Desain Bodi Seperti Seri U3, Vivo Y19 Resmi Dijual di Vietnam dan Thailand

Vivo baru saja meluncurkan smartphone mid range seri terbarunya di 2 negara sekaligus yaitu di Vietnam dan juga Thailand pada tanggal 1 November 2019. Smartphone Vivo yang diluncurkan secara bersamaan di negara Vietnam dan Thailand tersebut adalah Vivo Y19.

Jika dilihat dari eksteriornya, memang Y19 ini punya bentuk yang sama seperti Vivo U3 yang baru saja diluncurkan di Cina pada bulan Oktober 2019 lalu.

Hal tersebut disebabkan karena Vivo Y19 memang menggunakan bodi yang sama dengan seri U3. Namun demikian, Y19 ini bukanlah versi rebranding dari U3 kemudian dijual di negara lain.

Lalu apakah spesifikasi Vivo Y19 ini berbeda dengan seri U3? Baca lebih lengkap informasi spesifikasi dari Vivo Y19 tersebut di dalam artikel ini.

Layar 6.53 Inch Berponi Mungil

Seperti yang sudah disebutkan, bagian eksterior dari Vivo Y19 ini memang serupa dengan seri U3. Pada bagian layar, Y19 ini memiliki ukuran layar yang sama besarnya dengan U3 yaitu 6.53 inch.

Sedangkan untuk mengakomodasi kamera di bagian depan, Vivo Y19 ini juga masih menggunakan desain layar berponi dengan bentuk water drop seperti halnya seri U3. Dengan menggunakan desain layar tersebut, maka Y19 memiliki rasio screen to bodi sebesar 84,4%.

review fitur harga spesifikasi smartphone android vivo y19 1028x643 » Desain Bodi Seperti Seri U3, Vivo Y19 Resmi Dijual di Vietnam dan Thailand

Untuk panelnya sendiri, Vivo Y19 juga menggunakan panel yang sama dengan U3 yaitu panel IPS LCD dengan dukungan resolusi FHD+ dengan aspek rasio 19,5:9 dan kerapatan piksel 395 ppi.

Dapur Pacu Tidak Menggunakan SoC Qualcomm Lagi Seperti U3

Meskipun tampak serupa dari bagian eksteriornya, Vivo Y19 punya perbedaan dari seri U3. Perbedaan pertamanya terletak pada dapur pacunya.

Seri Y19 tidak dibekali dengan SoC dari Qualcomm seperti halnya pada U3. Vivo Y19 dibekali dengan SoC dari Mediatek seri Helio P65. Meskipun menggunakan SoC dari Mediatek, namun performa Vivo Y19 sebenarnya tidak mengalami penurunan jika dibandingkan dengan seri U3.

Pasalnya, SoC Mediatek Helio P65 memiliki CPU 8 inti kombinasi dari ARM Cortex A55 dan ARM Cortex A75 yang punya kecepatan maksimal sama yaitu 2 Ghz.

Kecepatan CPU yang digunakan di seri Y19 ini sebenarnya masih sama seperti halnya CPU yang ada di dalam SoC yang digunakan seri U3.

Selain berbeda jenis SoC yang dibenamkan di dalamnya, Vivo Y19 yang dipasarkan di Vietnam dan juga Thailand juga hanya tersedia dalam satu pilihan kapasitas memori saja yaitu RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB. Tidak seperti seri U3 yang tersedia dalam 2 pilihan kapasitas memori internal.

3 Kamera Utama Plus LED Flash

Di bagian belakang, Vivo Y19 juga sulit sekali dibedakan dari seri U3. Pasalnya, Y19 yang sudah mulai dipasarkan di Vietnam dan Thailand pada tanggal 1 November 2019 ini juga punya 3 kamera.

Selain 3 kamera yang dijajar secara vertikal di pojok kiri atas cover belakang juga tersemat satu LED flash. Konfigurasi 3 kamera di bagian belakang Vivo Y19 ini juga sebenarnya serupa dengan yang dibawa seri U3.

Konfigurasi 3 kamera utama seri Y19 ini terdiri dari kamera 16 MP yang berperan sebagai kamera utama, kamera 8 MP ultrawide angle, dan juga kamera depth sensor 2 MP.

Sedangkan pada bagian depan, Vivo Y19 ini juga dibekali dengan spesifikasi kamera seflie yang sama dengan seri U3 yaitu 16 MP.

Meskipun membawa spesifikasi kamera yang sama, ternyata Vivo Y19 juga dibekali dengan satu fitur khusus yang disebut dengan Pose Master. Fitur Pose Master tersebut bisa memilih foto terbaik dari berbagai macam pose.

Dibekali Baterai yang Serupa Dengan Seri U3

Untuk bagian baterai, Vivo Y19 sudah dapat dipastikan membawa baterai yang serupa seperti yang digunakan di seri U3 yang sudah lebih dulu diluncurkan di Cina.

Kapasitas baterai yang dibawa Y19 adalah 5.000 mAh. Selain punya kapasitas baterai yang besar, Y19 juga akan dilengkapi fitur fast charging 18W seperti halnya seri U3.

Sayangnya, Vivo Y19 juga masih menggunakan port micro USB 2.0 juga seperti halnya seri U3.

Untuk masalah warna, Vivo Y19 ini hanya tersedia dalam 2 pilihan warna saja yaitu hitam dan juga putih. Sedangkan untuk harganya, Vivo Y19 ini dijual di Thailand dengan harga 230 Dolar atau 3,2 juta Rupiah.

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai berapa kisaran harga Vivo Y19 di Vietnam untuk saat ini.