Berkenalan dengan Essential PH-1, Smartphone Pertama dengan Desain Layar Berponi

Jika diperhatikan, smartphone zaman sekarang itu semuanya menggunakan desain layar berponi untuk membuat layarnya terasa lebih luas.

Namun berbicara mengenai layar berponi atau biasa juga disebut dengan notch, IPhone X dikatakan sebagai pelopornya. Padahal sebenarnya, bukan IPhone X yang menjadi pelopor desain layar berponi tersebut.

Essential PH-1 adalah smartphone pertama yang sebenarnya menggunakan desain layar berponi untuk memperluas tampilan layar.

Selain jadi yang pertama menerapkan konsep layar berponi, Essential PH-1 ini juga merupakan smartphone besutan dari creator sistem operasi Android yang saat ini sudah diakuisisi sepenuhnya oleh Google.

Penasaran seperti apa tampilan dan juga spesifikasi dari Essential PH-1? Baca lebih lanjut spesifikasi serta berbagai macam fitur unggulan dari Essential PH-1 di dalam artikel ini.

Desain dan Material Super Kuat

Hal pertama yang sebenarnya ditonjolkan oleh Essential PH-1 ini bukanlah poni atau notch di bagian layarnya.

Smartphone besutan bapak dari sistem operasi Android ini sebenarnya lebih menonjolkan pada desain dan materialnya yang terbukti super kuat.

review fitur spek essential ph 1 1028x700 » Berkenalan dengan Essential PH-1, Smartphone Pertama dengan Desain Layar Berponi

Desain smartphone ini dibuat melengkung di bagian sudutnya. Sedangkan untuk materialnya, bodi Essential PH-1 ini dibuat menggunakan bahan titanium sehingga jauh lebih tahan goresan dan juga penyok ketika tidak sengaja terjatuh.

Di bagian cover belakang, Essential PH-1 ini dibuat menggunakan material keramik sehingga menciptakan kesan mewah dan kokoh saat digenggaman tangan.

Layar Dengan Desain Edge to Edge Full Display

Di bagian layar, memang Essential PH-1 ini adalah yang pertama menggunakan desain layar berponi atau yang mulai disebut dengan notch di era IPhone X.

Dengan mengusung desain Edge to Edge Full Display, Essential PH-1 menggunakan poni minimalis berbentuk huruf U untuk tempat meletakkan kamera di bagian depan smartphone.

Karena menggunakan desain layar tersebut, layar Essential PH-1 yang berukuran 5.71 inch benar-benar terasa lebih luas. Hal tersebut disebabkan karena Essential PH-1 berhasil meningkatkan rasio screen to bodi smartphone menjadi 84.9%. Hal tersebut disebabkan smartphone ini hanya memiliki bezel yang sangat tipis di bagian kanan, kiri, dan di bagian atas layar.

Dan pada bagian panel, Essential PH-1 menggunakan panel LTPS IPS LCD yang sudah mendukung resolusi 1312 X 2560 piksel dengan kerapatan piksel sebesar 504 ppi.

Bukan hanya itu saja, layar Essential PH-1 juga sudah dilindungi dengan kaca khusus dari Corning Gorilla Glass 5 sehingga aman dari goresan.

Dapur Pacu Masih Mumpuni di Zaman Sekarang

Meskipun diluncurkan di tahun 2017, dapur pacu Essential PH-1 ini masih bisa dikatakan mumpuni di zaman sekarang.

Di bagian chipset, smartphone Essential PH-1 ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang saat itu merupakan chipset seri tertinggi yang sudah diproduksi menggunakan teknologi 10 nm.

Di dalam chipset tersebut sudah terdapat CPU 8 inti dengan kecepatan 2.45 Ghz. Selain itu, juga sudah dilengkapi dengan GPU Adreno seri 540 yang memang saat ini sudah cukup ketinggalan jaman.

Sedangkan di bagian memori, Essential PH-1 ini masih bisa dikatakan cukup mumpuni karena dibekali dengan RAM 4 GB dengan memori internal berkapasitas 128 GB.

Dan yang lebih menariknya lagi, meskipun sudah diluncurkan sejak tahun 2017, Essential PH-1 ini mendapatkan pembaruan sistem operasi Android 10 pertama kali.

Dual Kamera Utama Dengan Layout Horizontal

Untuk bagian kamera, smartphone Essential PH-1 ini memang belum dibekali dengan kamera seperti smartphone masa kini.

Essential PH-1 hanya membawa konfigurasi dual kamera di bagian belakang dengan layout horizontal. Konfigurasi dual kameranya sendiri terdiri dari 2 kamera 13 MP PDAF.

Sedangkan di bagian depan, Essential PH-1 ini juga dilengkapi dengan kamera selfie 8 MP. Baik kamera utama maupun kamera selfie Essential PH-1 ini sudah bisa digunakan untuk merekam video berkualitas [email protected]

Kapasitas Baterai Mungil Namun Dilengkapi Fitur Fast Charging

Pada bagian baterai, smartphone Essential PH-1 ini memang tidak dibekali dengan baterai yang kapasitasnya cukup besar.

Essential PH-1 hanya menggendong baterai 3.040 mAh saja. Namun meskipun hanya bawa baterai yang kapasitasnya tidak seberapa besar, smartphone ini dilengkapi dengan fitur pengisian daya baterai cepat sebesar 27W.

Bukan hanya itu saja, smartphone ini juga sekaligus dilengkapi dengan fitur USB Power Delivery 2.0.

Jadi, sekarang sudah paham bukan smartphone apa yang sebenarnya pertama kali menggunakan desain layar berponi itu? Menurut anda, tampilan dari Essential PH-1 ini masih oke tidak untuk dipakai di zaman sekarang?