi ketahanan sebuah perangkat elektronik, maka MIL STD 810G ini adalah sertifikasi ketahanan paling tinggi kelasnya.

Sertifikasi ini biasanya digunakan pada perangkat smartphone dan juga laptop. Setiap perangkat yang sudah mengantongi sertifikasi MIL STD 810G ini sudah dapat dipastikan siap “disiksa”.

Pasalnya, ada banyak sekali pengujian yang dilakukan pada perangkat hingga dinyatakan berhak menerima sertifikasi MIL STD 810G tersebut.

Macam-Macam Jenis Pengujian Smartphone Untuk Bisa Mendapatkan Sertifikasi MIL STD 810G

Seperti yang sudah disebutkan, memang MIL STD 810G adalah sertifikasi ketahanan kasta tertinggi. Hanya perangkat yang benar-benar dibuat dengan material berkualitas saja yang biasanya bisa selamat membawa sertifikat tersebut.

Pasalnya, setiap perangkat yang mau mendapatkan sertifikasi MIL STD 810G harus melewati beberapa macam jenis “siksaan” seperti:

  • Tes tekanan serta tes bantingan

Untuk mengantongi sertifikasi MIL STD 810G, tes pertama yang harus berhasil dilewati perangkat smartphone adalah tes tekanan dan juga bantingan.

Tes tekanan yang harus dilewati biasanya 20% lebih kuat dari tekanan yang bisa dialami perangkat ketika digunakan secara normal.

Sedangkan untuk tes bantingan, biasanya smartphone akan dibanting dari ketinggian tertentu pada lantai ataupun tanah.

  • Tes altitude

Setelah selamat dari tes tekanan dan juga bantingan, selanjutnya smartphone akan diuji di altitude (ketinggian) tertentu. Hal ini untuk memastikan smartphone tetap bisa bekerja optimal ketika dibawah di dataran tinggi dengan suhu yang cukup ekstrim.

  • Tes twisting

Tes selanjutnya yang harus dilewati smartphone agar bisa menerima sertifikasi MIL STD 810G adalah tes twisting atau lebih dikenal dengan tes pelintiran.

Pada tes ini, smartphone akan dicoba dipelintir ke arah kiri maupun kanan secara bergantian. Hal ini memastikan bahwa smartphone bisa bertahan ketika diletakkan di tempat-tempat yang cukup keras.

  • Tes getaran

Setelah lolos dari siksaan twisting, biasanya smartphone akan lanjut disiksa dengan getaran. Tes getaran selama beberapa jam terus menerus ini untuk memastikan bahwa perakitan komponen di dalam smartphone memang sudah sesuai standard.

Pasalnya, jika perakitan komponen di dalam smartphone tidak sesuai standard, dapat dipastikan smartphone akan berhenti beroperasi ketika menjalani tes getaran ini.

Selain 4 hal tersebut, sebenarnya masih banyak sekali jenis tes yang harus dilewati sebuah smartphone agar berhak mendapatkan sertifikasi MIL STD 810G.

Jadi sekarang anda sudah paham bukan betapa mewahnya sertifikasi ketahanan yang dikantongi oleh sebuah smartphone itu?