Muncul di TENAA dan Juga Geekbench, Nokia C3 Bakalan Segera Rilis di Asia

HMD Global tampaknya tidak lama lagi akan segera meluncurkan seri Nokia C terbaru yaitu Nokia C3. Hal tersebut disebabkan karena Nokia C3 sudah muncul baik di Geekbench maupun di TENAA.

Menariknya lagi, Nokia C3 tampaknya tidak akan hadir dengan chipset besutan Mediatek. Untuk bisa menekan harga jualnya, Nokia C3 tampaknya akan menggunakan chipset besutan UNISOC.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi lengkapnya? Selain itu, berapakah kisaran harga jualnya nanti? Bagi anda yang ingin mengetahui bocoran spesifikasi dari Nokia C3 yang sudah muncul di TENAA dan juga Geekbench, anda bisa baca informasi tersebut di artikel ini.

Memperoleh Skor Cukup Rendah di Geekbench

Nokia C3 memang bukan smartphone kelas atas. Oleh sebab itu, hasil pengujiannya di Geekbench juga terlihat biasa saja.

Dari hasil pengujiannya di Geekbench, Nokia C3 hanya berhasil menorehkan skor sangat minim baik di pengujian single core dan juga multi core.

Untuk pengujian single core, Nokia C3 memperoleh skor hanya 149 saja. Sedangkan untuk pengujian multi core, Nokia C3 memperoleh skor 820.

Dibekali Dengan Display yang Agak Sedikit Besar Ukurannya

Meskipun kurang begitu bertenaga jika dilihat dari hasil pengujian di Geekbench, Nokia C3 justru mengalami sedikit peningkatan pada bagian display.

Nokia C3 dibekali dengan display yang ukurannya sedikit lebih besar. Ukuran display yang diusung Nokia C3 adalah sebesar 5.99 inci. Sedangkan untuk resolusinya, Nokia C3 sudah mendukung resolusi HD+ atau 720 X 1440 piksel.

Sayangnya belum diketahui desain display seperti apakah yang nanti akan digunakan pada Nokia C3. Namun jika melihat kategorinya sebagai entry level smartphone, kemungkinan besar Nokia C3 masih akan menggunakan display dengan bezel cukup tebal di bagian atas dan juga di bagian bawah.

Cuma Dibekali Chipset UNISOC Dengan CPU Octa Core

Untuk bagian dapur pacunya, Nokia C3 bisa dikatakan cukup melempem. Hal tersebut disebabkan karena hasil pengujian Nokia C3 di Geekbench hanya mendapatkan skor yang cukup rendah.

hp android nokia c3 » Muncul di TENAA dan Juga Geekbench, Nokia C3 Bakalan Segera Rilis di Asia

Melempemnya performa Nokia C3 diprediksi disebabkan karena penggunaan chipset UNISOC sebagai dapur pacu utamanya. Meskipun belum resmi diinformasikan, banyak yang memprediksi bahwa chipset yang dibenamkan di dalam Nokia C3 ini adalah UNISOC S9C9863A.

Namun meskipun kurang bertenaga, chipset tersebut masih dilengkapi dengan CPU octa core dengan kecepatan maksimal 1.6 Ghz. Dan bukan hanya itu saja, Nokia C3 juga diketahui ditopang dengan RAM berkapasitas 2 GB.

Sedangkan untuk bagian penyimpanan datanya, Nokia C3 dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 32 GB. Sebagai tambahan, Nokia C3 juga masih bisa ditambahkan dengan microSD sebagai memori eksternal jika kapasitas penyimpanan memori internalnya dirasa kurang mencukupi.

Untuk sistem operasinya, Nokia C3 terlihat sudah menggunakan sistem operasi Android versi 10 baik di pengujian Geekbench maupun di TENAA.

Spesifikasi Kamera Sangat Biasa

Hadir sebagai smartphone entry level jelas tidak hanya membuat Nokia C3 harus rela memangkas bagian dapur pacunya saja. Selain bagian dapur pacu, Nokia C3 juga dipangkas pada bagian kameranya.

Menurut informasi yang tersebar di dunia maya, Nokia C3 tidak akan dibekali dengan sensor kamera ganda di bagian belakang. Baik di bagian depan maupun di bagian belakang Nokia C3 hanya akan mengusung sensor kamera tunggal saja.

Sensor kamera tunggalnya sendiri terdiri dari kamera 5 MP untuk bagian depan dan juga kamera 8 MP untuk bagian belakang.

Menggendong Baterai Dengan Kapasitas Cukup Minim

Terakhir, Nokia C3 juga terlihat harus memangkas bagian baterai. Selain karena alasan dimensinya yang cukup kecil, Nokia C3 juga masuk kategori entry level yang harus dijual dengan harga super murah.

Oleh sebab itu, Nokia C3 dikabarkan hanya akan meluncur di pasaran dengan menggendong baterai jenis Li-Po non removable dengan kapasitas 3.040 mAh. Selain itu, tampaknya Nokia C3 juga tidak akan dilengkapi dengan fitur pengisian daya baterai cepat.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada bocoran soal berapa kisaran harga jual Nokia C3. Namun yang pasti, banyak yang memprediksi bahwa Nokia C3 akan segera diluncurkan di Cina. Prediksinya, smartphone baru dari HMD Global ini akan diluncurkan pada tanggal 4 Agustus 2020.