Deteksi Gejala Memori Internal Smartphone Android Anda Rusak

Gejala Memori Internal Smartphone Android Rusak – Semakin tinggi teknologi smartphone juga berdampak pada semakin banyak komponen yang bisa mengalami kerusakan serius. Selama ini kebanyakan orang hanya mengira bahwa kerusakan smartphone berkutat pada bagian layar dan juga baterai saja.

Padahal, ada bagian lain yang juga berpotensi mengalami kerusakan. Salah satu komponen yang bisa mengalami kerusakan pada smartphone adalah komponen EMMC atau Embedded Multi Media Controller.

EMMC sendiri lebih dikenal dengan sebutan memori internal. Ya, memori internal android rusak jelas merupakan masalah serius karena smartphone anda jelas tidak akan bisa digunakan lagi.

Sampai saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui seperti apa gejala memori internal android rusak itu. Jika anda ingin mengetahui seperti apa saja gejala smartphone android yang mengalami kerusakan pada komponen EMMCnya, anda bisa pelajari hal tersebut di artikel ini.

Ciri Memori Internal Smartphone Android Rusak » Deteksi Gejala Memori Internal Smartphone Android Anda Rusak

Ini 5 Pertanda Bahwa Memori Internal Android Rusak

Ada banyak sekali tanda-tanda atau gejala yang bisa anda rasakan ketika memori internal android rusak. Berikut ini adalah contoh beberapa gejala smartphone android yang mulai mengalami kerusakan di komponen EMMCnya:

  1. Smartphone android menjadi semakin lambat

Smartphone android yang mulai lambat sebenarnya memang bisa disebabkan karena banyak hal. Salah satu penyebab lambatnya proses smartphone android dikarenakan komponen EMMC sudah kurang baik kondisinya.

Ketika komponen EMMC atau memori internal sebuah smartphone sudah tidak bisa bekerja secara optimal, secara otomatis sistem android yang ada di dalam smartphone juga tidak akan berjalan secara optimal.

Jadi jika anda merasa smartphone anda tidak terpasang terlalu banyak aplikasi dan kapasitas memori internal yang kosong masih cukup besar, sebaiknya anda patut curiga jika smartphone anda mulai semakin lambat.

  1. Gagal melakukan factory reset

Factor reset memang terkadang perlu dilakukan untuk memulihkan sistem operasi android yang mengalami kerusakan atau mengatasi masalah penurunan kinerja smartphone karena data yang terlalu penuh.

Namun terkadang memang factory reset bisa gagal dilakukan. Salah satu penyebab utama mengapa factory reset gagal dilakukan adalah karena EMMC smartphone mengalami kerusakan.

Data-data penting terutama data sistem operasi android yang ada di dalam EMMC yang rusak tidak bisa diakses. Oleh sebab itu, proses factory reset bisa gagal untuk dilakukan.

  1. Gagal memasang aplikasi di dalam smartphone

Gejala memori internal android rusak yang lain adalah selalu gagal memasang aplikasi baru di dalam smartphone anda.

Hal ini terjadi dikarenakan memori internal sudah tidak bekerja secara optimal. Oleh sebab itu, EMMC atau memori internal sudah tidak bisa menerima data-data baru.

Jika gejala ini sudah mulai anda rasakan, kemungkinan besar tidak lama lagi anda harus menganggarkan dana untuk mengganti EMMC smartphone anda.

  1. Smartphone sering hang

Gejala memori internal android rusak yang keempat adalah smartphone android menjadi sering mengalami hang ketika digunakan terutama untuk membuka aplikasi berat.

Sering munculnya masalah hang pada smartphone android memang bisa menjadi pertanda bahwa EMMC sudah mulai melemah. Karena EMMC lemah, secara otomatis proses membaca data di dalam smartphone terkadang tersendat-sendat.

Oleh sebab itu, tidak heran jika smartphone android mulai sering mengalami hang ketika komponen EMMC sudah tidak sehat lagi.

  1. Smartphone sering restart

Memori internal android rusak juga bisa ditunjukan dengan gejala smartphone sering restart ketika digunakan maupun ketika booting.

Hal ini biasa terjadi karena smartphone tidak bisa mengakses sistem operasi yang tersimpan di dalam komponen EMMC.

Bila anda sudah mulai sering mengalami salah satu atau beberapa gejala memori internal android rusak tersebut, ada baiknya jangan gunakan smartphone anda terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan untuk melakukan back up data penting dari smartphone anda sedini mungkin. Kenapa? Karena jika sudah menunjukkan gejala memori internal android rusak tersebut, kemungkinan besar umur smartphone android anda sudah tidak lama lagi.