Asus Zenfone Max Plus M2, Smartphone Pertama yang Pakai Snapdragon SiP 1

Di awal tahun 2019 lalu, Asus memperkenalkan 2 smartphone di Brazil. Sekilas memang 2 smartphone yang diperkenalkan oleh Asus tersebut tampak biasa saja.

Namun sebenarnya, 2 smartphone tersebut merupakan smartphone pertama yang menggunakan SoC spesial dari Qualcomm. SoC yang dibenamkan di dalam 2 smartphone Asus tersebut dikenal dengan nama Snapdragon SiP 1.

Salah satu smartphone yang memiliki SoC tersebut adalah Asus Zenfone Max Plus M2. Lalu seperti apakah spesifikasi lengkap dari smartphone Asus tersebut? Simak penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi serta fitur-fiturnya di dalam artikel ini.

Layar Dengan Desain Full Notch

Karena diperkenalkan di awal tahun 2019, sudah dapat dipastikan di bagian layar masih menggunakan desain poni ala IPhone X yang disebut dengan full notch, yang memang saat itu sedang populer.

Untuk ukuran layarnya sendiri, sebenarnya Asus Zenfone Max Plus M2 sudah dibekali dengan layar yang cukup besar yaitu 6.26 inch. Dan karena menggunakan desain layar berponi, Asus Zenfone Max Plus M2 berhasil mendapatkan rasio screen to bodi 81.4% (yang kala itu sudah sangat bagus).

review fitur harga spek asus zenfone max plus m2 1028x578 » Asus Zenfone Max Plus M2, Smartphone Pertama yang Pakai Snapdragon SiP 1

Dan untuk bagian panel, Asus Zenfone Max Plus M2 ini dibekali dengan panel S-IPS LCD yang sudah mendukung resolusi 1080 X 2246 piksel dengan aspek rasio 18.7:9 dan kerapatan piksel 398 ppi.

Pakai Qualcomm Snapdragon SiP 1

Yang menarik dari Asus Zenfone Max Plus M2 adalah pada bagian SoC atau system on chipnya. Pasalnya, smartphone tersebut dibekali dengan SoC yang belum pernah digunakan di smartphone manapun sebelumnya.

SoC yang dibenamkan di dalam Asus Zenfone Max Plus M2 adalah Qualcomm Snapdragon SiP 1. Lalu apa sebenarnya yang membedakan SoC yang dibenamkan di dalam Asus Zenfone Max Plus M2 ini dengan SoC pada umumnya?

Yang membedakan antara Snapdragon SiP 1 dengan SoC yang digunakan di kebanyakan smartphone ada pada komponen yang ada di dalamnya.

Pada Snapdragon SiP 1, hampir semua komponen penting sudah dibenamkan menjadi satu. Oleh sebab itu, chipset tersebut diberi nama SiP yang merupakan singkatan dari System in Package.

Jadi di dalam System in Package tersebut sudah terdapat CPU, GPU, Modem, RF front end, Audio Codec, RAM, dan juga memori internal. Jadi dengan menggunakan system in package tersebut, produsen smartphone hanya perlu menyiapkan casing, layar, dan juga baterai saja.

Untuk SiP 1 yang dibenamkan di dalam Asus Zenfone Max Plus M2 sendiri di dalamnya masih menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 450 yang sudah memiliki CPU 8 inti dengan kecepatan maksimal 1.8 Ghz.

Sedangkan untuk memorinya, Asus Zenfone Max Plus M2 tersebut membawa RAM berkapasitas 3 GB dan memori internal 32 GB. Asus Zenfone Max Plus M2 juga masih dibekali dengan slot memori eksternal untuk menambahkan daya tampung file.

Dan untuk sistem operasinya, Asus Zenfone Max Plus M2 masih menggunakan sistem operasi Android versi 8.0 atau biasa disebut dengan Android Oreo sebagai OS default pabrikannya.

Bawa Konfigurasi Dual Kamera Utama 12 MP

Di bagian kamera, Asus Zenfone Max Plus M2 memang tidak begitu mencolok. Pasalnya, smartphone tersebut hanya dibekali dengan konfigurasi dual kamera saja yang terdiri dari kamera 12 MP PDAF dan juga kamera 5 MP depth sensor.

Sedangkan di bagian depan, tepatnya di dalam full notch yang berada di layar bagian atas tersemat 1 kamera selfie 8 MP dengan ditemani 1 buah LED flash.

Kapasitas Baterai Jumbo di Masanya

Selain menarik dari segi penggunaan teknologi system in package dari Qualcomm, Asus Zenfone Max Plus M2 juga makin menarik karena dibekali dengan baterai yang bisa dikategorikan jumbo di masanya.

Kapasitas baterai yang digendong Asus Zenfone Max Plus M2 adalah sebesar 4.000 mAh. Selain itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat sebesar 10W.

Namun memang, port yang digunakan masih berupa port micro USB 2.0 karena smartphone ini diperkenalkan di awal tahun 2019.

Menurut kabarnya, Asus Zenfone Max Plus M2 ini sudah dipasarkan di Brazil dengan 4 pilihan warna yaitu merah, biru, silver, dan juga hitam. Untuk harganya, Asus Zenfone Max Plus M2 ini dijual dengan kisaran harga 200 Euro atau 3 jutaan rupiah di awal tahun 2019.

Namun sayang, sampai saat ini belum ada kabar lebih lanjut mengenai apakah Asus akan mengembangkan smartphone baru dengan teknologi system in package tersebut lagi atau tidak.