Vivo X30, Smartphone Pertama yang Dibekali Chipset Exynos 980

Pada tanggal 7 November 2019, Vivo dan Samsung mengadakan acara konferensi secara bersamaan di Beijing.

Pada acara tersebut, baik Vivo maupun Samsung secara terang-terangan menyatakan bahwa sedang berkolaborasi untuk memproduksi satu smartphone baru.

Kabarnya, smartphone Vivo yang terbaru akan menggunakan chipset besutan Samsung yaitu Exynos 980. Smartphone tersebut adalah Vivo X30.

Lalu apa saja yang menarik dari Vivo X30 tersebut? Seperti apakah bocoran spesifikasinya? Untuk mengetahui lebih detail mengenai smartphone Vivo X30 yang menggunakan chipset terbaru dari Samsung, anda bisa baca di dalam artikel ini.

Dirumorkan Akan Memiliki Layar Besar Dengan Refresh Rate 90 Hz

Meskipun memang spesifikasi dan bahkan render Vivo X30 belum muncul sama sekali, namun sudah mulai banyak bocoran mengenai speknya.

Bocoran spek pertama dari Vivo X30 adalah pada bagian layarnya. Dirumorkan, Vivo X30 ini akan dibekali dengan layar yang ukurannya cukup besar yaitu 6.5 inch.

bocoran fitur spek hp vivo x30 1028x685 » Vivo X30, Smartphone Pertama yang Dibekali Chipset Exynos 980

Namun yang menarik bukan ukuran layarnya yang besar, yang menarik adalah panel yang digunakan kemungkinan adalah panel AMOLED. Dan selain itu, dikabarkan juga Vivo X30 akan membawa layar dengan refresh rate tinggi yaitu 90 Hz seperti layaknya Google Pixel 4.

Karena menggunakan panel AMOLED dan punya refresh rate 90 Hz, sudah dapat dipastikan jika panelnya sudah mendukung resolusi FHD+. Dan bukan hanya itu saja, kemungkinan besar juga sudah terdapat fitur in display fingerprint (optical).

Pakai Chipset Exynos 980, Chipset Mid Range Pertama Dengan Integrated Modem 5G

Yang menarik banyak perhatian dari smartphone yang tidak lama lagi akan diluncurkan Vivo ini sebenarnya ada pada dapur pacunya.

Pasalnya, Vivo X30 akan menggunakan chipset yang dibuat oleh Samsung. Bukan sembarang chipset, smartphone Vivo terbaru tersebut akan menggunakan chipset mid range pertama yang sudah dilengkapi dengan modem 5G jenis integrated.

Selain dilengkapi dengan integrated modem 5G, Exynos 980 besutan Samsung juga dikabarkan dibekali dengan CPU octa core yang difabrikasi menggunakan teknologi 8 nm FinFET.

CPU octa core yang ada di dalamnya sendiri terdiri dari 2 inti Cortex A77 dengan kecepatan maksimal 2.2 Ghz dan 6 inti Cortex A55 dengan kecepatan maksimal 1.8 Ghz.

Dan yang lebih menarik lagi dari chipset yang akan dibawa Vivo X30 adalah pada GPU yang disematkan di dalamnya. Exynos 980 dibekali dengan GPU Mali G76 MP5 yang dinyatakan bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan grafis yang cukup berat seperti gaming dan juga editing foto maupun video.

Dilengkapi Dengan Memori Internal dan RAM Besar

Karena sudah membawa chipset Exynos 980 yang bisa digunakan baik untuk gaming dan juga editing foto maupun video, jadi kemungkinan besar memang Vivo X30 ini akan dilengkapi juga dengan kapasitas memori internal serta RAM yang besar.

Hal tersebut kemungkinan besar dilakukan Vivo agar memaksimalkan kinerja chipset Exynos 980 besutan Samsung.

Untuk kapasitas memori internalnya, Vivo X30 dikabarkan akan membawa memori internal dengan kapasitas 256 GB. Dan untuk RAM, Vivo X30 akan membawa RAM sebesar 8 GB.

Dipastikan Bawa Quad Kamera

Di bagian kamera, Vivo X30 dipastikan akan membawa konfigurasi quad kamera. Hal tersebut bisa dilihat dari teaser dari Vivo X30 sendiri yang menunjukkan layout 4 kamera yang ditata rapi secara vertikal di bagian belakang.

Untuk konfigurasi quad kamera utamanya sendiri, kemungkinan Vivo X30 ini akan membawa kamera 60 MP sebagai kamera utama serta ditemani dengan kamera 13 MP, 8 MP, dan juga 2 MP.

Sedangkan untuk kamera selfie, Vivo X30 ini kemungkinan akan dibekali dengan kamera 32 MP. Hanya saja, belum bisa dipastikan apakah kamera selfie akan dibenamkan di dalam notch, punch hole, atau justru menggunakan mekanisme pop up.

Kapasitas Baterai Jumbo

Karena kemungkinan besar Vivo X30 akan digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan yang berat, maka tidak heran jika smartphone ini juga akan dibekali dengan baterai yang kapasitasnya cukup besar.

Baterai yang akan dibawa Vivo X30 dikabarkan memiliki kapasitas 4.500 mAh. Dan sebagai tambahan, smartphone Vivo terbaru ini juga akan membawa fitur pengisian daya cepat sebesar 22.5W atau 30W.

Belum ada informasi lebih mengenai berapa harga jualnya serta kapan smartphone Vivo X30 ini rencananya akan mulai dipasarkan. Vivo hanya menyatakan bahwa smartphone yang menggunakan chipset Exynos 980 ini akan diluncurkan di bulan Desember 2019 saja.