Bocor di Dunia Maya, Inilah Spesifikasi Nokia 3.4

Nokia yang sempat tenggelam di tengah gempuran beragam ponsel pintar kini mulai menggeliat kembali. Mengusung OS Android, salah satu model keluaran terbaru yang akan meluncur ke pasaran pada kuartal ketiga tahun ini ialah Nokia 3.4. Sekilas, tampilannya mirip seperti pendahulunya Nokia C5 Endi yang diluncurkan pada Mei lalu. Penasaran bagaimana smartphone teranyar dari brand legendaris ini? Berikut adalah spesifikasinya.

Spesifikasi Nokia 3.4

Smartphone besutan Nokia ini mulai tercium desas-desusnya beberapa waktu terakhir. Beredar bahwa kode nama yang dibawa handphone yang rencana akan diluncurkan pada 3 September nanti adalah Dr. Strange. Ini bukan kali pertama Nokia menggunakan kode super hero pada ponsel mereka. Pada keluaran teranyar ini, nokia mencoba memasuki pasar entry level.

Spesifikasi pertama yang digadang-gadang menyerupai pendahulunya adalah tata letak 3 kamera melingkar dengan tambahan flash, sehingga terlihat ada 4 titik melingkar di belakang handphone. Tampilan ini memang cukup ramai digunakan beberapa pesaing, selain kamera yang lurus memanjang.

hp android nokia 3 4 1028x663 » Bocor di Dunia Maya, Inilah Spesifikasi Nokia 3.4
#image source : gsmarena.com

Untuk kamera, model teranyar ini akan dibekali kamera belakang utama 13MP, ultrawide 5MP serta makro 2MP. Selain itu, pada bagian depan dipasang kamera beresolusi 8MP untuk kebutuhan selfie pengguna. Kamera ultrawide akan membantu pengambilan foto panorama dengan sudut yang lebih luas, sedang pada kamera makro, akan menghasilkan gambar bernuansa bokeh.

Ukuran layar Nokia 3.4 diperkirakan menggunakan rasio 19:9 dengan luas layar 6,5 inci. Kamera depan akan diletakkan pada pojok bagian kiri atau biasa dikenal dengan sebutan desain punch hole. Kualitas layar dari smartphone besutan Nokia ini adalah HD+, sehingga dapat menampilkan video dengan resolusi 1080p 30fps. Jadi, kamu akan semakin puas menonton drama kesukaan.

Salah satu fitur yang sekarang termasuk mulai jarang digunakan adalah penambahan jack audio 3,5 mm. Jadi, kamu tidak perlu menambahkan dongle ketika ingin menggunakan headset baik untuk mendengarkan musik atau sekedar menelpon. Tenang, jika ingin menggunakan TWS atau headset bluetooth, kamu juga dapat melakukannya karena terdapat fitur Bluetooth.

Nokia 3.4 akan dibekali RAM 3 Gb  serta internal 64 gb. Selain itu, Nokia juga akan memberikan varian RAM 4 gb untuk pengguna dengan kebutuhan yang lebih kompleks. Chipset yang digunakan adalah chipset Snapdragon 460 atau 662. Namun, dari kedua chipset tersebut tidak ada perbedaan yang cukup berarti. Untuk jaringan yang digunakan, nokia berusaha mengusung jaringan 5G di hp entry level mereka. Perlu menjadi catatan bahwa OS Android yang dibawa adalah android 10.

Untuk menopang kebutuhan pengguna, Nokia diperkirakan akan menambahkan baterai dengan daya 4000 mAH dengan pengisian fast charging 10 watt dengan menggunakan port micro USB. Fitur yang menjadi daya tarik utama dari Nokia 3.4 adalah dengan penambahan tombol yang ditujukan agar memudahkan pengguna dalam menggunakan google assistant mereka. Tombol ini memengaruhi letak tombol volume yang menjadi tidak sejajar.

Untuk body dari handphone kali ini diperkirakan akan dibuat menggunakan plastik pada bagian belakang serta frame. Kemudian gorilla glass akan ditambahkan pada layar. Selain itu, hp juga dilengkapi dengan triple slot (1 micro card dan 2 nano SIM). Sensor finger print juga akan disediakan dan diletakkan di bagian bawah kamera. Untuk pilihan warna, Nokia 3.4 akan memberi tiga pilihan, yaitu hitam, hijau, dan biru. Tertarik untuk memilikinya? Mari tunggu launching resmi dari Nokia!