Micro USB VS USB Tipe C, Mana yang Lebih Baik Digunakan Sebagai Port Smartphone?

Selain chipset dan juga spek kamera, cukup banyak orang yang juga mulai memperhatikan port apa yang digunakan sebuah smartphone.

Berbicara mengenai port, smartphone di masa kini itu terbagi menjadi 2 yaitu yang masih menggunakan port micro USB dan yang sudah menggunakan port USB tipe C.

Lalu sebenarnya mana port smartphone yang lebih baik? Bagi anda yang ingin tau lebih banyak mengenai perbandingan antara port micro USB dan port USB tipe C yang digunakan di smartphone, anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Mana yang Lebih Baik Antara Micro USB dan USB Tipe C?

Jika mau dibandingkan, memang smartphone yang menggunakan port micro USB sebenarnya sudah terlihat begitu kuno di masa kini.

Kebanyakan smartphone keluaran baru sudah mulai menggunakan port USB tipe C. Dan lagi, port USB tipe C juga selalu digunakan di smartphone kelas atas.

perbandingan micro usb vs usb tipe c pada smartphone 1028x589 » Micro USB VS USB Tipe C, Mana yang Lebih Baik Digunakan Sebagai Port Smartphone?

Berbicara mengenai kenapa banyak smartphone yang mulai menggunakan port USB tipe C dan meninggalkan micro USB, semua itu disebabkan karena memang port USB tipe C bisa membuka lebih banyak fitur baru di dalam sebuah smartphone.

Ini 5 Kelebihan Port USB Tipe C Dibandingkan Micro USB di Smartphone Masa Kini

Seperti yang sudah disebutkan, port USB tipe C memang bisa memberikan banyak kelebihan ketika disematkan di dalam sebuah smartphone.

Sebuah smartphone yang memiliki port USB tipe C bisa dijejali dengan lebih banyak fitur dibandingkan dengan yang hanya membawa port micro USB.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan port USB tipe C jika dibandingkan dengan port micro USB yang digunakan di smartphone masa kini:

  1. Tidak memiliki posisi atas maupun bawah

Kelebihan pertama dari port USB tipe C yang dibenamkan di dalam sebuah smartphone yang bisa dirasakan secara langsung oleh pengguna adalah bisa dibolak balik.

Hal tersebut disebabkan karena desain port USB tipe C memang tidak memiliki posisi atas maupun bawah. Bentuknya benar-benar sama sehingga memudahkan pengguna dalam memasangnya.

Tidak seperti micro USB yang memiliki bentuk atas dan bawah yang berbeda sehingga membuat pengguna kesulitan memasang kabel charger smartphone ketika dalam kondisi minim cahaya.

  1. Sudah kompatibel dengan teknologi USB 3.1

Selain punya desain yang sangat praktis, port USB tipe C yang terpasang di smartphone masa kini sudah kompatibel dengan teknologi USB 3.1.

Dengan begitu, maka semua smartphone yang sudah menggunakan port USB tipe C dipastikan bisa mengirimkan data lebih cepat dengan menggunakan kabel USB.

Selain itu, kabel USB tipe C juga masih bisa digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan perangkat lain yang masih menjalankan teknologi USB 2.0 ataupun USB 3.0.

  1. Sudah mendukung penggunaan fitur fast charging

Bukan hanya bisa mengirimkan data lebih cepat saja, smartphone yang sudah menggunakan port USB tipe C juga menjadikannya dapat mendukung fitur pengisian daya baterai cepat atau lebih dikenal dengan istilah fast charging.

Smartphone yang memiliki port USB tipe C biasanya minimal sudah bisa menggunakan charger 5 Ampere yang bisa mempercepat waktu pengisian daya baterai sebanyak 2 sampai 3 kali dari semestinya.

  1. Bisa digunakan untuk reverse charging

Yang jauh lebih menarik lagi dari penggunaan USB tipe C di smartphone adalah bisa membuat sebuah smartphone melakukan pengisian daya ke perangkat lain atau biasa dikenal dengan istilah reverse charging.

Jadi dengan penggunaan port USB tipe C, smrtphone yang dibekali dengan kapasitas baterai super besar juga bisa digunakan sebagai powerbank untuk perangkat lain.

  1. Lebih tahan lama dibandingkan dengan port micro USB

Kelebihan terakhir dari port USB tipe C yang sekarang banyak digunakan di smartphone adalah lebih tahan lama jika dibandingkan dengan port micro USB.

Kenapa? Karena proses pemasangan charger di smartphone dengan port USB tipe C lebih mudah sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan karena human error sangat kecil.

Jadi bagaimana? Banyak sekali bukan pengaruhnya penggunaan port USB tipe C di sebuah smartphone itu?

Setelah melihat apa saja kelebihan smartphone yang punya port USB tipe C tersebut, apakah anda mulai menganggap smartphone dengan port micro USB itu kuno dan ketinggalan jaman?