Trik Jitu Menghemat Biaya Masuk Kuliah

Masih banyak yang berpikir kalau kuliah itu biaya mahal, padahal sekarang kuliah biayanya masih bisa dijangkau asalkan sudah tahu triknya. Untuk trik yang pertama adalah melakukan pendaftaran STIH IBLAM secara online saja, sebab kalau secara online tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya transportasi ke universitas.

Selain itu bisa juga mendaftarnya lewat jalur prestasi, jadi kalau memang punya prestasi harus dimanfaatkan. Sebab kalau memakai jalur ini biasanya mahasiswa akan mendapatkan keringanan biaya dan juga bisa dapat beasiswa juga. Jadi banyak cara yang digunakan agar biayanya tidak terlalu banyak dan jangan pernah menyerah kalau mau kuliah.

Cara Memilih Kampus Yang Benar

cara hemat biaya kuliah » Trik Jitu Menghemat Biaya Masuk Kuliah

Sekarang mau kuliah sudah sangat mudah sebab bukan saja ada kampus negeri saja tetapi sudah ada juga kampus swasta yang siap menerima mahasiswa baru. Sekarang tugas calon mahasiswa adalah memilih kampus, sebab tidak semua kampus itu akan cocok karena ada yang jelek dan yang  bagus. Kalau tidak hati-hati memilihnya pasti akan menyesal karena yang didapatkan adalah kampus yang tidak bisa disebut bagus. Agar pemilihannya bisa benar maka ikuti saja cara berikut ini.

  • Biaya Kuliah Harus Terjangkau

Pertama adalah carilah kampus yang biaya kuliahnya tidak mahal, kalau mau tidak terlalu mengeluarkan banyak uang untuk biaya kuliah maka carilah saja yang menyediakan beasiswa. Beasiswa ini akan bisa mengurangi biaya kuliah malah bisa juga tidak perlu membayar uang sepeserpun untuk kuliah. Cara termudah mendapatkan beasiswa adalah dengan melakukan pendaftaran beasiswa, beasiswa yang akan diberikan ini bisa karena prestasi atau karena mahasiswa memang tidak mampu.

  • Jurusan Harus Lengkap

Kedua adalah kampus harus punya jurusan yang lengkap, kalau mau kuliah pastinya harus memilih jurusan apa yang akan diambil. Kampus tujuan harus yang lengkap jurusannya karena sekarang pekerjaan itu bukan hanya satu bidang saja. Tetapi banyak bidang pekerjaan jadi kalau tidak lengkap bisa-bisa nanti lulus tidak bekerja karena jurusannya tidak cocok dengan pekerjaan yang ada. Jika sudah menemukan jurusan yang cocok tinggal lakukan saja pendaftaran kuliah agar cepat jadi mahasiswa.

  • Akreditasi Kampus Harus Bagus

Ketiga adalah kampus harus terakreditasi, ada beberapa kampus di Indonesia yang akreditasinya bagus dan kampus tersebutlah yang harus dipilih karena kalau bagus akreditasinya lulusannya langsung bekerja. Tetapi kalau sama sekali belum ada akreditasi meskipun IPK tinggi tetap akan dipandang sebelah mata karena kualitas kampusnya belum terbukti bagus. Kalau sudah seperti itu jelas uang yang sudah dikeluarkan selama kuliah akan terbuang percuma karena lulus malah tidak dapat apa pun.

  • Dosen Kompeten

Keempat adalah dosen kampus yang sudah terbukti kompeten, kalau kampusnya bagus. Tetapi dosen yang mengajar mata kuliah ilmu dan juga kemampuan mengajarnya tidak bagus tetap saja tidak ada ilmu yang akan didapatkan. Apalagi kalau yang menjadi dosen di kampus adalah sarjana muda pasti tidak bagusnya karena kalau baru lulus pasti pengalaman mengajarnya tidak bagus karena belum pernah mengajar kuliah secara langsung.

Cara Mudah Mendaftar Di Kampus Populer

Semua pelajar atau calon mahasiswa pasti ingin sekali bisa kuliah di kampus populer, sebab kalau sampai kuliahnya di kampus populer bisa mempermudah memperoleh pekerjaan. Kalau mau mendaftarnya di kampus populer maka cobalah pakai aplikasi goKampus, sebab aplikasi ini sudah bekerja sama dengan kampus-kampus populer di Indonesia. Untuk proses pendaftarannya juga terbilang mudah dan cepat karena ada arahan yang sangat membantu.