Tips Agar Komputer Terbebas Dari Virus yang Merusak Sistem Operasi

Memiliki komputer yang sehat serta terbebas dari gangguan dari serangan virus merupakan keinginan semua pemilik perangkat komputer. Namun bak tamu yang tak diundang, keberadaan virus di komputer sering kali tidak disadari. Akibatnya sistem operasi pada komputer terinfeksi hingga menimbulkan kerusakan. Anda tentunya tak ingin mengalami hal tersebut kan? Agar terhindar dari gangguan virus simak tips agar komputer terbebas dari virus ala Rifqi Mulyawan berikut ini.

Tips Agar Komputer Tidak Mudah Terkena Virus

  1. Gunakan Antivirus

Mempunyai antivirus adalah hal wajib ketika memiliki computer ataupun laptop. Antivirus merupakan aplikasi atau bisa juga berupa program yang dapat mendeteksi keberadaan virus. Sebagai program penting, ia bertugas untuk menyeleksi serta mendeteksi file yang telah terserang virus lalu diberantas agar bahaya virus tidak menyebar ke program atau file yang lain.

tips komputer terbebas dari virus 1028x682 » Tips Agar Komputer Terbebas Dari Virus yang Merusak Sistem Operasi

Anda bisa memasangkan antivirus di komputer yang kini sudah banyak macamnya. Atau coba gunakan antivirus bawaan dari windows. Setelah memasangnya jangan lupa untuk selalu update versi terbarunya agar perlindungan yang diberikan lebih optimal.

  1. Pindai atau scan komputer secara rutin

Setelah memasang antivirus, selanjutnya jangan lupa untuk menjadwalkan scan file-file Anda. Hal tersebut sangatlah penting apalagi jika komputer sering digunakan untuk berselancar internet. Memindainya secara berkala akan membantu Anda untuk mendeteksi virus pada komputer. Jika memang terdeteksi keberadaannya maka virus akan dikarantina lalu dibinasakan.

  1. Perhatikan USB yang digunakan

Sebagai salah satu penyebab penyebaran virus terbanyak, bergonta-ganti USB dapat menularkan virus. Hal tersebut sangat mungkin terjadi sebab USB tersebut mampu membawa virus dari komputer sebelumnya yang mampu menyebarkan virus pada komputer Anda. Oleh karena itu, waspadalah ketika mencolok USB pada komputer pun laptop.

  1. Waspada jika menginstall aplikasi

Hal penting yang perlu Anda perhatikan dan waspadai yaitu terhadap aplikasi yang tidak diketahui sumbernya. Memasangnya secara asal bisa berakibat fatal terhadap komputer Anda, karena tak jarang aplikasi yang tak diketahui kejelasannya malah membawa segerombolan virus yang siap menyerang komputer Anda.

  1. Berhati-hatilah ketika browsing

Tips penting ala Rifqi Mulyawan berikutnya yakni hati-hatilah ketika menggunakan internet. Setiap komputer pastilah sering digunakan untuk berselancar ke internet. Namun tahukah Anda jika hal tersebut cukup berbahaya? Internet justru tempat paling banyak menyebarkan virus. Beberapa virus dapat berupa iklan-iklan, spam email dan lainya. Pastikan Anda tidak asal meng-klik hal yang mengganggu saat browsing internet karena tidak ada yang tahu jika itu adalah viirus. Maka hati-hatilah agar komputer tetap aman dari virus.

  1. Hati-hati dengan koneksi jaringan tanpa sandi

Jika Anda sering menemui koneksi jaringan internet tanpa sandi, maka itu perlu diwaspadai. Jaringan terbuka tanpa sandi memanglah sangat menggiurkan, namun siapa sangka hal tersebut justru membawa virus untuk komputer Anda yang memang sengaja dirancang oleh peretas. Oleh karena itu, pastikan jaringan Anda gunakan aman dan tak mengandung virus.

Penjelasan di atas merupakan tips agar komputer terbebas dari virus yang dapat Anda lakukan untuk melindungi komputer. Berdasarkan informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pemeliharaan dan kewaspadaan terhadap segala hal yang masuk pada komputer, karena penyebaran virus bisa dari berbagai sumber.

Di atas adalah beberapa informasi yang dapat kami bagi mengenai tips agar komputer terbebas dari virus ala Rifqi Mulyawan. Semoga ulasan singkat tersebut dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda.