Samsung Galaxy Xcover FieldPro, Smartphone Outdoor Bersertifikasi Ketahanan Kelas Militer

Setelah terakhir meluncurkan seri Xcover 4s di bulan Juli 2019, sekarang vendor asal negeri ginseng ini kembali memperbarui seri smartphone outdoornya dengan meluncurkan Samsung Galaxy Xcover FieldPro.

Sebagian besar orang memang awalnya menganggap bahwa Samsung Galaxy Xcover FieldPro ini bakalan membawa spesifikasi premium karena adanya embel-embel “pro”.

Namun ternyata, yang dimaksud dengan pro di dalam nama Samsung Galaxy Xcover FieldPro adalah professional atau ditujukan untuk profesional yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan.

Lalu apakah spesifikasi Samsung Galaxy Xcover FieldPro memang sesuai dengan market yang disasarnya? Bagi anda yang tertarik ingin tau lebih detail mengenai spesifikasi yang dibawa smartphone outdoor terbaru dari Samsung ini, anda bisa baca infonya di dalam artikel ini.

Bawa Sertifikasi MIL STD 810G dan IP68

Sebagai smartphone outdoor, sudah pasti hal pertama yang mau dijual di Samsung Galaxy Xcover FieldPro ini adalah ketahanannya.

Galaxy Xcover FieldPro ini dipastikan bisa bertahan dalam kondisi dan perlakuan yang keras. Pasalnya, smartphone outdoor ini sudah mengantongi sertifikasi MIL STD 810G serta IP68.

fitur spek samsung galaxy xcover fieldpro 1028x610 » Samsung Galaxy Xcover FieldPro, Smartphone Outdoor Bersertifikasi Ketahanan Kelas Militer

Menurut klaim dari Samsung, Galaxy Xcover FieldPro ini bisa tetap bertahan setelah dihantam dengan benda-benda keras serta ditenggelamkan di dalam air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Desain Bodi Tebal dan Kokoh

Karena masuk kategori smartphone outdoor, sudah dapat dipastikan desain bodi Samsung Galaxy Xcover FieldPro ini tidak akan tipis seperti smartphone flagship.

Galaxy Xcover FieldPro punya desain bodi yang bisa dikatakan cukup tebal dan juga kokoh. Di sekeliling bodinya juga dilengkapi dengan cover tebal yang terbuat dari karet dengan daya tahan tinggi.

Layar 5.1 Inch Dengan Aspek Rasio 16:9

Karena difokuskan untuk bisa bertahan dalam kondisi keras di luar ruangan, sudah dapat dipastikan bagian layar Samsung Galaxy Xcover FieldPro tidak sama dengan layar smartphone biasa.

Galaxy Xcover FieldPro memang hanya membawa layar berukuran kecil yaitu 5.1 inch dan masih menggunakan aspek rasio 16:9. Panel yang digunakan juga merupakan teknologi panel lama yaitu capacitive.

Namun demikian, Samsung Galaxy Xcover FieldPro sudah mampu mendukung resolusi tinggi yaitu 1440 X 2560 piksel dengan kerapatan piksel sebesar 576 ppi.

Sedangkan untuk desain layarnya sendiri memang masih menggunakan desain layar smartphone kuno dengan bezel lebar di bagian atas, bawah, kanan, dan juga kiri.

Hal tersebut untuk memastikan layar Galaxy Xcover FieldPro ini bisa memiliki ketahanan yang paling maksimal di bagian layar.

Bawa Dapur Pacu Generasi S9

Di bagian layar, memang Galaxy Xcover FieldPro tidak bisa tampil memukau demi meningkatkan ketahanannya.

Namun hal tersebut dibayar lunas oleh Samsung dengan membenamkan darah Galaxy S9 di dalam Samsung Galaxy Xcover FieldPro ini.

Dapur pacu yang digunakan di Xcover FieldPro ini adalah dapur pacu yang sama seperti yang digunakan pada Galaxy S9 yaitu Exynos 9810 yang difabrikasi dengan teknologi 10 nm.

Dengan membawa SoC Exynos 9810 tersebut, Xcover FieldPro ini memiliki CPU 8 inti dengan konfigurasi 4 inti berkecepatan 2.7 Ghz dan 4 inti berkecepatan 1.8 Ghz.

Sedangkan untuk memori internal serta RAM, Samsung Galaxy Xcover FieldPro ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 64 GB dengan RAM 4 GB. Bukan hanya itu saja, Xcover FieldPro juga masih dibekali dengan slot microSD yang bisa menampung hingga kapasitas 1 TB.

Single Kamera Dengan Triple LED

Diluncurkan sebagai smartphone outdoor membuat Xcover FieldPro tidak dibekali dengan konfigurasi kamera semeriah smartphone masa kini.

Samsung Galaxy Xcover FieldPro ini hanya akan membawa konfigurasi single kamera baik di bagian belakang maupun di bagian depan.

Spesifikasi kamera yang diusungnya di bagian depan adalah 8 MP dan di bagian belakang adalah 12 MP PDAF. Namun meskipun cuma membawa single kamera, Xcover FieldPro dilengkapi dengan 3 LED di bagian belakang.

Baterai Besar Plus Fitur Baterai Swap

Untuk urusan catu daya, Samsung Galaxy Xcover FieldPro dipastikan tidak akan kekurangan daya. Pasalnya, smartphone outdoor terbaru dari Samsung ini akan menggendong baterai yang kapasitasnya super besar yaitu 4.500 mAh.

Bukan hanya itu saja, Xcover FieldPro dikabarkan juga dilengkapi dengan fitur baterai swap yang memudahkan pengguna untuk mengganti baterai dengan baterai cadangan yang diikutsertakan dalam kemasan penjualannya.

Lalu berapakah kisaran harga Samsung Galaxy Xcover FieldPro ini nanti? Sayangnya, sampai saat ini belum ada informasi lebih mengenai berapa harga jualnya.

Pasalnya, Xcover FieldPro ini baru mulai dipasarkan untuk digunakan oleh agen-agen pemerintahan saja. Semoga saja Samsung Galaxy Xcover FieldPro ini akan dijual juga ke warga sipil.