Demi Daya Jual, Ini Teknologi yang Disematkan Vendor Smartphone Zaman Sekarang

Smartphone yang dijual di masa kini memang sudah tidak bisa dibandingkan lagi dengan HP di beberapa puluh tahun lalu. Selain mereknya yang makin banyak, persaingan antar produsen smartphone itu memaksa mereka untuk beradu inovasi dengan menyematkan berbagai macam fitur teknologi pada smartphone besutannya.

Bukan hanya untuk mendukung kebutuhan konsumen saja, namun macam-macam teknologi yang disematkan di dalam sebuah smartphone zaman sekarang itu terkadang juga hanya untuk mengungguli kompetitor saja.

Lalu apa saja jenis teknologi yang mulai banyak disematkan oleh produsen smartphone untuk meningkatkan daya jual produknya? Anda bisa simak lebih lengkap macam-macam teknologi yang disematkan di smartphone jaman sekarang di dalam artikel ini.

Ini 5 Jenis Teknologi yang Hampir Selalu Dimiliki Smarpthone Zaman Sekarang

Untuk bisa memikat konsumen, banyak produsen smartphone tidak hanya membuat desain smartphone terlihat makin mewah saja.

fitur teknologi terbaru yang disematkan produsen smartphone jaman sekarang 1028x685 » Demi Daya Jual, Ini Teknologi yang Disematkan Vendor Smartphone Zaman Sekarang

Selain itu, banyak produsen smartphone juga mencoba memikat konsumen dengan menyediakan berbagai teknologi baru di dalam smartphone besutannya.

Berikut ini adalah beberapa contoh teknologi yang mulai banyak digunakan produsen smartphone untuk mengiming-imingi konsumen di jaman sekarang:

  1. Teknologi sensor fingerprint di bawah layar

Di tahun 2019 ini, tampak jelas ada tren teknologi baru yang dibawa oleh sebagian besar produsen smartphone di bagian keamanan. Tren teknologi tersebut adalah sensor fingerprint yang berada di bawah layar.

Dengan memiliki teknologi sensor fingerprint di bawah layar, sebuah smartphone jadi terlihat makin canggih. Selain itu, cover di bagian belakang smartphonenya juga jadi makin bersih.

Dan yang terakhi, sensor fingerprint di bawah layar juga membuat pengguna semakin cepat dalam mengakses smartphone.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak sekali produsen smartphone yang mulai terpikat untuk menyematkan teknologi ini di salah satu atau beberapa produknya.

  1. Sensor IR Blaster

IR Blaster merupakan sensor yang awalnya ditujukan untuk meningkatkan kualitas dari teknologi face unlock.

Dengan adanya IR Blaster, sebuah smartphone bisa menggunakan fitur face unlock bahkan di dalam kondisi minim pencahayaan.

Namun dalam perjalanannya, IR Blaster yang disematkan di smartphone juga mulai digunakan untuk mengontrol beberapa perangkat elektronik seperti AC dan juga TV.

Jadi dengan adanya IR Blaster, pengguna sekarang bahkan bisa menggunakan smartphonenya sebagai remote untuk menyalakan atau mematikan AC dan juga TV di rumah.

Dengan makin banyaknya fungsi dari IR Blaster tersebut, maka tidak heran juga jika mulai banyak produsen smartphone menyematkan teknologi tersebut di dalam produknya.

  1. Fast charging

Kapasitas baterai besar saja sudah tidak cukup untuk konsumen di jaman sekarang. Pasalnya, efek samping dari baterai smartphone yang kapasitasnya besar itu adalah proses pengisian dayanya butuh waktu yang lebih lama.

Oleh sebab itu, jaman sekarang kebanyakan produsen smartphone lebih memilih menyematkan baterai yang kapasitasnya biasa-biasa saja (4.000 mAh) namun kemudian melengkapinya dengan teknologi fast charging.

Kenapa? Karena banyak orang memang lebih memilih smartphone yang punya teknologi fast charging agar mereka tidak membuang-buang waktu untuk menunggu baterai smartphonenya diisi ulang.

Dan saat ini, mayoritas produsen smartphone sedang berlomba-lomba menghadirkan teknologi fast charging yang lebih aman dan juga lebih cepat lagi.

  1. NFC

Teknologi NFC juga mulai banyak disematkan di beberapa merek smartphone. Teknologi NFC ini memang sudah mulai populer digunakan di luar negeri.

Kebanyakan smartphone yang laku di pasaran global itu memang yang sudah dilengkapi dengan teknologi NFC ini.

NFC sendiri adalah satu teknologi yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Anda bisa menggunakan NFC ini untuk pembayaran cashless hingga mengirimkan file ke perangkat lain secara instan.

Meskipun memang belum begitu banyak digunakan di Indonesia, mulai tampak peningkatan jumlah smartphone baru yang sudah disematkan dengan teknologi ini.

  1. Port USB tipe C

Teknologi terakhir yang juga mulai dibenamkan di smartphone jaman sekarang oleh produsen adalah teknologi port USB tipe C.

Dengan adanya port USB tipe C ini, maka pengguna tidak perlu kerepotan mencari posisi yang tepat. Pasalnya, port USB tipe C ini bisa dipasang dalam posisi terbolak balik.

Selain itu, port USB tipe C ini juga sudah mendukung teknologi pengisian daya baterai cepat serta sudah memiliki fitur khusus yang membuatnya berbunyi klik ketika sudah terhubung.

Jadi gimana? Apakah anda juga mulai tertarik membeli smartphone yang punya salah satu atau beberapa teknologi seperti yang dijelaskan di dalam artikel ini?

Kalau anda juga mulai tertarik membeli smartphone berdasarkan teknologi yang disematkan di dalamnya, kira-kira teknologi apa yang jadi prioritas anda yang harus ada di dalam sebuah smartphone?