Mengenal Mutiara Asli Beserta Jenis-Jenisnya

Indonesia menjadi negara dengan kekayaan maritim yang luar biasa, salah satunya berupa mutiara asli dari alam. Varietas mutiara yang ada di Nusantara sangat beragam, baik mutiara dari laut maupun jenis air tawar. Mutiara dapat diolah menjadi aksesoris yang unik dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Berikut informasi lengkap untuk mengenal mutiara, mulai dari jenis hingga ciri-ciri keasliannya.

mengenal jenis mutiara 1028x747 » Mengenal Mutiara Asli Beserta Jenis-Jenisnya

Mengenal Mutiara dan Jenis-Jenisnya

  1. Asal Mutiara

Mutiara dihasilkan oleh biomineralisasi moluska (kerang atau siput) yang terlukai akibat masuknya benda asing seperti pasir atau serpihan kerang ke dalam tubuh. Pada dasarnya semua jenis moluska bisa menghasilkan mutiara, hanya saja tidak semuanya mampu menciptakan mutiara dengan kilau indah dan memiliki nilai ekonomis.

Mutiara terbentuk secara alami karena moluska ingin melindungi tubuhnya. Namun ada juga mutiara yang dibentuk buatan oleh manusia dengan cara memasukkan objek asing secara sengaja ke dalam tubuh moluska. Akibatnya, moluska akan menciptakan lapisan nacre yang nantinya bisa diolah menjadi mutiara dengan bantuan manusia.

Mutiara yang ada di pasaran saat ini adalah hasil budidaya dengan melibatkan teknik pengolahan berteknologi tinggi. Peran pengrajin sangat penting dalam mengubah bentuk mutiara dari alam menjadi perhiasan cantik dengan harga jual tinggi. Industri ini mampu menciptakan model mutiara dalam alih wujud yang bervariasi.

  1. Jenis-Jenis Mutiara

Untuk mengenal mutiara jenis-jenis mutiara, perlu diketahui ragam varietasnya. Tiga yang paling terkenal yaitu, mutiara Akoya, Lombok, dan Tahitian. Mutiara Akoya mempunyai bentuk bulat dengan warna putih yang berkilau. Mutiara ini sangat cantik dan mampu memberikan kesan anggun bagi penggunanya.

Mutiara ini secara alami berasal dari pantai di Kepulauan Jepang. Ukurannya pun kecil, dan merupakan hasil budidaya tiram pada perairan dingin. Adapun mutiara Lombok juga tidak kalah cantik. Mutiara ini tergolong salah satu yang paling langka dan paling indah di dunia. Ukurannya berkisar antara 8—22 mm.

Tidak jauh berbeda dari mutiara Akoya ataupun Lombok, mutiara Tahitian juga sangat indah bentuknya. Dibandingkan dua yang lain, mutiara Tahitian berukuran lebih besar. Secara alami, mutiara ini berasal dari hasil budidaya di Pasifik Selatan, tepatnya daerah Tahiti. Harga jualnya bisa sangat mahal.

  1. Karakteristik Mutiara yang Asli

Mutiara bisa diubah menjadi aneka bentuk hiasan yang cantik, seperti gelang, kalung, dan lain-lain. Mutiara dengan kualitas tinggi bahkan bisa dijual dengan harga sangat mahal, maka tak heran jika banyak yang mencarinya. Namun karena itu justru banyak mutiara palsu yang diperjualbelikan.

Mutiara yang asli memiliki karakteristik unik. Dari segi bentuk, mutiara asli tidaklah bulat sempurna. Jika pun ada yang bulat, maka itu mutiara dengan harga selangit dan merupakan hasil polesan teknologi canggih. Mutiara asli pada umumnya berbentuk tidak simetris, dengan lekukan di beberapa sudutnya.

Dari segi tekstur dan permukaan, mutiara yang asli bentuknya kasar menyerupai sidik jari. Permukaan ini bisa dilihat dengan jelas jika menggunakan kaca pembesar. Secara kasat mata, keaslian mutiara bisa dirasakan dengan cara menggosokan dua mutiara. Apabila terasa kasar serta menghasilkan serbuk halus, maka sangat mungkin mutiara tersebut asli.

 

Itulah informasi untuk mengenal mutiara beserta jenis-jenisnya. Mutiara telah menjadi salah satu komoditas sebagai pilihan investasi perhiasan yang penting di berbagai tempat di penjuru dunia. Hal ini dikarenakan sifatnya yang fleksibel dan mudah diubah menjadi bentuk lain. Industri mutiara bahkan telah dipatenkan sejak 1916 dan hingga kini hasilnya masih banyak diminati oleh para kolektor maupun masyarakat awam.